Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu PTN populer yang terletak di Yogyakarta. PTN ini berhasil masuk dalam kategori perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Ranking. Selain itu, UGM juga menjadi salah satu kampus tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak awal periode kemerdekaan. Melihat rekam jejak kampus ini, wajar saja kalau banyak pelajar ingin kuliah di UGM.

Hampir setiap tahun ribuan calon mahasiswa baru mengincar UGM sebagai kampus impian. Apakah Pahamifren termasuk salah satunya? Apa sih keunggulan UGM yang membuatmu tertarik berkuliah di PTN ini? Nah, Mipi telah merangkum beberapa alasan yang dapat membulatkan tekadmu memilih UGM sebagai tempat kuliah. Apa saja itu? Yuk, simak pembahasannya!

Informasi Umum tentang Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berbicara kuliah di UGM, pasti belum lengkap kalau tidak membahas informasi umum mengenai kampus ini. Universitas Gadjah Mada termasuk universitas tertua di Indonesia yang berperan sebagai pengemban Pancasila, sekaligus sebagai universitas pembina di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1949, UGM telah mengantongi akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Beberapa jurusan di UGM bahkan sudah memiliki akreditas Unggul, lho. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi melanjutkan kuliah di UGM karena kualitasnya sudah terjamin. Hingga saat ini, Universitas Gadjah Mada sudah memiliki sebanyak 18 fakultas dengan 265 program studi. Wah, banyak banget kan?

Sementara itu, program pendidikan yang ditawarkan UGM meliputi Sarjana, Diploma, Pascasarjana, Profesi, dan Internasional. Terkait jalur masuknya, kampus ini membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM UGM.

Info lengkap daya tampung UGM dan jumlah peminatnya pada SNMPTN dan SBMPTN 2021. Maksimalkan peluang lolos masuk SBMPTN dengan bekal informasi yang cukup!

Alasan Terbaik Memilih Kuliah di UGM

Setelah mengetahui profil umum tentang UGM, apakah kamu makin tertarik kuliah di kampus ini? Atau, kamu masih bertanya-tanya, apa keunggulan UGM dibandingkan PTN di Indonesia lainnya? Biar lebih jelas, kamu wajib baca 5 alasan memilih kuliah di UGM berikut ini! Dijamin, tekadmu akan semakin bulat untuk melanjutkan pendidikan di UGM.

Kampus Terletak di Kota Pelajar, Budaya, dan Wisata

Yogyakarta menjadi sebuah kota pelajar, budaya, dan wisata yang cukup populer di Indonesia. Banyak pelajar memiliki impian melanjutkan pendidikan di kota ini. Tak heran, saat di Yogyakarta, kamu bisa menjumpai pelajar dari seluruh Indonesia. Hal ini tentu menunjukkan keberagaman pelajar sebagai generasi penerus.

Kabar baiknya, Universitas Gadjah Mada terletak di Yogyakarta. Jadi, kehidupan kuliah di UGM tidak hanya belajar akademis saja. Kamu pun dapat mempelajari berbagai budaya yang masih kental di Yogyakarta, sekaligus berkesempatan menikmati berbagai objek wisata menarik di dalamnya.

Terjamin Kualitas Pendidikannya

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, UGM berhasil masuk dalam kategori perguruan terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Ranking. Selain itu, UGM juga menempati posisi pertama PTN terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank. Ditambah lagi, UGM telah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT.

Kualitas pendidikan UGM pun terjamin dengan pengajarnya yang profesional, mulai dari profesor, asisten profesor, hingga dosen. Sudah ada sekitar 10 ribu penelitian dan 22 ribu publikasi yang diterbitkan oleh UGM. Hal ini dapat membuktikan kalau kualitas pendidikan di UGM tidak perlu diragukan lagi, Pahamifren.

Banyak Tawaran “Going Abroad

Alasan memilih kuliah di UGM berikutnya yaitu banyaknya program “going abroad” yang disediakan UGM. Meskipun kamu tidak masuk program Internasional UGM, kamu tetap bisa merasakan atmosfer akademik di luar negeri. Ada banyak sekali tawaran conference, short course, summer school, atau bahkan exchange program. Untuk biayanya, ada yang dari biaya sendiri maupun beasiswa.

Keunggulan seperti ini tentu banyak dicari pelajar. Saat kuliah di UGM, kamu tinggal pilih mau program apa dan ke negara mana. Bisa Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Belanda, Prancis, Amerika, atau lainnya. Keren banget kan? Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar tawaran “going abroad” ini di laman Office of International Affairs UGM.

Banyak Mencetak Alumni Sukses

Banyaknya alumni UGM yang sukses menjadi salah satu pertimbangan kuliah di kampus ini. Sebab, hal ini akan memudahkan mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu dari alumni dan mengembangkan relasi di dunia kerja. UGM juga mewadahi para alumninya agar tetap terhubung melalui portal Alumni UGM.

Ternyata, UGM punya andil besar dalam melahirkan banyak pemangku kebijakan di Indonesia, lho. Contohnya, Joko Widodo, Boediono, Amien Rais, Anies Baswedan, Djarot Saiful Hidayat, dan Mahfud MD yang merupakan alumni UGM. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri kalau kamu bisa satu almamater dengan tokoh-tokoh tersebut, betul enggak?

Fasilitas Lengkap

Ada banyak fasilitas yang disediakan UGM untuk menunjang kegiatan perkuliahan maupun pembinaan minat dan bakat mahasiswa. Contohnya, asrama, stadion, lapangan tenis, lapangan soft ball, gelanggang mahasiswa, dan lapangan terbuka. Bahkan, UGM juga menyediakan perpustakaan pusat serta fasilitas penelitian terlengkap guna mengembangkan pendidikan akademis mahasiswa.

Fasilitas ibadah seperti masjid dapat kamu jumpai dengan mudah di UGM. Pusat pelayanan kesehatan berupa klinik, pemeriksaan laboratorium, bahkan rumah sakit pun tersedia di kampus ini. Lengkap banget!

Bagaimana, sudah tidak ragu lagi memilih kuliah di UGM kan? Agar peluang masuk UGM makin besar, yuk, persiapkan diri dari sekarang! Bagi kamu yang akan menghadapi CBT-UM UGM 2021, kamu bisa mencoba Try Out Online UM UGM dari Pahamify.

Paket Try Out UM UGM Pahamify dilengkapi video dan teks pembahasan, fitur Smart Analysis, Rasionalisasi Nilai, Pemeringkatan Nasional, serta Grafik Progres Nilai. Cocok banget untuk memaksimalkan persiapan #TaklukkanUMUGM.

Yuk, #KejarUMUGMBarengPahamify! Download aplikasi Pahamify di sini dan ikuti try outnya sekarang.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll