Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, berapa banyak di antara kamu yang menunggu SPMB PKN STAN 2021? Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2021 sudah dibuka sejak 9 April hingga 4 Mei 2021 mendatang. Biar kamu punya bekal informasi yang cukup, Mipi akan menyajikan informasi pendaftaran PKN STAN 2021 secara lengkap. Mulai dari formasi program studi, kriteria peserta, syarat, tahap seleksi, biaya, hingga jadwal kegiatannya. Yuk, simak pembahasannya sampai selesai dan persiapkan dirimu dari sekarang!

SPMB PKN STAN 2021

PKN STAN merupakan perguruan tinggi di Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di Bidang Keuangan Negara. Karena termasuk perguruan tinggi vokasi, jenjang kuliah yang tersedia di PKN STAN hanya diploma, tidak ada program sarjana. PKN STAN ini termasuk dalam sekolah kedinasan favorit di Indonesia lho, Pahamifren.

Untuk mahasiswa yang masuk STAN lewat jalur reguler maupun afirmasi, seluruh biaya pendidikannya akan dibebankan dalam APBN. Jadi, kamu enggak perlu membayar biaya pendidikan secara mandiri lagi deh. Setelah lulus PKN STAN, kamu juga bisa berkesempatan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau lembaga lainnya. Enggak heran, sekolah kedinasan yang satu ini menjadi incaran banyak pelajar.

Setiap tahunnya, PKN STAN akan menyeleksi calon mahasiswa baru melalui SPMB PKN STAN dengan berbagai syarat dan ketentuan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021, PKN STAN telah bekerja sama dengan LTMPT terkait penggunaan nilai UTBK. Dalam SPMB PKN STAN 2021, sekolah kedinasan ini resmi menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu syarat administrasi peserta. Lalu, apa saja syarat dan kriteria lainnya? Mari kita bahas satu per satu.

Kriteria Peserta SPMB PKN STAN 2021

Kriteria peserta SPMB PKN STAN dikelompokkan menjadi dua jenis program, yaitu program reguler dan afirmasi. Program reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah.

Sementara program afirmasi dikhususkan untuk putra/putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan. Kriteria jalur afirmasi ini hanya untuk peserta yang lulus SD, SMP, dan SMA (sederajat) di daerah yang ditetapkan oleh PKN STAN. Kalau kamu memiliki garis keturunan dari provinsi yang disebutkan, namun bukan termasuk lulusan dari daerah tersebut, maka kamu tidak bisa mendaftar di jalur afirmasi dan disarankan mendaftar jalur reguler.

Alokasi Program Studi

Ada 3 (tiga) program studi Diploma IV yang bisa kamu pilih di SPMB PKN STAN 2021, yaitu program studi Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara, dan Manajemen Aset Publik. Berikut rincian alokasi atau jumlah formasi yang dibutuhkan masing-masing program studinya:

Diploma IV Akuntansi Sektor Publik

Reguler: 61

Afirmasi: 1 (Papua), 2 (Papua Barat)

Total: 64

Diploma IV Manajemen Keuangan Negara

Reguler: 151

Afirmasi: 2 (Papua), 2 (Papua Barat), 2 (Maluku), 1 (Maluku Utara), 1 (NTT)

Total: 159

Diploma IV Manajemen Aset Publik

Reguler: 50

Afirmasi: 2 (Papua)

Total: 52

Syarat Pendaftaran

Berikut beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi saat mendaftar SPMB PKN STAN 2021:

Persyaratan Lulusan

Program reguler: Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, atau calon lulusan tahun 2021 untuk SMA (sederajat).

Program afirmasi: Calon lulusan tahun 2021 untuk SMA (sederajat).

Persyaratan Nilai

Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. Calon lulusan tahun 2021 memiliki nilai rata-rata rapor selama 5 semester, tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. Pada saat pendaftaran ulang, calon lulusan tahun 2021 harus telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

Syarat Lainnya

  • Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun.
  • Telah terdaftar dan memiliki nilai UTBK 2021.
  • Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk program reguler dan 400 untuk program afirmasi.
  • Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  • Tidak bertato dan bertindik, kecuali bagi wanita minimal 1 pasang di telinga.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menempuh pendidikan.
  • Tidak pernah dinyatakan lulus SPMB PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Syarat Khusus Program Afirmasi

  • Telah menyelesaikan pendidikan SD, SMP, SMA (sederajat) di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
  • Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli daerah yang ditetapkan.
  • Mendapat rekomendasi dari SMA (sederajat) yang menyatakan bahwa peserta merupakan dua usulan terbaik.

Nilai UTBK untuk Masuk STAN 2021

Sesuai dengan persyaratan di atas, nilai UTBK wajib disertakan sebagai syarat administrasi SPMB PKN STAN 2021. Adapun nilai UTBK yang akan digunakan yaitu nilai UTBK 2021 dari materi soal TPS UTBK untuk semua kelompok ujian, baik Soshum, Saintek, maupun Campuran. Saat proses pendaftaran, peserta tidak perlu memasukkan nilai TPS di portal pendaftaran. Panitia PKN STAN akan menarik data secara langsung dari LTMPT. Maka dari itu, pastikan mengisi nomor UTBK secara benar saat mendaftar, ya.

Tahapan Pelaksanaan Seleksi

Terdapat tiga tahapan dalam proses seleksi SPMB STAN 2021, yaitu:

Seleksi Administrasi

Seleksi ini dilakukan berdasarkan syarat administrasi yang dikumpulkan saat pendaftaran. Nilai UTBK, rata-rata rapor, atau nilai ijazah akan diseleksi di tahap ini. Apabila memenuhi kriteria, peserta akan lolos ke tahap selanjutnya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes PKN STAN tahap ini meliputi tes karakter pribadi, tes intelegensi umum, serta tes wawasan kebangsaan. Peserta dinyatakan lulus tes apabila memenuhi nilai ambang batas yang berlaku, serta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I. Jumlah kebutuhan peserta Seleksi Lanjutan I ditentukan oleh Panitia Pusat.

Seleksi Lanjutan I

Tahapan Seleksi Lanjutan I terdiri dari tes kesehatan, tes kebugaran, dan tes psikologi. Tes kesehatan mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, virus mata, dan pemeriksaan lainnya. Untuk tes kebugaran yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up, push up, sit up, dan tes kebugaran lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.

Sementara tes psikologi dilakukan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Peserta dinyatakan lulus apabila memenuhi kriteria yang ditetapkan dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan Seleksi Lanjutan II.

Seleksi Lanjutan II

Tahapan ini merupakan tes wawancara diikuti oleh peserta yang lulus Seleksi Lanjutan I. Seleksi Lanjutan II dilaksanakan semi daring. Dalam artian, peserta mendatangi tempat wawancara yang ditentukan dan pewawancara akan melakukan wawancara secara daring dengan media video conference.

Alur Pendaftaran

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan pendaftaran SPMB PKN STAN 2021:

  1. Registrasi melalui portal https://sscasn.bkn.go.id. Pilih menu DIKDIN, lalu daftar menggunakan NIK dan Nomor KK untuk mendapatkan akun dan password.
  2. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Memilih sekolah kedinasan PKN STAN.
  4. Melengkapi biodata, nomor UTBK, NISN, NPSPN, dan isian data lainnya, serta mengunggah dokumen yang diperlukan.
  5. Khusus calon peserta program afirmasi wajib mengunggah dokumen tambahan seperti Ijazah SD dan SMP, Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, Kartu Keluarga, dan Surat Rekomendasi dari SMA (sederajat). Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormRekomendasiSekolahSPMBPKNSTAN.
  6. Lakukan pengecekan data. Lalu, cetak Kartu Pendaftaran apabila data sudah lengkap dan benar.
  7. Logout dari portal https://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya.
  8. Proses berikutnya yaitu mengisi formulir pendaftaran online melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id.
  9. Login menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal https://sscasn.bkn.go.id.
  10. Isi data pilihan program studi.
  11. Lengkapi data tambahan pada formulir pendaftaran online.
  12. Kunci data yang telah diisi.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SPMB tahun 2021 sebesar Rp350.000,00 per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000,00. Tata cara pembayaran biaya di atas dilakukan sesuai ketentuan berikut:

  • Peserta yang lulus Seleksi Administrasi akan mendapatkan kode pembayaran berupa Mandiri Virtual Account. Agar dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya, peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran yang ditetapkan.
  • Kode pembayaran didapatkan melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id dengan login menggunakan username dan password masing-masing peserta.
  • Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, bisa dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking. Tata pembayaran masing-masing metode secara lengkap dapat dilihat di portal https://spmb.pknstan.ac.id.

Jadwal Kegiatan SPMB PKN STAN 2021

Jadwal kegiatan SPMB PKN STAN yang dipublikasikan secara resmi masih bersifat tentatif dan masih bisa berubah sewaktu-waktu. Adapun jadwal kegiatan SPMB PKN STAN 2021 yang masih berlaku hingga saat ini adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran online di portal https://sscasn.bkn.go.id: 9 – 20 April 2021
  • Pendaftaran online di portal https://sscasn.bkn.go.id: 12 April – 4 Mei 2021
  • Pengumuman hasil Seleksi Administrasi: 16 Juni 2021
  • Pembayaran biaya SPMB: 16 – 17 Juni 2021
  • Pengumuman jadwal dan lokasi SKD: 21 Juni 2021
  • Pelaksanaan SKD: 25 – 30 Juni 2021
  • Pengumuman hasil SKD, serta pengumuman jadwal dan lokasi Seleksi Lanjutan I: 8 Juli 2021
  • Tes Seleksi Lanjutan I: 19 – 26 Juli 2021
  • Pengumuman hasil Seleksi Lanjutan I, serta pengumuman jadwal dan lokasi Seleksi Lanjutan II: 5 Agustus 2021
  • Tes wawancara: 16 – 23 Agustus 2021
  • Pengumuman kelulusan SPMB: 30 Agustus 2021
  • Pendaftaran ulang: 6 – 10 September 2021

Bagaimana, Pahamifren? Sudah siap mendaftar SPMB PKN STAN 2021? Pastikan kamu mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2021 secara maksimal agar bisa memenuhi syarat untuk mendaftar sekolah kedinasan STAN.

Kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify di sini dan manfaatkan fitur TryOut sebagai persiapan UTBK. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Buat kamu yang mendapatkan jadwal UTBK gelombang 2, kebut ketertinggalan materi dengan Paket UTBK Express dari Pahamify.

Ayo, jadi lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih kampus impianmu bersama Pahamify! Ikuti TryOut Pahamify Premium dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Buat Pahamifren yang lagi ngambis masuk PTN impian, Mipi punya paket persiapan UTBK SBMPTN yang bisa kamu manfaatin. Yuk, klik banner di bawah ini buat dapetin promo spesial dari Pahamify, sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll