Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Sesuatu yang bisa bikin sebuah ekosistem bertahan itu adalah keragaman hayati yang ada di dalamnya. Banyaknya ragam jenis atau spesies dari tumbuhan atau hewan, itulah yang disebut keragaman hayati.

Kamu pernah gak sih jalan-jalan ke tempat yang nyuguhin pemandangan alam yang luas? Kalau kamu belum pernah, cobain deh kamu datengin tempat wisata alam dan rasain sendiri gimana sensasinya. Apalagi kalau kamu lagi penat sama kehidupan di kota yang semerawut. Jalan-jalan ke pantai, gunung atau bukit bisa bikin otak kamu lebih segar dari biasanya.

Perasaan yang kamu dapat saat jalan-jalan ke tempat wisata itu dipengaruhin sama lingkungan yang ada di dalam tempat wisata itu. Kalau kamu liat ke kanan kiri, kamu bakal nemuin banyak tumbuhan dan hewan yang hidup dalam suatu lingkungan yang disebut dengan ekosistem.

Kalau kamu liat ekosistem yang ada di dalam suatu tempat wisata itu keliatannya kerawat banget. Keliatan bakal seperti itu bentuknya dalam jangka waktu yang lama. Kalau misalkan ekosistemnya dirawat dengan baik lewat kegiatan konservasi alam, mungkin akan terus terjaga bentuknya.

Tetapi gak bisa dipungkiri sebuah ekosistem itu punya potensi untuk berubah suatu saat nanti. Bencana alam jadi salah satu yang bisa bikin sebuah ekosistem itu berubah. Kaya yang terjadi di Australia, dimana terumbu karangnya mengalami kerusakan akibat pemanasan global.belum lagi faktor yang datang dari manusianya sendiri yang bisa ngubah hutan buat kebutuhannya sendiri, kaya ngubah hutan jadi lahan permukiman atau industri.

Sesuatu yang bisa bikin sebuah ekosistem bertahan itu adalah keragaman hayati yang ada di dalamnya. Banyaknya ragam jenis atau spesies dari tumbuhan atau hewan, itulah yang disebut keragaman hayati. Semua makhluk hidup yang hidup dalam suatu ekosistem itu saling membutuhkan satu sama lain.

Coba bayangin seekor belalang yang lagi bertengger di atas daun. Kita bisa tau kalau disitu belalang membutuhkan tanaman buat bisa hidup, trus tumbuhan itu gak akan ada kalau gak ada lahan, trus lahan itu membutuhkan keadaan iklim yang tepat biar hewan dan tumbuhan yang tinggal disitu bisa hidup dengan baik.

Di dunia ini ada banyak ekosistem yang beraneka ragam. Ada hutan hujan tropis yang bisa kita jumpai di negara kita sendiri, gurun di timur tengah, tundra di bagian utara dan masih banyak lagi. Di setiap ekosistem tersebut punya keragaman hayati yang berbeda-beda.

Dalam hal ini, setiap makhluk hidup di dalamnya punya caranya sendiri untuk bertahan hidup. Beruang kutub gak mungkin bisa hidup kalau tinggalnya di hutan hujan. Ular derik juga gak bakalan cocok kalau disuruh tinggal di daerah tundra. Begitupun orang utan yang kalau disuruh tinggal di gurun pasti bakal mati karena dehidrasi. Setiap makhluk hidup punya tubuh yang berbeda-beda menyesuaikan dimana habitatnya.

Semakin banyak makhluk hidup yang hidup di sebuah kawasan, maka akan semakin baik untuk ekosistemnya. Meskipun spesies yang hidup di dalamnya berbeda-beda, ada ketergantungan dalam kehidupan di suatu ekosistem.

Terdapat banyak sekali hewan yang hidup di sebuah hutan tropis. Selain itu ada banyak pula tumbuhan yang tinggal di dalamnya. Misalkan, hutan tersebut tumbuhannya terkena bencana kebakaran. Hewan yang tinggal disitu akan kesulitan untuk bertahan hidup karena kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan.

Kalau dicontohin ke kasus yang lebih spesifik, ini seperti kuda yang makanannya rumput. Kalau rumput itu hilang dari ekosistem, maka kuda itu akan sulit untuk bertahan hidup karena kehilangan makanan dia sehari-hari.

Atau orang indonesia yang udah biasa makan nasi dari jaman dulu. Kalau padi hilang dari peradaban, kita bakal kesulitan untuk hidup karena harus ngubah kebiasaan untuk nyari pengganti padi itu.

Akan tetapi, kalau keragaman hayati di sebuah ekosistem itu ada banyak, keberlangsungannya akan lebih bisa dipertahankan. Ketika ada spesies yang hilang, maka bisa jadi akan ada spesies lain yang bisa dimanfaatin untuk mengganti spesies yang hilang. Kalau orang indonesia ternyata bisa ganti makanan pokok jadi roti dari gandum, maka gak usah pusing ketika ternyata populasi padi hilang.

Ekosistem ini adalah sesuatu yang kompleks. Semua yang tinggal di sebuah ekosistem punya tugasnya masing-masing. Pembahasan lengkapnya bisa kamu pelajarin lewat aplikasi Pahamify loh. Disitu kamu akan belajar lebih lengkap lagi tentang keragaman hayati dengan penjelasan yang bikin kamu cepet ngerti dan bisa ngasih pengalaman belajar yang seru buat kamu!

Apalagi Pahamify lagi ada promo diskon langganan paket belajar hingga 90%. Dengan langganan paket belajar Pahamify ini, kamu bisa mengakses berbagai fitur, seperti video pembelajaran, rangkuman, flashcard, quiz, kisi-kisi materi ulangan, video tips belajar sampai info mengenai kampus impian kamu. Ayo #TeruskanSemangatBelajarmu di rumah aja bersama Pahamify. Promo ini berlaku sampai 10 Agustus 2020, loh. Jadi, buruan unduh aplikasi Pahamify sekarang juga!


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog