Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, selain SNMPTN dan SBMPTN, masih ada jalur Mandiri yang bisa kamu coba untuk meraih kampus impian. Sesuai namanya, Seleksi Mandiri PTN biasanya dilaksanakan secara mandiri oleh PTN masing-masing. Menariknya, ada jalur Mandiri yang dilakukan secara serentak khusus PTN wilayah Barat Indonesia, lho. Program tersebut bernama SMMPTN Barat.

Pendaftaran SMMPTN Barat 2021 dibuka pada tanggal 17 Mei – 21 Juni 2021. Ada sekitar 17 PTN yang tergabung dalam program ini. Yuk, ketahui PTN mana saja yang bergabung, sekaligus cara daftarnya di artikel ini.

Program SMMPTN Barat

Program SMMPTN Barat adalah jalur Mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi di wilayah Barat Indonesia yang teknis pelaksanaan seleksinya dilakukan secara bersama-sama. Proses seleksi menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan serentak di bawah koordinasi panitia SMMPTN Barat.

Hasil UTBK yang dimaksud dalam program ini bukan UTBK SBMPTN, melainkan UTBK khusus SMMPTN Barat. Hanya nama ujiannya saja yang sama, Pahamifren. Pembiayaan pelaksanaannya program Mandiri ini sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Bisa dibilang, mekanisme pelaksanaan program Seleksi Mandiri PTN wilayah Barat mirip dengan SBMPTN yang diselenggarakan LTMPT.

Daftar PTN di SMMPTN Barat 2021

Berikut adalah daftar PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMMPTN Barat 2021:

  • Universitas Syiah Kuala (USK)
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
  • Universitas Bengkulu (Unib)
  • Universitas Jambi (UNJA)
  • Universitas Lampung (Unila)
  • Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
  • Universitas Palangkaraya (UPR)
  • Universitas Malikussaleh (Unimal)
  • Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  • Universitas Bangka Belitung (UBB)
  • Universitas Teuku Umar (UTU)
  • Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  • Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
  • Universitas Samudra (Unsam)
  • Universitas Riau (UNRI)
  • Universitas Siliwangi (Unsil)
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta)

Jadwal SMMPTN Barat 2021

Apakah kampus impianmu ada dalam daftar di atas, Pahamifren? Jika ada, maka program jalur Mandiri ini wajib kamu coba. Sebelum mendaftarkan diri, ada baiknya kamu mencatat beberapa tanggal penting berikut ini:

  • Pendaftaran peserta: 17 Mei – 21 Juni 2021 Pukul 16.00 WIB
  • Jadwal pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat 2021: 28 Juni – 7 Juli 2021
  • Pengumuman hasil kelulusan: 14 Juli 2021 Pukul 16.00 WIB
Info lengkap pendaftaran SMMPTN Barat 2021, jadwal, biaya, dan cara pendaftarannya

Persyaratan Pendaftaran

Apabila kamu tertarik mendaftar SMMPTN Barat, kamu harus paham beberapa persyaratan resmi mengikuti program ini, di antaranya:

Pendaftaran

1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan Paket C harus memiliki ijazah 3 tahun terakhir (2019, 2020, atau 2021), kecuali beberapa universitas:

  • UMRAH, UNJA, UTU, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, 2021);
  • ISBI Aceh menerima ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai tahun 2012 sampai tahun 2021. Peserta Paket C maksimal berusia 25 tahun;
  • UPR menerima ijazah 3 tahun terakhir (2019, 2020, 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, 2021) untuk fakultas lainnya.

2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan Paket C tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pasfoto, serta dibubuhi cap yang sah.

3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studi yang dipilih.

Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMMPTN 2021, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima. Termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat kamu lihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Ketentuan Pilihan Program Studi

Kamu hanya bisa memilih maksimal 2 pilihan jurusan pada satu PTN atau lebih. Urutan dalam pemilihan jurusan menyatakan prioritas. Perlu kamu tahu, PTN pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi UTBK. Pada masa pandemi COVID-19, lokasi ujian dipilih berdasarkan lokasi terdekat dari domisili peserta. Jadi, tentukan lokasi ujian paling dekat dengan tempat tinggalmu, ya.

Bentuk Ujian SMMPTN Barat 2021

Seperti yang dibahas sebelumnya, ujian SMMPTN Barat 2021 dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jenis UTBK nantinya dibagi menjadi 2, antara lain:

  • Kelompok ujian Saintek, dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi).
  • Kelompok ujian Soshum, dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi).

Cara Daftar SMMPTN Barat 2021

Supaya proses pendaftaran berjalan lancar, kamu perlu memahami prosedur pendaftaran SMMPTN Barat 2021 berikut ini:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dapat dilihat dan diunduh di sini.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukkan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Bagi para peserta ujian SMMPTN Barat 2021 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 21 Juni 2021, namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB.
  4. Batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 22 Juni 2021, pukul 14.00 WIB.
  5. Pada saat pendaftaran online, khusus peserta yang pernah mengikuti SBMPTN 2021, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2021 pada kolom yang disediakan.
Cara pendaftaran Seleksi Mandiri PTN wilayah Barat Indonesia (SMMPTN Barat 2021)

Biaya Seleksi Mandiri PTN Wilayah Barat

Biaya seleksi ini merupakan biaya registrasi mengikuti UTBK SMMPTN Barat 2021. Adapun biaya pendaftarannya sebesar Rp350.000. Pembayaran dapat dilakukan melalui bank mitra yang telah ditetapkan. Cara pembayaran pada setiap bank bisa kamu lihat di laman tata cara pembayaran. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Nah, itu dia informasi seputar pendaftaran SMMPTN Barat 2021. Semoga artikel ini membantumu memahami lebih jauh alternatif masuk kampus impian. Bagi kamu yang ingin belajar materi Ujian Mandiri, yuk belajar bersama Pahamify!

Selain video materi belajar berkonsep gamifikasi, Pahamify juga dilengkapi fitur Try Out Online yang bisa kamu coba untuk latihan soal UTBK, sekaligus mengukur kesiapan menghadapi SMMPTN Barat 2021.

Download aplikasinya sekarang dan gunakan semua fiturnya untuk taklukkan Ujian Mandiri PTN. Cek promo menarik dari Pahamify di laman https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll