Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

SNMPTN menjadi satu di antara jalur masuk PTN yang banyak diandalkan oleh anak SMA kelas 12. Hal ini dikarenakan jalur SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai kriteria penilaian utama. Itu berarti peserta SNMPTN tidak perlu mengikuti tes tertulis apa pun. Berhasil lolos SNMPTN tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak. Mengingat, seleksi jalur ini tidaklah mudah.

Namun, yang namanya seleksi pasti ada lolos dan tidak lolos. Sangat wajar jika anak merasa galau dan kecewa ketika mereka tidak lolos SNMPTN. Apalagi, buat anak SMA yang sangat ambisius masuk PTN impian lewat jalur SNMPTN. Mereka pasti sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan nilai rapor dan prestasinya di sekolah.

Peran Orang Tua terhadap Anak yang Tidak Lolos SNMPTN

Melihat anak bersedih karena tidak lolos SNMPTN, Bapak dan Ibu tentu ikut merasakan hal yang sama. Di sinilah peran orang tua terhadap anak sangat dibutuhkan. Ada banyak hal yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk menghibur mereka. Berikut ini telah Mipi rangkum beberapa cara menghibur anak yang tidak lolos SNMPTN secara tepat, di antaranya:

Memberikan Anak Waktu untuk Sendiri

Setiap anak mempunyai cara tersendiri dalam mengatasi kegagalan yang dialami. Ada yang suka dihibur dan ditemani oleh orang tua. Namun, ada juga beberapa tipe anak yang tidak suka dihibur saat mengalami sebuah kegagalan.

Kalau anak Bapak dan Ibu termasuk tipe yang kedua, enggak ada salahnya membiarkan mereka menyendiri dan merefleksikan diri terlebih dahulu hingga merasa lebih baik.

Biasanya, tipe anak yang tidak suka dihibur akan merasa rendah diri saat mengetahui dirinya tidak lolos SNMPTN. Dalam situasi seperti ini, mereka cenderung menyendiri dan tidak menyukai dukungan yang Bapak dan Ibu berikan.

Maka dari itu, jangan paksa mereka curhat, terutama saat anak belum merasa tenang. Hindari terlalu banyak memberikan semangat atau penghiburan, Bapak dan Ibu cukup mengamatinya dari jauh dan menolongnya jika anak meminta bantuan.

Hindari Membandingkan Anak

“Kakak kamu dulu bisa lolos SNMPTN, kok kamu enggak sih?” Pertanyaan seperti ini secara tidak sadar masih kerap diucapkan beberapa orang tua. Padahal, ucapan seperti itu justru berdampak terhadap jatuhnya harga diri seorang anak.

Apalagi, kalau ucapan yang dikatakan hanya membandingkan anak dengan saudara atau teman sebayanya. Akibat tindakan membandingkan yang dilakukan orang tua, anak bisa merasa tidak percaya diri dan tidak yakin dengan kemampuan yang mereka miliki.

Jika maksud Bapak dan Ibu sebenarnya ingin meningkatkan motivasi belajar anak, ada baiknya Bapak dan Ibu mengutarakan ucapan yang memotivasi, seperti “SNMPTN bukan akhir segalanya kok, kamu masih mencoba jalur SBMPTN.” Daripada membandingkan, lebih baik Bapak dan Ibu meyakinkan pada anak bahwa kegagalan merupakan kunci sebuah keberhasilan di masa mendatang.

Anak tidak lolos SNMPTN? Jangan bandingkan mereka dengan orang lain.

Selalu Siap Menjadi Tempat Curhat

Ketika anak sudah menata hatinya kembali setelah tahu dirinya tidak lolos SNMPTN, biasanya mereka butuh orang untuk mendengarkan keluh kesahnya. Pada saat inilah Bapak dan Ibu harus siap sedia mendengarkan curhatan mereka. Anak mungkin akan menangis kepada Bapak dan Ibu, namun hal itu wajar. Biarkan anak mengeluarkan semua keresahan di hatinya agar mereka merasa lega.

Namun, sebagai orang tua, Bapak dan Ibu harus bisa bersikap bijak. Saat mereka berkeluh kesah, jangan pernah menyalahkan mereka atas kegagalannya. Bapak dan Ibu sebaiknya menghibur dan memberikan semangat untuk mencari langkah berikutnya. Dalam beberapa waktu, alangkah baiknya menghindari topik mengenai SNMPTN agar mereka tidak sedih lagi.

Anak tidak lolos SNMPTN? Dengarkan keluh-kesah mereka dengan sabar. Sesekali ajukan pertanyaan tentang kesiapananya seputar UTBK SBMPTN atau seleksi lain.

Mengajak Anak Refreshing

Galau karena tidak lolos SNMPTN enggak boleh dibiarkan berlama-lama. Hal itu bisa berdampak buruk pada psikologis anak. Maka dari itu, cobalah mengajak mereka melepaskan stres sejenak lewat hal-hal seru. Bisa dengan mengajaknya makan makanan favorit, menonton film, bermain game, dan sebagainya.

Jika perlu, buatlah peraturan untuk tidak membicarakan hal-hal terkait SNMPTN selama kegiatan refreshing berlangsung. Tujuannya, biar anak bisa semangat dan menata suasana hatinya kembali.

Peran orang tua dalam pendidikan sangatlah penting. Lakukan hal-hal yang memotivasi belajar anak saat ia tidak lolos SNMPTN

Membantu Anak Memikirkan Langkah Berikutnya

Seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju roma. Tidak lolos SNMPTN bukan berarti memberhentikan langkah anak dalam melanjutkan pendidikan. Bapak dan Ibu masih bisa membantu mereka untuk mencari jalan baru menuju kampus maupun jurusan impian.

Masih ada jalur UTBK SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN. Bapak dan Ibu juga bisa mencari alternatif universitas swasta terbaik yang memiliki jurusan sesuai dengan incaran anak. Kuncinya, peran orang tua dalam pendidikan yang dibutuhkan anak dalam situasi ini satu di antaranya yaitu menunjukkan bahwa mereka masih memiliki banyak harapan dalam menggapai impian dan cita-citanya.

Itulah beberapa tips parenting yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk menghibur anak yang tidak lolos SNMPTN. Hal terpenting yang bisa Bapak dan Ibu lakukan saat menghibur mereka yaitu membantunya melewati masa transisi dengan baik. Jangan lupa, selalu beri mereka dukungan untuk mewujudkan impiannya.

Dukung masa depan pendidikan anak dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan sarana belajar yang memadai

Bagi orang tua yang ingin membangun masa depan pendidikan cerah bagi anaknya bersama Pahamify, Bapak dan Ibu bisa bergabung di PahamiParent Community. Di komunitas edukasi ini, Bapak dan Ibu dapat bertukar informasi seputar perkembangan pendidikan anak. Gabung sekarang dengan mengisi link berikut bit.ly/GabungPahamiParent.

Nah, buat anak SMA kelas 12 yang impiannya masuk PTN lewat jalur SBMPTN, Bapak dan Ibu dapat memberi dukungan berupa aplikasi belajar online Pahamify. Dilengkapi dengan video belajar berkonsep gamifikasi, aplikasi Pahamify menjadi strategi belajar efektif untuk anak dengan cara yang lebih seru dan enggak membosankan.

Pahamify juga menyediakan latihan soal UTBk di fitur TryOut Pahamify, yang bisa anak Bapak dan Ibu gunakan untuk persiapan UTBK 2021. Ada ratusan soal-soal SBMPTN ter-update yang bisa dikerjakan, lengkap dengan video pembahasan yang menarik.

Yuk, bantu anak lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN  impian bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang di sini dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Untuk Orang Tua: Lakukan 5 Hal Ini saat Menghibur Anak yang Tidak Lolos SNMPTN

Zidane
March 27, 2021 at 8:07 pm

Sangat bermanfaat terimakasih

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll