Ikuti Try Out Online UTBK Pada 07 - 09 Februari 2020

Kamu pasti punya satu atau lebih penyanyi idaman. Raisa? Isyana Sarasvati? Atau BTS? Kita sering dibuat takjub dengan kualitas suara yang sangat bagus ketika kita melihat mereka bernyanyi melalui layar kaca atau video di youtube. 

Suara berkualitas tersebut asalnya adalah dari pita suara yang letaknya ada di laring yang terhubung pula dengan trakea. Fungsi trakea disini adalah sebagai jalur keluar masuknya udara dari paru-paru. Tanpa trakea, pita suara tidak dapat bekerja dengan baik karena tidak ada udara yang lewat.

Tapi, peran paru-paru juga penting dalam terciptanya suara indah tersebut. Jumlah udara yang didorong melalui pita suara dari paru-paru sebenarnya berfungsi untuk mengontrol volume dan nada saat kita bersuara, seperti mengobrol atau bahkan bernyanyi.

Paru-paru adalah organ pernapasan utama manusia yang lokasinya di rongga dada. Bentuknya mengerucut kayak piramida dan terhubung ke trakea melalui bronkus kanan dan bronkus kiri. 

Ujung paru-paru yang mengerucut itu namanya bagian superior atau bagian atasnya. Bagian bawahnya, bentuknya agak melengkung. Bentuk melengkung di pangkal paru-paru ini memungkinkan paru-paru untuk bersandar pada otot diafragma yang ada di bawahnya.

Organ pernapasan utama ini ada dua, paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Keduanya dipisahkan oleh organ jantung sehingga paru-paru kanan dan paru-paru kiri memiliki bentuk yang berbeda. 

Terdapat lekukan cekung pada paru-paru kiri yang dekat dengan jantung. Lekukan tersebut bernama Cardiac Notch atau takik jantung. Lekukan cekung tersebut merupakan tempat tersimpannya jantung manusia, sehingga membuat kedua paru-paru memiliki bentuk yang sedikit berbeda.

Setiap paru-paru baik kanan maupun kiri, terbagi lagi ke beberapa bagian yang disebut lobus. Di bagian kanan terdapat tiga lobus dan di sebelah kiri terdapat dua lobus. Paru-paru kanan yang umumnya lebih besar, di bagian atas terdapat lobus superior, di bagian tengah terdapat lobus medius, dan yang paling bawah terdapat lobus inferior. Sedangkan di bagian kiri hanya terdapat dua bagian, atas dan bawah. Sehingga hanya memiliki lobus superior dan inferior. Setiap lobus dipisahkan oleh struktur yang disebut FISURA.

Lobus pada paru-paru

Paru-paru sebelah kanan memiliki massa yang paling besar karena memiliki lobus yang lebih banyak. Massa paru-paru kanan berkisar 375 sampai 600 gram pada orang dewasa, sedangkan paru-paru kiri 325-550 gram.

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Biologi: Binomial Nomenklatur

Jika berbicara mengenai pernapasan, paru-paru ini jelas punya peran besar karena organ ini merupakan organ pernapasan utama bagi manusia. Akan tetapi, udara yang kita hirup tidak langsung masuk begitu saja ke paru-paru. Harus melewati saluran pernapasan terlebih dahulu. Udara yang ada dihirup menggunakan hidung, kemudian melewati faring, laring sampai trakea. Dari trakea, salurannya bercabang menjadi dua. Saluran bercabang ini disebut dengan bronkus. Bronkus kanan untuk menyalurkan udara ke paru paru kanan, dan bronkus kiri untuk paru-paru kiri. Sedangkan terdapat bronkus yang ada di luar paru-paru, namanya bronkus primer.

Setelah masuk ke bronkus primer, kita masuk lebih dalam lagi ke paru-paru dan bercabang lagi di dalamnya menjadi  percabangan yang lebih kecil yang disebut bronkus sekunder. Dari bronkus sekunder ini bercabang lagi, menjadi percabangan yang lebih kecil dan sangat banyak disebut bronkus tersier. Nah, dari bronkus tersier ini masuk ke percabangan yang sangat kecil lagi yaitu bronkeolus

Paru-paru dan bagian-bagiannya

Di bronkeolus, terdapat bronkeolus terminal. Udara dari setiap terminal disalurkan lagi ke kantong-kantong udara, yang bernama alveolus, lewat saluran yang lebih kecil lagi yang disebut duktus alveolus. Kemudian, setelah terjadi pertukaran gas di alveolus, udara dari kantong tersebut kembali lagi ke bronkeolus terminal, untuk selanjutnya disalurkan lagi ke bronkus sampai keluar tubuh.

Pembahasan mengenai paru-paru ini dijelaskan lebih lengkap lagi di aplikasi Pahamify. Kamu bisa belajar lagi tentang bagaimana udara yang telah dihirup bisa disalurkan ke seluruh tubuh, pertukaran gas yang terjadi di alveolus, dan masih banyak lagi materi yang berkaitan dengan paru-paru. Lebih tepatnya di Bab Sistem Pernapasan di Mata Pelajaran Biologi kelas X IPA. 

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Latihan Soal UTBK Ekonomi

Kamu bisa download aplikasi Pahamify di Google Play dan App Store sekarang juga dan jangan lupa langganan untuk bisa menikmati materi pembelajaran yang lengkap dan disampaikan secara atraktif.


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2019 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog