Close

May 28, 2020

Fitur Belajar: Fitur Andalan di Aplikasi Pahamify

Kenali Fitur Pahamify: Fitur Belajar

Seperti kebanyakan aplikasi belajar, Pahamify punya fitur yang isinya berbagai materi pembelajaran. Tapi aplikasi Pahamify ada di genggaman kamu untuk kasih yang lebih spesial dari aplikasi yang lain dan tentunya bikin kamu makin betah belajar. Semua materi pembelajaran di Pahamify itu adanya di fitur “Belajar”.

Cara akses ke fitur ini gampang banget. Kamu tinggal buka aplikasi Pahamify, trus klik logo pertama yang ada di tampilan home Pahamify. Letak logonya ada di pojok kiri atas, di sebelah logo materi UTBK. Kalau udah masuk fitur ini, kamu udah bisa pilih pelajaran apa yang pengen kamu pelajari hari ini. Pastinya bisa disesuaikan dengan kelas kamu.

Materi-materi belajar yang ada di Pahamify itu terdiri dari IPA dan IPS untuk jenjang SMA (semoga secepatnya ada buat SMP dan SD juga ya!). Materi IPA terdiri dari mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Matematika IPA dan Sejarah Wajib. Untuk materi IPS terdiri dari mata pelajaran Matematika, Sejarah Wajib, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Tiap mata pelajaran di aplikasi Pahamify berisikan fitur-fitur yang siap ngebantu kamu untuk bisa dengan mudah ngerti sama materi. Fitur-fitur itu diantaranya adalah video pembelajaran, quiz, rangkuman, dan flash card. Kita bahas satu satu aja yuk!

1. Video Pembelajaran

Di Pahamify, kamu bisa belajar materi atau konsep dari pelajaran-pelajaran yang ada di IPA dan IPS. 

Bayangin Pahamify ini adalah restoran. Kamu sebagai pelanggan datang ke restoran ini, duduk manis dan menyantap hidangan yang disajikan oleh Pahamify. Video pembelajaran adalah menu andalan dari restoran ini karena diracik dan dihidangkan oleh koki berkelas yang biasa kita sebut dengan “Rockstar Teacher”.

Video pembelajaran di Pahamify itu ada dua jenis, hosted dan blackboard.

Video berjenis hosted adalah video pembelajaran yang dipandu oleh seorang host. Host ini adalah Rockstar Teacher yang tampil di dalam video buat ngejelasin materi yang sedang kamu pelajari.

Tapi isi dari videonya gak cuma ada orang lagi nerangin materi terus direkam. Video hosted juga dibumbui dengan animasi, drama singkat yang menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, serta eksperimen supaya menambah cita rasa dari video yang sedang kamu nikmati. Hasil dari bumbu-bumbu tersebut adalah meningkatkan kualitas materi pelajaran sehingga mudah dimengerti bagi yang menikmati video ini dan tentunya ga bikin bosen! Kalau kamu penasaran kaya gimana, cek aja video di bawah ini.

Jenis video yang kedua adalah blackboard. Ini adalah video pembelajaran yang lebih simpel tidak ada host yang tampil di depan kamera untuk memandu video. Video blackboard hanyalah tampilan berupa gambar dan suara dari Rockstar Teacher.

Kebanyakan dari video blackboard adalah video yang menayangkan latar berwarna hitam seperti papan tulis yang digunakan oleh Rockstar Teacher untuk ngejelasin sebuah materi. Di video blackboard, Rockstar Teacher dengan bebasnya menerangkan dengan gayanya masing-masing. Pembawaan khas dari tiap Rockstar Teacher jadi bumbu utama dari video blackboard.

Latar hitam digunakan untuk menampilkan teks dan gambar serta corat-coret jika dibutuhkan oleh sang Rockstar Teacher. Tapi, selain video dengan latar hitam, ada juga video blackboard yang menggunakan desain ilustrasi yang membuat kamu bisa menikmati video blackboard lebih manis lagi.

Kalau kamu lagi belajar dan pengen ngulang materi yang sekiranya belum kamu terlalu paham, ada fitur timestamp di setiap halaman video pembelajaran. Letaknya di bawah deskripsi video. Kamu akan lihat tulisan menit berapa untuk materi apa. Kalau kamu klik, video akan otomatis ngebawa kamu ke pembahasan yang kamu pengen pelajari ulang.

Masih belum ngerti? Kamu bisa ngajuin pertanyaan di kolom diskusi yang ada di halaman video pembelajaran. Tanya aja yang kamu gak ngerti, Rockstar Teacher siap melayani kamu sampai paham maksimal. Ga cuma rockstar teacher, teman-teman pengguna pahamify yang lain juga bisa bantu jawab pertanyaan kamu. Atau kamu sendiri juga bisa lho bantu jawab pertanyaan di kolom diskusi.

Oh iya, kamu bisa menghemat paket data loh dengan mendownload video di Pahamify. Jadi kamu bisa nonton dalam kondisi apapun! Bisa pergi ke tempat yang ada Wifinya atau download pake kuota malam, nonton videonya pagi-pagi aja~

2. Quiz

Ini adalah fitur yang bisa bantu kamu untuk menguji diri sendiri dalam pemahaman yang udah dipelajari sebelumnya. Lewat Quiz, kamu akan bertemu dengan contoh soal-soal sederhana. Setiap kamu mempelajari sebuah sub bab dalam setiap bab, kamu akan bertemu fitur ini yang siap menantang pemahaman kamu!

Selain itu, di setiap bab akan ada tes akhir materi untuk menguji pemahaman kamu sama materi-materi yg ada di bab ini. Semangat belajarnya ya! 

3. Rangkuman

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk memahami kembali materi yang telah kamu pelajari. Rangkuman adalah tulisan yang merekap sub bab yang telah kamu pelajari. Jadi kalau kamu masih lupa nyatet, tinggal buka fitur ini buat ngulang materi yang telah kamu pelajari.

4. Flash Card

Flash card ini bisa kamu anggap sebagai game. Di tiap bab yang kamu pelajari, flash card ini bisa kamu mainin buat ningkatin pemahaman terhadap materi yang udah kamu pelajari. Fitur ini berisikan kartu yang berisikan tulisan/gambar yang terkait dengan materi pelajaran. Kalau kamu klik kartunya, si kartu bakal berbalik dan menampilkan konten yang berhubungan dengan tulisan/gambar yang ada di sisi sebaliknya. Yaa biasanya flashcard ini bantu banget buat menghafal sesuatu, kaya rumus, istilah, definisi.

Kalau kamu udah paham dengan hubungannya, nanti akan ada sesi dimana kamu akan memilih jawaban berhubungan dengan kartu yang sudah kamu lihat di sesi sebelumnya. Memahami sambil bermain, kurang seru apa coba?

Gimana? Keren banget gak nih fitur Belajar yang ada di Pahamify? Daripada baca doang, mending kamu cobain langsung gimana rasanya belajar menggunakan fitur ini di aplikasi Pahamify. Download sekarang juga dan rasakan pengalaman belajar seru yang belum kamu rasakan sebelumnya!

Penulis: Afif Rizki


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *