Close

February 18, 2021

Maksimalkan Peluang Lolos SNMPTN dengan Fitur Rasionalisasi SNMPTN Pahamify

Pahamifren, adakah di antara kamu yang termasuk siswa eligible untuk mendaftar di SNMPTN? Selamat ya, berarti kamu berpeluang besar buat masuk PTN impianmu. Berhubung pendaftaran SNMPTN sudah dibuka, ada baiknya kamu memaksimalkan peluang lolos pada jurusan yang kamu pilih lewat rasionalisasi SNMPTN. 

Coba bayangkan deh, kamu udah capek-capek belajar untuk mendapatkan rata-rata nilai rapor yang bagus, masuk daftar siswa eligible pula, eh ternyata kamu tetap enggak lolos SNMPTN karena salah strategi. Sedih banget kan? Lewat rasionalisasi SNMPTN inilah kamu bisa memaksimalkan strategi lolos SNMPTN.

Daripada penasaran, yuk kita cari tahu lebih lanjut mengenai rasionalisasi SNMPTN ini. Simak pembahasannya di artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Rasionalisasi SNMPTN

Rasionalisasi pada dasarnya berasal dari kata “rasional”, yang menurut KBBI berarti “menurut pikiran dan pertimbangan logis; menurut pikiran sehat; cocok dengan akal” Sementara kata rasionalisasi sendiri berarti “proses, perbuatan menjadikan bersifat rasional, proses, perbuatan merasionalkan (sesuatu yang mungkin semula tidak rasional)”

Dari pengertian di atas, bisa diambil kesimpulan, rasionalisasi SNMPTN merupakan upaya atau proses merasionalkan apakah rata-rata nilai rapor SNMPTN yang kamu miliki cukup logis untuk masuk ke pilihan jurusan dan PTN impian.

Jadwal SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK untuk rasionalisasi SNMPTN

Sebagai tambahan informasi, SNMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru menggunakan seleksi nilai rapor. Itulah kenapa yang digunakan sebagai pertimbangan adalah nilai rapor ya, Pahamifren.

Rasionalisasi ini bersifat ilmiah. Persentase hasilnya dihitung dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti rata-rata nilai rapor SNMPTN, daya tampung, serta peminat di jurusan yang kamu pilih. Jadi, rasionalisasi ini tidak bisa dilakukan asal-asalan dan hasilnya pun tidak asal tebak.

Manfaat Rasionalisasi Nilai

Rasionalisasi nilai SNMPTN sepenting apa sih? Kalau kamu mau memaksimalkan peluang lolos SNMPTN, rasionalisasi nilai menjadi pertimbangan yang sangat penting, Pahamifren.

Hasil rasionalisasi memang hanya prediksi dan tidak menentukan hasil SNMPTN kamu sebenarnya. Namun, kamu bisa mendapatkan gambaran persaingan melalui proses rasionalisasi.

Selain itu, kamu juga dapat membuat strategi dalam memilih PTN dan jurusan pada pendaftaran SNMPTN. Misalnya, kamu melakukan rasionalisasi pada jurusan Kedokteran UGM, hasil persentase rasionalisasi menunjukkan 1% peluang diterima di jurusan tersebut. Kemudian, kamu melanjutkan rasionalisasi pada jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM, hasilnya 3% diterima.

Dari hasil tersebut, kamu jadi tahu harus membuat strategi seperti apa agar diterima di SNMPTN. Bisa dengan menempatkan Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM di pilihan kedua agar masih berkesempatan lolos SNMPTN karena peluang di jurusan tersebut lebih besar.

Atau, mengganti jurusan kuliah dan PTN yang memiliki peluang lebih besar di atas 3%. Rasionalisasi ini bermanfaat membuat strategi pendaftaran SNMPTN kamu jauh lebih terarah.

Cara Mudah Rasionalisasi Nilai dengan Fitur Simulasi Peluang SNMPTN Pahamify

Bingung cara rasionalisasi nilai SNMPTN? Tenang saja, aplikasi belajar online kesayanganmu, Pahamify telah meluncurkan fitur terbaru, yaitu Simulasi Peluang SNMPTN, yang dapat kamu pakai untuk rasionalisasi SNMPTN.

Lewat fitur ini, kamu akan mengetahui daya tampung, peminat, persentase peluang lolos, serta peringkat dari peserta lain dengan pilihan jurusan yang sama denganmu.

Lengkap banget deh! Kabar baiknya, fitur ini bisa kamu akses secara GRATIS pada aplikasi Pahamify, lho! Mau tahu cara menggunakannya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Install atau pastikan kamu sudah update aplikasi belajar online Pahamify versi terbaru.
  2. Buka aplikasi Pahamify, scroll ke bawah, dan klik “Rasionaliasi SNMPTN Mipi”.
  3. Di Halaman Persetujuan, centang pernyataan dan klik “Mulai Simulasi Peluang SNMPTN”.
  4. Masukkan data sekolahmu, lalu klik Lanjutkan.
  5. Masukkan nilai rapor kamu dari semester 1 sampai semester 5, lalu klik Lanjutkan.
  6. Masukkan daftar prestasi kamu bila ada, lalu klik Lanjutkan.
  7. Masukkan data jurusan dan kampus pilihan kamu, lalu klik Lanjutkan.
  8. Konfirmasi datamu dengan benar, lalu klik Simpan.
  9. Voila! Hasil rasionalisasi SNMPTN Mipi sudah bisa kamu lihat!

Selesai! Kamu dapat melihat persentase di jurusan dan PTN yang dipilih. Kamu pun bisa mengecek peringkat dan melihat posisi kamu di Leaderboard.

Rasionalisasi SNMPTN dapat mempermudah menemukan peluang lolos PTN impian.

Kalau mau lihat detail rata-rata nilai rapor yang sudah kamu isi, kamu bisa masuk di Leaderboard, lalu klik nama kamu di Leaderboard tersebut. Fitur Simulasi Peluang PTN dari Pahamify bisa untuk rasionalisasi SNMPTN pada banyak jurusan yang kamu incar. Menarik kan?

Itu dia cara mudah rasionalisasi SNMPTN lewat fitur Simulasi Peluang SNMPTN Pahamify. Cobain sekarang agar persiapan pendaftaran SNMPTN kamu semakin matang dan kamu bisa lolo ke kampus impian!

What’s next?!

Jika persiapan kamu sudah matang, tapi kamu belum berpeluang lolos jalur SNMPTN, jangan langsung berkecil hati, Pahamifren. Masih ada UTBK SBMPTN 2022.

Menurut jadwal yang dikeluarkan LTMPT, pengumuman hasil SNMPTN akan dilakukan tanggal 29 Maret 2022 nanti. Ini bertepatan dengan masa pendaftaran UTBK SBMPTN yang akan dilaksanakan di bulan April.

Mengingat dekatnya pengumuman SNMPTN dengan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022, kamu perlu mempersiapkan dirimu dari sekarang untuk #TaklukanUTBK. Tujuannya biar peluang lolos UTBK SBMPTN dan masuk PTN impian kamu semakin besar.

Nah, buat kamu yang berencana ikut UTBK SBMPTN 2022, kamu bisa mencoba download panduan lengkap UTBK SBMPTN dari Pahamify. Di panduan ini kamu akan dapat informasi paling lengkap tentang SBMPTN mulai dari jadwal, materi, sampai latihan soal.

Kalau kamu kesulitan belajar sendiri dan perlu bimbingan dari guru atau pengajar yang ahli dan berpengalaman, kamu bisa gabung ke Live Class Pahamify. Di sini kamu bisa belajar dan nanya materi apapun ke Rockstar Teacher Pahamify!

Kamu juga bakal dapat akses penuh ke semua fitur Pahamify lho kalau gabung Live Class Pahamify. Dijamin, kamu bakal makin cepat mengerti sama materi-materi UTBK SBMPTN dan proses belajar kamu menuju UTBK SBMPTN bakal menyenangkan!

Klik link download Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya buat #TaklukkanUTBK

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *