Ikuti Try Out Online UTBK Pada 10 - 12 April 2020

Indonesia,
Merah darahku. Putih tulangku.
Menyatu dalam semangatmu.

Indonesia,
Debar jantungku. Getar nadiku.
Berbaur dalam angan-anganmu.

Kebyar-kebyar pelangi jingga.

Lirik di atas adalah lagu berjudul kebyar-kebyar yang diciptakan oleh Gombloh, penyanyi kenamaan Indonesia. Dalam lagu itu, dia memaknai Indonesia dalam dua warna dari benderanya, yaitu Merah dan Putih, yang dideskripsikan dalam bentuk darah yang berwarna merah dan tulang yang berwarna putih. Bicara tentang tulang, apakah menurut kamu tulang kita itu berwarna putih seperti lirik di atas? Kalau iya, apakah kamu pernah membuktikan atau bahkan pernah melihat warna asli dari tulang?

Perkembangan ilmu pengetahuan tidak perlu membuat kamu repot-repot membuktikan apa warna tulang kamu karena sudah terbukti bahwa tulang atau rangka manusia itu berwarna putih. Tulang-tulang yang berada di dalam tubuh manusia saling berhubungan dan tersusun membentuk sebuah organ yang dinamakan rangka. Rangka pada manusia itu berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di dalam tubuh, sebagai alat gerak pasif, juga tempat daging dan otot dan menegakkan tubuh.

Seperti halnya organ tubuh manusia, rangka itu hidup dan dinamis serta terbuat dari jaringan ikat aktif yang bisa rusak dan memperbaiki dirinya sendiri selama hidup. Bahkan, setiap 7 sampai 10 tahun, tulang-tulang tubuh kamu bakal sepenuhnya berbeda.

Rangka adalah adalah tempat menyimpan kalsium, fosfat, dan mineral lain yang dibutuhkan neuron dan otot untuk beraksi. Mereka juga penting dalam proses hemopoiesis atau pembentukan sel-sel darah karena semua sel-sel darah baru kamu dihasilkan di sumsum tulang. Ini sudah termasuk sel darah putih yang berguna untuk melawan serangan penyakit.

Tubuh manusia itu terdiri dari 206 tulang, dengan ukuran dan bentuk yang berbeda mulai dari yang paling kecil seperti tulang sanggurdi atau stapes yang ada di bagian dalam telinga kita, sampai tulang yang paling besar yaitu tulang paha atau femur.  Dan rangka manusia dikelompokkan jadi dua jenis berdasarkan lokasinya, yaitu:

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Jadwal Ujian Masuk PTN

1. Rangka Aksial

Rangka Aksial

Rangka aksial merupakan rangka yang letaknya di bagian tengah tubuh, meliputi tulang tengkorak, tulang dada, tulang rusuk (iga) dan tulang belakang. Rangka aksial merupakan  fondasi tubuh. Mereka membawa dan melindungi bagian tubuh kamu yang lain, seperti organ-organ dalam tubuhmu.

2. Rangka Apendikular.

Rangka Apendikular – Tulang Tangan dan Kaki

Rangka apendikular adalah rangka yang membentuk lengan-lengan kamu: tulang-tulang di tangan kamu dan kaki kamu. Selain itu tulang-tulang yang hubungin tangan dan kaki dengan rangka aksial kamu juga termasuk rangka apendikular, misalnya pelvis atau tulang belikat. Rangka apendikular yang membantu kita untuk bergerak.

Karena fungsi-fungsinya berbeda, bentuk dan ukuran tulang di tubuh manusia itu ada bermacam jenis.

A. Tulang Pipa

Tulang Tibia

Disebut juga tulang panjang. Berbentuk seperti pipa. Panjang tulangnya lebih besar dari lebarnya. Contohnya adalah tulang tibia atau tulang kering yang ada di kaki.

B. Tulang Pendek

Talus dan Hamate

Berbentuk bulat atau seperti kubus. Secara umum, di tulang pendek tidak ada perbedaan yang nyata antara ukuran panjang dan lebarnya. Pergerakannya cenderung bebas, contohnya talus di mata kaki atau tulang-tulang di pergelangan tangan seperti tulang karpal dan tulang hamate.

C. Tulang Pipih

Merupakan tulang dengan bentuk lempengan-lempengan pipih yang lebar. Berfungsi untuk melindungi struktur tubuh yang ada di bawahnya. Contohnya tulang pinggul, tulang belikat, dan tulang-tulang kranium yang melindungi otak kamu.

D. Tulang Tidak Beraturan

Sesuai dengan namanya, tulang ini memiliki bentuk yang tidak beraturan dan cenderung kompleks. Tulang tidak beraturan ini biasanya punya fungsi khusus.Contohnya, tulang pelvis yang melindungi organ yang ada di bawah, tulang rahang untuk makan dan berbicara, dan tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang kita.

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Kucing Punya 9 Nyawa, Benarkah?

Pada artikel selanjutnya, kita bakalan bahas rangka manusia yang lebih kompleks lagi seperti Komposisi Tulang, Sel-Sel Pembentuk Tulang, sampai ke Proses Metabolisme Tulang.

Atau kalau pengen tau penjelasan yang lebih lengkap lagi, kamu bisa download dan langganan materi pembelajaran aplikasi Pahamify di Google Play dan App Store. Melalui Pahamify, kamu akan mendapatkan materi pembelajaran berupa video materi dan rangkuman yang dibuat oleh Rockstar Teacher yang handal. Ada juga fitur flashcard yang bakal membantu kamu untuk dengan cepat menghapal dan memahami materi tersebut dengan cepat. Setelah itu, pemahaman kamu akan kita uji dengan menjawab quiz berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang sedang kamu pelajari. Semua itu bisa kamu dapatkan dalam satu aplikasi!


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog