Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Mau masuk ITB? Maksimalkan peluang kamu diterima di ITB dengan mencoba semua jalur seleksinya. Jika tidak lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN, Seleksi Mandiri ITB masih bisa menjadi peluang besar untuk kamu. Pendaftaran peserta SM ITB 2021 dibuka pada 3 Mei 2021. Namun, ITB mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria penilaiannya. Jadi, kamu juga harus mendaftar UTBK 2021 ya, Pahamifren.

Biar kamu mempunyai bekal informasi yang cukup, Mipi mau membagikan panduan pendaftaran Seleksi Mandiri ITB, termasuk jadwal, syarat, dan biaya pendaftarannya. Langsung saja, baca pembahasannya berikut ini!

Informasi Umum Seleksi Mandiri ITB

Pada tahun 2021, kuota jalur Ujian Mandiri ITB sebesar 30% dari total keseluruhan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru. Dibandingkan dengan jalur lainnya, SM ITB memiliki daya tampung paling kecil. Peserta SM ITB nantinya dapat memilih paling banyak 2 program studi yang ditawarkan ITB. Supaya peluang lolos semakin besar, pastikan kamu cek daya tampung dan peminat di jurusan yang akan kamu pilih, ya. Kamu bisa cek rasio keketatan tiap jurusannya di link ini.

Seleksi Mandiri ITB ini lebih diprioritaskan bagi calon maba yang belum diterima jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, maupun program kelas ITB tahun 2021. Adapun pelaksanaannya akan dilakukan pada semua program studi yang ada di ITB. Program Ujian Mandiri ITB ini menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:

  1. Hasil skor UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD.
  2. Nilai UTBK, nilai Rapor, dan hasil Kemampuan Seni Rupa bagi pendaftar ke FSRD.

Jadwal Pendaftaran SM ITB

Pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB 2021 secara tentatif akan dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahap pendaftaran peserta, ujian keterampilan seni rupa secara daring, dan tahap pengumuman. Berikut rincian jadwal pelaksanaannya:

  • Pendaftaran Peserta Seleksi Mandiri ITB 2021: 3 Mei – 10 Juni 2021
  • Ujian Keterampilan Seni Rupa (daring): 14 Juni 2021
  • Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri: 22 Juni 2021

Sebagai tambahan informasi, pelaksanaan Ujian Keterampilan Seni Rupa hanya dikhususkan bagi peserta SM ITB yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Tes tersebut akan diselenggarakan secara online pada 14 Juni 2021. Pelaksanaan Ujian Keterampilan Seni Rupa akan dipantau menggunakan aplikasi Zoom.

Jadwal SM ITB di atas bersifat tentatif atau sementara, Pahamifren. Apabila ada perubahan maupun informasi lebih lanjut mengenai petunjuk pelaksanaan SM ITB akan disampaikan kemudian di website resmi ITB.

Ketahui syarat pendaftaran SNMPTN sebelum mendaftar.

Syarat SM ITB

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi siswa saat mendaftar SM ITB, di antaranya:

  • Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1 s.d. semester 6.
  • Menyertakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional);
  • Memiliki dan mengunggah nilai rapor semester 1 sampai semester 6 secara lengkap;
  • Mempunyai nilai UTBK SBMPTN 2021;
  • Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2021;
  • Khusus pendaftar ke FSRD, wajib mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa;
  • Lulusan tahun 2019 dan 2020 dapat mendaftar SM-ITB asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2021.

Selain syarat di atas, ITB juga memberi ketentuan tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial bagi peserta yang mengambil program studi tertentu. Di antaranya, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa), Program Studi Kimia (FMIPA), Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa), dan Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa).

Biaya Jalur Mandiri ITB

Biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB yaitu sebesar Rp200.000 per pendaftar. Khusus bagi pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain, biaya pendaftarannya sebesar Rp300.000, termasuk biaya pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa. Pembayaran biaya SM ITB tersebut dapat dilakukan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening Bank BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing peserta. Perlu diingat, biaya yang telah disetorkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun.

Khusus bagi peserta penerima KIP Kuliah atau memilih Surat Keterangan Tidak Mampu, akan dibebaskan dari biaya pelaksanaan SM ITB 2021. Dokumen KIP Kuliah atau Surat Keterangan Tidak Mampu tersebut harus diunggah peserta pada saat melakukan pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB. 

Terkait biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri, ITB telah menetapkan Uang Kuliah Tunggal/UKT per semester dan Iuran Pembangunan Institusi. Berikut rincian biayanya:

Sekolah Bisnis dan Manajemen

UKT per semester sebesar Rp25.000.000, Iuran Pengembangan Institusi minimal Rp40.000.000.

Fakultas/Sekolah selain Sekolah Bisnis dan Manajemen

UKT per semester sebesar Rp25.000.000, Iuran Pengembangan Institusi minimal Rp25.000.000.

Dalam pembayaran UKT jalur Seleksi Mandiri ini tidak berlaku kebijakan penundaan/penangguhan pelunasan. Akan tetapi, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran UKT secara cicilan, yaitu periode pencicilan 2 kali dalam 1 semester dan periode pencicilan 3 kali dalam 1 semester.

ITB sangat menyarankan kepada calon maba lulusan Seleksi Mandiri ITB untuk menunjukkan dokumen Jaminan Kemampuan Keuangan. Dokumen tersebut untuk membuktikan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan dapat memenuhi kewajiban membayar biaya pendidikannya secara penuh selama menempuh pendidikan di ITB.

Panduan Pendaftaran SM ITB

Calon peserta SM ITB 2021 harus melaksanakan pendaftaran secara online di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dan mengikuti panduan pendaftaran sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail aktif.
  2. Mengisikan data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  3. Memasukkan nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisasi) semester 1-6.
  4. Mengisikan nomor peserta UTBK SBMPTN 2021. ITB akan meminta nilai UTBK SBMPTN 2021 peserta yang bersangkutan secara langsung dari LTMPT. Pastikan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK SBMPTN 2021 yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB telah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.
  5. Mengunggah hasil scan Akta Kelahiran asli dalam format pdf.
  6. Menyertakan Pas Foto berwarna terbaru (bukan foto selfie/foto media sosial), dalam format jpg.
  7. Mengunggah hasil scan bukti kelulusan SMA. Bagi lulusan tahun 2019 dan 2020, mengunggah hasil scan Ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
    Bagi lulusan tahun 2021, mengunggah hasil scan Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan/atau tanda tangan kepala sekolah pada SKL harus mengenai foto calon peserta SM-ITB 2021) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
  8. Menyertakan Surat Keterangan Bebas Buta Warna (total maupun parsial) dari Dokter Spesialis Mata, khusus program studi yang mensyaratkan hal ini.
  9. Membayar secara lunas biaya seleksi ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta.
  10. Melakukan finalisasi pendaftaran dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB 2021. Pendaftaran SM ITB 2021 baru dinyatakan selesai setelah peserta mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB. Setelah finalisasi dilakukan, peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.
Tertarik buat masuk ITB? Cobain semua jalur seleksinya, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri ITB 2021

Catatan:

Perlu diingat, calon peserta SM ITB 2021 yang belum menyelesaikan pengisian data atau belum melakukan finalisasi pendaftaran/pencetakan Kartu Peserta SM ITB 2021, maka dianggap belum menyelesaikan pendaftaran dan tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi. Jadi, pastikan kamu mengikuti panduan pendaftarannya sampai tuntas, ya.

Nah, itu dia rangkuman informasi seputar Seleksi Mandiri ITB tahun 2021. Mudah-mudahan, bekal informasi yang cukup bisa membuatmu lancar selama mengikuti tahapan seleksinya.

Karena ITB termasuk PTN yang menggunakan nilai UTBK 2021 untuk jalur Mandiri, berarti kamu harus punya persiapan UTBK 2021 yang matang agar peluang lolos SM ITB semakin besar.

Kebut persiapan UTBK 2021 dengan mencoba latihan soal di fitur Try Out Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Nggak cuma itu, kejar ketertinggalan materi UTBK 2021 buat kamu yang mendapatkan jadwal UTBK 2021 gelombang 2 lewat Paket SKS Booster 2 Pahamify. Cek keuntungan berlangganan Paket SKS Pahamify di link ini.

Tunggu apalagi, yuk lebih siap #TaklukkanUTBK bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang dengan cara klik di sini dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll