Ikuti Try Out Online UTBK Pada 10 - 12 April 2020

Ketika kita menghirup udara, yang kita terima dan masuk ke dalam tubuh adalah oksigen. Tapi kenapa ketika kita menghembuskan nafas yang keluar itu malah karbon dioksida? Ternyata yang membuat ini terjadi adalah metabolisme yang ada di dalam tubuh kita. Selain karbon dioksida, metabolisme juga menghasilkan molekul air dan Adenosina Trifosfat atau ATP yang bisa diproses melalui proses yang bernama respirasi aerob.

ATP merupakan sumber energi yang digunakan oleh sel-sel yang ada dalam tubuh. Sumber energi yang dimaksud adalah energi yang mampu membantu manusia beraktivitas. Mulai dari membuka mata, bersiap-siap sekolah, memperhatikan guru yang sedang mengajar, hingga menutup mata di malam hari untuk tidur. Intinya, semua aktivitas yang dilakukan itu membutuhkan ATP.

Metabolisme dalam makhluk hidup itu ada dua, anabolisme dan katabolisme. Anabolisme berfungsi untuk mengubah molekul-molekul yang sederhana menjadi molekul yang kompleks untuk digunakan tubuh. Sedangkan katabolisme mengubah molekul yang kompleks menjadi sederhana sehingga bisa digunakan oleh tubuh.

Makhluk hidup dalam melakukan metabolisme membutuhkan oksigen yang didapat dari proses respirasi. Katabolisme ini ada yang aerob dan anaerob. Perbedaan antara respirasi aerob dan anaerob adalah aerob menggunakan oksigen, sedangkan anaerob tidak.

Selain menggunakan oksigen untuk melakukan respirasi aerob, makhluk hidup juga membutuhkan glukosa. Zat ini bisa didapatkan melalui makanan mengandung karbohidrat yang sudah diolah oleh enzim-enzim di sistem pencernaan. 

Contohnya adalah nasi yang memiliki kandungan karbohidrat sehingga setelah dikonsumsi dapat menghasilkan glukosa yang nantinya digunakan untuk pembentukan energi di dalam tubuh.

Satu molekul glukosa dan 6 molekul oksigen dapat menghasilkan 38 ATP tapi tubuh manusia hanya bisa menerima 36 ATP. 2 molekul ATP lainnya digunakan selama proses pembentukan ATP. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan metabolisme di dalam tubuh untuk menghasilkan ATP. Tahapan pertama yang terjadi pada respirasi aerob adalah glikolisis.

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Pentingnya Ikut Tryout Sambil Menanti Pengumuman SNMPTN 2020

Glikolisis terdiri dari dua kata. Gluko dan lisis. Gluko berasal dari kata glukosa yang artinya molekul gula, sementara lisis artinya adalah pemecahan. Sehingga, secara harfiah glikolisis memiliki arti pemecahan molekul glukosa atau gula. Tahapan pertama dari respirasi aerob ini memiliki 10 tahapan lagi.

Sedangkan respirasi anaerob adalah reaksi perombakan karbohidrat, dalam hal ini glukosa, yang dilakuin buat menghasilkan energi tanpa menggunakan oksigen. Respirasi anaerob ini tergolong ke katabolisme karbohidrat karena dia memecah dan menyederhanakan glukosa. 

Proses yang terjadi pada respirasi anaerob hanya glikolisis dan transpor elektron aja. Selain itu, jumlah ATP atau energi yang dihasilkan juga lebih sedikit, jika respirasi aerob satu molekul glukosa bisa ngehasilin 36 ATP bersih, respirasi anaerob hanya bisa ngehasilin 2 ATP.

Seluruh proses tahapan glikolisis dibahas secara lengkap di video pembelajaran Pahamify tepatnya pada bab Enzim dan Metabolisme Sel pada mata pelajaran Biologi kelas XII. selain itu dibahas juga mengenai tahapan respirasi aerob setelah glikolisis yaitu siklus krebs dan transpor elektron secara lengkap dan seru. Download dan langganan aplikasi belajar Pahamify untuk bisa mengakses materi lengkap mengenai respirasi aerob dan glikolisis beserta ratusan materi lainnya.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog