Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Halo, Pahamifren! Gimana kabar kamu? Semoga kita sehat selalu, ya. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan terdekatmu. Jangan lupa berbagi kebaikan untuk selalu saling mengingatkan di lingkungan yang ada di sekitarmu dalam menjaga kebersihan. Karena kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kalau dari lingkungan sekitarmu sudah bersih, kamu gak akan punya alasan.

Nah, kamu yang sekarang udah kelas 12 harus manfaatin waktu luang untuk belajar lebih giat. Berkaitan dengan kondisi pandemi covid yang masih ada, semoga kamu tetap semangat di tengah walaupun belajarnya masih harus di rumah aja. Belajar di rumah ga boleh jadi alesan kamu untuk gak semangat belajar. Justru kamu harus bisa bangkitkan “Rasa ingin tahumu” kepada salah satu bidang mata pelajaran yang kamu cintai, dan berikutnya satu demi satu mata pelajaran yang lain maka semua bidang pelajaran akan kalian cintai dan tentunya jawaban rasa ingin tahu kamu terhadap masing-masing pelajaran itu secara “step by step”  atau “sedikit demi sedikit” lama lama akan menjadi bukit bukan? Itulah ilmu pengetahuan yang akan kalian dapatkan dan tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Lalu, gimana sih belajar yang baik itu? Belajar yang baik itu adalah “Belajar yang dimulai.” Yuk, kita mulai aja langkah-langkah belajarnya supaya rencana belajar kamu menjadi lebih tertib dan disiplin. Setelah itu belajar kalian akan menjadi mudah dan menyenangkan.

1. Membuat Agenda Belajar

Kamu harus manfaatin waktu tujuh hari dalam seminggu yang ada untuk belajar mendapatkan ilmu pengetahuan. Dimulai dengan membuat agenda belajarmu sendiri. Buatlah agenda yang berisi jadwal belajar dan target yang harus dipelajari di dalamnya. Kamu bisa buat jadwal belajar kamu lebih menarik dengan jadwal yang full colour atau menggunakan ilustrasi gambar. Intinya, jadwal inilah yang akan kamu jadikan pegangan awal saat kamu akan memulai aktivitas belajar

2. Menentukan Gaya Belajar

Metode pembelajaran jarak jauh seperti yang sekarang sering kita dengar dan praktekkan memerlukan fokus dan konsentrasi serta kondisi badan yang rileks. Dengan begitu, tubuh yang kita ciptakan sendiri akan mendukung pembelajaran. Contohnya di saat sekarang, saat model pembelajarannya masih dilakukan dari rumah, untuk membuat pembelajaran online menjadi lebih efisien, kamu bisa mempersiapkan peripheral atau perangkat tambahan pada gawai belajarmu semisal earphone atau speaker yang akan mempermudah interaksi belajar online kamu. Selain dari guru di sekolah, kamu juga bisa mencari berbagai sumber materi pelajaran di internet atau aplikasi belajar online seperti Pahamify yang menyajikan video pembelajaran yang akan membuat kamu jadi lebih paham.

3. Istirahat Yang Cukup

Melenjutkan tips sebelumya, untuk mendukung kegiatan belajar kamu, diperlukan kondisi dan stamina yang baik. Tentunya kamu memerlukan waktu istirahat yang cukup. Untuk dapat menangkap materi yang lebih banyak, diperlukan konsentrasi belajar yang didapat dari istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, dijamin kamu bakal lebih mudah menyerap materi pelajaran.

4. Hindari Gangguan Belajar

Tips berikutnya adalah menghindari gangguan belajar. Ketika kamu udah fokus dan konsentrasi dengan belajar, masih ada gangguan terhadap diri kita sendiri. Oleh karenanya, ketenangan belajar dapat kamu usahakan dengan cara menyingkirkan segala hal yang berpotensi mengalihkan proses belajar. Oleh karenanya, fokuskan dirimu untuk tetap belajar apabila kamu dikunjungi teman untuk bermain atau ada notifikasi media sosial yang memancing kamu untuk membukanya.

5. Cari Suasana Yang Tepat

Mengubah dan mengganti posisi belajarmu bisa ngurangin kejenuhan dalam belajar, loh! Coba rapikan dan dekorasi tempat kamu belajar dan tempelkan beberapa rangkuman materi pelajaran yang kamu pelajari atau rumus-rumus penting supaya kamu bisa selalu melihat dan membacanya. Mayoritas pelajar di Indonesia bisa lebih berkonsentrasi di suasana yang tenang dan tidak berisik. Hindari belajar di ruangan yang berisik karena hal tersebut cuma bikin fokus kamu jadi terpecah

Demikian tips semangat belajar dari Mipi. Semoga tipsnya bisa bikin belajar kamu jadi tambah semangat dan tambah tekun. Karena rajin itu pangkal pandai. Nah, biar belajar kamu jadi lebih paham lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar Pahamify. Kamu bisa nikmatin fitur belajar seperti video materi pembelajaran, rangkuman, kisi-kisi ulangan, video tips belajar dan masih banyak lagi. Apa lagi Pahamify masih ada promo diskon belajar hingga 80% sampai tanggal 31 Agustus ini. Yuk buruan download aplikasinya sekarang juga!

Penulis: Alya Rizkia Zahra


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog