Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Seperti yang kamu tahu, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu kampus populer di Indonesia. Hampir setiap tahun, kursi di ITB selalu diperebutkan banyak pelajar SMA. Apakah Pahamifren termasuk salah satunya? Apa saja sih keunggulan ITB sehingga kamu ingin berkuliah di kampus ini? Agar kamu lebih yakin kuliah di ITB, yuk, baca beberapa alasan memilih kuliah ITB berikut ini!

Informasi Umum tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)

Berbicara kuliah di ITB, pasti belum lengkap kalau tidak membahas informasi umum mengenai kampus ini. Perlu kamu tahu, PTN yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini sudah berdiri sejak tahun 1959, lho. ITB sudah mengantongi akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Bahkan, beberapa program studi di ITB telah terakreditasi Unggul. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin melanjutkan kuliah di ITB karena kualitasnya sudah terjamin.

Institut Teknologi Bandung terkenal dengan program studi teknik atau sains. Namun, jurusan yang ditawarkan di ITB bukan itu saja. Kamu juga bisa memilih jurusan lain, seperti jurusan Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, atau Manajemen. Secara total, saat ini ada 50 pilihan program studi sarjana yang bisa kamu pilih di ITB. Bagi kamu yang masih bingung kuliah jurusan apa di ITB, mulai temukan sesuai dengan minat dan bakatmu, serta cari tahu peluang lolos pada tiap program studinya.

Terkait jalur masuk ITB, kampus ini membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri. Informasi lengkap penerimaan mahasiswa baru ITB bisa kamu cek di laman Admission ITB. Kamu juga bisa melihat info Seleksi Mandiri ITB 2021 di link ini, ya.

Alasan Memilih Kuliah di ITB

Setelah mengetahui gambaran umum tentang ITB, kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih hebatnya ITB dibandingkan PTN di Indonesia lainnya? Mari kita simak beberapa alasan yang dapat memperkuat kamu memilih kuliah di ITB.

Institut Terbaik di Indonesia

Institut Teknologi Bandung termasuk dalam 100 kampus terbaik di Asia menurut QS Asia University Rankings 2021. Kampus ini menjadi institut terbaik di Indonesia, disusul Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dalam rilisnya, QS Asia Universiry Rankings 2021 memaparkan pemeringkatan ini dilihat dari beberapa indikator, antara lain reputasi akademik, penilaian pimpinan, kutipan dalam jurnal, jumlah akademisi dengan gelar doktor, serta jumlah mahasiswa per fakultas.

Selain nama kampusnya, beberapa jurusan di ITB juga masuk dalam jajaran “10 Besar Jurusan Terbaik di ASEAN”. Contohnya, jurusan Seni dan Desain, Teknik Perminyakan, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Matematika, Astronomi, dan Arsitektur. Wah, hebat kan?

Banyak Beasiswa

Biaya kuliah ITB memang relatif mahal. Sebagai gambaran, biaya UKT per semester Fakultas Sekolah Bisnis dan Manajemen untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2021 mencapai Rp20.000.000. Sementara biaya UKT per semester fakultas lainnya sebesar Rp12.500.000. Namun, jangan khawatir, hal itu bukan menjadi hambatan kuliah di ITB. Sebab, ITB punya banyak program beasiswa bagi mahasiswanya.

Beasiswa di ITB sangatlah banyak. Itulah salah satu alasan kenapa banyak pelajar ingin kuliah di ITB

Beasiswa biaya hidup, Biaya Implementasi Pendidikan Prabayar (BPPM), dan Biaya Pendidikan Semester (BPPS) adalah beberapa pilihan yang dapat menjadi solusi atas kendala keuangan mahasiswa. Khusus mahasiswa baru, kamu juga bisa mendaftar KIP Kuliah atau Bidikmisi.

Enggak cuma itu, ada banyak beasiswa lainnya yang bisa kamu dapatkan saat kuliah di ITB. Informasi mengenai beasiswa biasanya dibagikan melalui Direktorat Kemahasiswaan ITB. Bahkan, mahasiswa dapat dengan mudah mendaftar beasiswa melalui situs web mereka. Keunggulan seperti inilah yang menjadi salah satu alasan memilih kuliah di ITB, Pahamifren!

Fasilitas Kampus Memadai

Fasilitas di ITB jangan diragukan lagi. ITB menyediakan asrama mahasiswa buat kamu yang ingin tinggal dekat kampus. Bahkan, ITB memiliki bus sendiri untuk memfasilitasi mahasiswa ITB Ganesha menuju kampus ITB Jatinangor. Pusat pelayanan kesehatan berupa klinik umum, klinik gigi, psikiater, pemeriksaan laboratorium, dan depot obat bisa kamu dapatkan di kampus ini.

Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh, ITB telah menyiapkan lapangan olahraga, kolam renang, trek lari, dan pusat kebugaran. Enggak cuma fasilitas umum, sarana penunjang kegiatan perkuliahan lainnya seperti perpustakaan, laboratorium, dan studio juga tersedia di setiap fakultasnya. Lengkap banget!

Banyak Alumni yang Sukses

ITB menjadi salah satu kampus yang punya banyak alumni sukses. Hal ini memudahkan mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu dari alumni dan mengembangkan networking saat bekerja. ITB juga mewadahi para alumninya agar tetap terhubung dalam sebuah organisasi bernama Ikatan Alumni ITB (IA-ITB).

Ada banyak alumni sukses di ITB. Kampus ini juga mewadahi para alumninya agar tetap terhubung melalui Ikatan Alumni ITB (IA-ITB)

Anggota IA-ITB telah tersebar di berbagai bidang pekerjaan. Ada yang menjadi pengusaha, dosen, atau bahkan menempati jabatan strategis di pemerintahan. Beberapa contoh alumni sukses ITB, yaitu Aburizal Bakrie, Achmad Zacky, Ridwan Kamil, Joko Anwar, Ciputra, Wiranto Arismunandar, dan masih banyak lagi. Co-founder Pahamify juga termasuk lulusan ITB, lho.

Bahkan, orang-orang hebat seperti Ir. Soekarno dan B.J. Habibie merupakan lulusan dari ITB. Kalau kamu kuliah di ITB pasti bangga banget dong bisa satu almamater dengan orang-orang hebat tersebut.

Tidak Membiarkan Mahasiswa Salah Jurusan

Alasan terakhir ini menjadi keunggulan ITB yang hampir tidak dimiliki PTN lain. Jadi, pada awal masuk kuliah, kamu akan menjalankan program Tahapan Persiapan Bersama (TPB) di tingkat fakultas terlebih dahulu. Dalam program tersebut, kamu dibekali informasi seputar pengenalan kehidupan kampus, termasuk kurikulum dan proses pembelajaran pada tiap jurusan yang tersedia. Lalu, setelah satu sampai dua semester, baru kamu dapat memilih jurusan sesuai dengan minat dan prestasi yang dimiliki. Jadi, bisa mengantisipasi salah ambil jurusan deh!

Nah, itulah beberapa alasan banyak calon mahasiswa baru memilih kuliah di ITB. Sekarang, kamu tidak ragu lagi buat kuliah di PTN ini kan? Agar peluang masuk ITB semakin besar, yuk, persiapkan diri dari sekarang!

Kamu bisa mengakses seluruh video belajar animasi di aplikasi Pahamify untuk menghadapi seleksi masuk PTN. Ada kuis, rangkuman materi, latihan soal, dan try out online juga, lho. Buruan download aplikasi Pahamify sekarang di sini!

Jangan lupa, cek promo menarik Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll