4 Hal yang Penting Kamu Lakukan Saat Duduk di Bangku SMA

Keberhasilan di sekolah sulit sekali untuk diukur. Apakah ukuran itu dengan mendapat nilai 100 di semua mata pelajaran? Jadi ketua OSIS? atau berada di 10 besar di tingkat pararel angkatan? 

Kalau kita bicara tentang keberhasilan, mungkin terlihat berbeda-beda; kamu atau teman-teman kamu, tetapi ada beberapa hal dalam memperoleh keberhasilan bagi sebagian orang sama.

Dalam blog Pahamify ini akan menguraikan beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebagai siswa SMA untuk berhasil memaksimalkan kesempatan belajar saat ini dan mempersiapkan kamu untuk menantang masa depan.

Dengan melakukan 4 tips ini, tidak hanya membantu menjadi siswa yang sukses di kelas aja, tapi kamu juga bisa jadi siswa yang bisa mengatur diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mencapai keberhasilan itu!

1. Tentukan tujuan

Pertama, tentukan  tujuan kamu. Setelah kamu menentukan apa yang ingin kamu tuju, kamu bisa membuat rencana demi rencana untuk mencapai tujuan yang ingin kamu sasar. Tentunya tujuan yang kamu buat haruslah realistis dan dapat terukur. Tanpa punya tujuan yang jelas, apapun yang kamu lakukan akan sia-sia.

Setelah kamu menentukan tujuan, kamu bisa tentukan tujuan rencana untuk mencapai tujuan yang ingin kamu sasar. Misal, kamu ingin menjadi seorang Psikolog, tentunya rencana yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar lebih giat untuk masuk jurusan psikologi. Lalu kamu bisa mengikuti kegiatan volunteer untuk menambah pengalaman tentang psikologi, setelah itu kamu bisa lanjut studi ke jenjang selanjutnya mendapat sertifikasi profesi.

Semua rencana itu tentunya akan mendukung apa yang menjadi tujuan kamu. Kamu juga perlu ingat tujuan-tujuan yang sudah kamu tentukan tentunya harus realistis dan terukur. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki agar tujuan yang kamu tetapkan bisa dengan mudah tercapai.

2. Manajemen Waktu 

Ingat waktu kita terbatas hanya 24 jam dalam sehari. Maka dari itu kamu perlu mengoptimalkan waktu yang kamu punya secara bijaksana. Apabila kamu berhasil mengatur waktu dengan baik, maka kamu akan mendapatkan porsi waktu yang seimbang antara belajar dan bermain. Maka dari itu kamu perlu buat jadwal atau agenda yang sedetail mungkin, mulai dari melakukan aktivitas jam berapa sampai jam berapa.

Agar aktivitas sehari-hari kamu bisa berjalan seimbang, kamu bisa menerapkan 4 kuadran waktu yang terdiri dari:

  1. Pertama, penting dan mendesak. 
  2. Kedua, penting tapi tidak mendesak. 
  3. Ketiga, tidak penting mendesak. 
  4. keempat tidak penting dan tidak mendesak. 

Untuk tahu lebih lengkap mengenai kuadran waktu kamu bisa tonton video Hujan Tanda Tanya tentang “Cara Mengatur Waktu Belajar Secara Efektif untuk Kamu yang Super Sibuk”

Tentunya setelah kamu sudah mengatur waktu, kamu perlu melakukan refleksi tentang waktu-waktu yang telah kamu habiskan. Kamu bisa memikirkan kegiatan-kegiatan yang penting untuk dijadikan prioritas. Sehingga kamu bisa buang jauh-jauh kegiatan yang tidak penting dan bisa digantikan dengan kegiatan yang menurut kamu lebih penting. 

Sebagai catatan, multi-tasking membuat kamu kewalahan dan otak kita tidak dapat bekerja dengan baik dan optimal saat mengerjakan segala sesuatu sekaligus. Ini dapat kamu jadikan pertimbangan dalam menentukan skala prioritas kegiatan mana yang penting dan yang tidak penting.

3. Aktiflah di Luar Kelas

Kalau kita udah terjebak di dalam zona nyaman biasanya sulit sekali untuk keluar. Misal, kamu udah seneng dengan rutinitas tiap hari; berangkat – sekolah – pulang – main sama temen – ngerjain pr – tidur. Udah gitu aja terus sampai belanda ngejajah Indonesia lagi. Kalau udah terjebak, berabe, kita jadi makin sulit untuk meningkatkan kemampuan diri.

Kamu bisa banget untuk coba terlibat di aktivitas luar kelas seperti gabung komunitas dan menjadi volunteer. Dengan begitu kamu lebih banyak mendapatkan beberapa hal yang ga diajarin di dalam kelas seperti belajar bagaimana bersosialisasi, bagaimana mengemukakan pendapat, dan juga bagaimana cara menyikapi ide-ide lain yang berbeda dengan kamu. 

Ketika kamu sudah aktif dalam berjejaring di luar kelas, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang lain atau bahkan orang yang lebih tua. Mungkin saja orang tersebut bisa menjadi mentor kamu dalam mencapai tujuan dan itu menjadi kesempatan besar untuk menapaki langkah yang ingin kamu lakukan. Mulai sekarang cobalah, bawa bukumu, handphone mu, dan mulailah berjejaring! 

4. Berpartisipasi Aktif dalam Kelas

Mungkin sebagian dari kamu berpikir kalau ini ga perlu dikatakan, tapi banyak beberapa orang yang berpikir kalau belajar untuk mencapai nilai tinggi udah termasuk berpartisipasi dalam kelas. Perlu diingat ketika di dalam kelas untuk mencapai keberhasilan dalam belajar, kamu perlu melakukan interaksi dua arah seperti berdiskusi dengan teman atau guru. 

Sebagian orang beranggapan kalau diskusi dengan guru hal yang tabu. Tapi, justru diskusi dengan guru kamu itu lebih menarik dan membuat atmosfer di ruang kelas jadi semakin seru. Kamu ga perlu segan untuk bertanya dan bertukar pikiran sesuatu dengan guru. Karena bertanya itu tidak salah, asalkan pertanyaan tersebut sesuai dengan konteks. INGAT!! Semua hal yang terjadi di alam semesta semua berawal dari pertanyaan.

Adanya interaksi dua arah tersebut dapat menjadikan pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dan dapat membuat  atmosfer ruang kelas lebih menyenangkan, sehingga kamu jadi ga bosan untuk belajar. Mulai sekarang cobalah jadikan gurumu di kelas sebagai teman berpikir. 


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.