Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, siapa nih yang lagi ngambis masuk PTN favorit? Sudah sejauh mana program cara belajar UTBK kamu? Adakah di antara kamu yang sudah mempersiapkan diri menghadapi UTBK dari awal? Nah, untuk memudahkan kamu mempersiapkan diri, Mipi punya tips menarik nih buat Pahamifren. Baca artikel ini sampai selesai ya!

Karena penyelenggaraan UTBK masih lama, para pejuang PTN atau calon peserta yang bakal jadi sainganmu saat UTBK nanti, mungkin belum mulai mempersiapkan diri, Pahamifren. Jadi, jika kamu mempersiapkan diri dari searang, ibaratnya kamu akan mencuri start untuk belajar UTBK, lho.

Tentu saja, kamu harus mempertahankan semangat kamu dalam belajar dan bertahan hingga akhir nanti. Kalian pasti bertanya-tanya, belajar UTBK mulai dari mana sih?

Eits, tidak usah bingung Pahamifren! Biar kamu tahu harus belajar UTBK mulai dari mana, Mipi bakal membahas cara belajar UTBK lebih awal dalam 3 langkah, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, CEO Pahamify. Yuk, cek pembahasan selengkapnya di artikel ini.

Mindset untuk Mulai Belajar UTBK

Sebelum kamu menerapkan langkah-langkah untuk mulai belajar UTBK, kamu harus punya sistem kepercayaan dan mindset dasar ketika akan mengikuti UTBK. Sebaiknya, kamu memiliki sistem kepercayaan yang sejalan dengan tujuanmu. Kenapa harus sejalan dengan tujuanmu? Jika kamu memiliki keyakinan yang tidak sejalan dengan tujuan kamu kamu akan memiliki konflik batin. 

Misalnya, ketika kamu percaya bahwa bumi ini datar tetapi kamu ingin menjadi ahli radar atau astronot. Tentu saja hal ini akan menyusahkan kamu karena ilmu untuk menjadi ahli radar atau astronot tidak menggunakan model bumi datar.

Terdapat 5 hal penting untuk mendukung pembentukan sistem kepercayaan dalam memulai belajar UTBK berdasarkan pengalaman Kak Fikri pada podcast #UTBKuy yang ada di aplikasi pahamify, yaitu:

Rasa Penasaran 

Yuk, belajar UTBK dari sekarang. Latih kemampuan menjawab soak-soal UTBK biar kamu lolos masuk PTN impian tahun depan.

Pahamifren, sudah tahu kan apa itu UTBK? Jadi, UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Nantinya, nilai UTBK yang sudah kamu dapatkan akan digunakan pada saat proses seleksi masuk PTN. Itulah mengapa, semakin tinggi nilai yang kamu dapat, maka semakin tinggi pula peluang untuk lolos ke PTN impianmu. 

Sebelum menghadapi UTBK, kamu harus memiliki rasa penasaran yang kuat. Selain rasa penasaran terhadap UTBK, kamu juga harus mengasah rasa penasaran pada semua ilmu pengetahuan, Pahamifren.

Karena, menurut penelitian, selain rasa penasaran dapat meningkatkan motivasi belajar kamu, rasa penasaran juga dapat membuat kita lebih mudah untuk menerima informasi. Oleh karena itu, rasa penasaran ini sangat diperlukan ketika kamu ingin belajar UTBK lebih awal.

Teman Sebagai Pilihan Penting dalam Hidup

Setelah memiliki rasa penasaran, kita juga harus meyakini bahwa menemukan dan memilih teman termasuk hal terpenting dalam hidupmu. Akan ada teman dekat yang bakal membantu kamu untuk menjadi sukses. Kamu harus selektif dalam memilih teman.

Tidak apa jika kamu memiliki teman sedikit, yang penting pilihlah teman yang dapat membawa pengaruh positif dalam hidupmu. Nantinya, teman yang membawa pengaruh positif akan memiliki peran dalam membantu kesuksesanmu untuk belajar UTBK dan menggapai cita-cita.  

Berani Mulai Belajar UTBK Bahkan Sebelum Siap

Apakah kamu tahu bahwa 24 tahun adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan seseorang untuk jadi seorang CEO? Namun, ada beberapa orang yang sudah menjadi CEO dalam waktu kurang dari 24 tahun. Salah satu ciri yang dimiliki oleh orang-orang tersebut adalah mereka berani memulai atau menghadapi tantangan-tantangan baru meskipun sebenarnya mereka belum siap. 

Saat kamu ingin belajar UTBK lebih awal, pasti kamu memiliki beberapa ketakutan, seperti takut jika latihan soal UTBK terlalu sulit, takut jika ternyata jawaban latihan soal kamu banyak salahnya atau bahkan takut karena tidak bisa membagi waktu belajar.

Nah, sebaiknya kamu merubah ketakutan tersebut menjadi keberanian agar bisa mencapai kesuksesan. Keberanian sesungguhnya bukanlah ketika kamu berani untuk berhasil, melainkan berani untuk gagal dan bangkit lagi dalam berproses.

Fokus Pada Hal yang Bisa Diatur

Kita harus mengetahui bahwa kita hanya dapat mengatur hal yang berada dalam kendali kita. Terkadang kita malah fokus ke hal-hal yang tidak bisa atur. Padahal kita bisa mengarahkan energi kita untuk berfokus pada hal-hal penting yang bisa kita atur.

Jika kamu fokus pada hal yang tidak bisa kamu atur, kamu hanya akan membuang-buang waktu kamu Pahamifren! Jadi, agar cara belajar UTBK yang kamu rancang semakin efektif, sebaiknya kamu meninggalkan hal-hal yang tidak berada dalam kendali kamu.

Mipi akan mengambil contoh pada kehidupan sehari-hari saat mengerjakan soal. Saat mengerjakan soal, pasti terdapat bagian soal yang susah dan bagian soal yang mudah. Bayangkan kamu sedang mengerjakan 10 soal, dari 10 soal tersebut terdapat 7 soal mudah dan 3 soal sulit yang tidak bisa kamu kerjakan. Dalam situasi itu, kamu harus memiliki strategi untuk mendapat nilai yang maksimal.

Kalau kamu terlalu sibuk untuk memikirkan 3 soal yang susah, bisa-bisa waktu kamu keburu habis. Jadinya, kamu tidak sempat untuk mengerjakan soal yang mudah. Di sinilah pentingnya untuk berfokus hanya pada hal yang dapat kamu kendalikan. 

Menghadapi Masalah dengan Growth Mindset

Setelah kamu memiliki sistem kepercayaan maka kamu juga harus menanamkan mindset positif. Jika kamu ingin sukses dalam UTBK, sebaiknya kamu menanamkan mindset yang dimiliki oleh orang sukses. Orang sukses memiliki mindset yang positif dan selalu percaya untuk dapat meraih apa yang mereka inginkan.

Selain itu, kamu juga harus memiliki growth mindset, dimana kamu memiliki cara berpikir bahwa kecerdasan dapat berubah jika kamu mau berusaha. Jadi, kecerdasan bukanlah suatu hal yang bersifat tetap dan tidak dapat dikembangkan. 

Belajar UTBK Mulai Awal dalam 3 Langkah

Setelah memiliki mindset dan keyakinan sebagai cara belajar UTBK, kini kamu siap untuk memulai langkah belajar UTBK lebih awal! Berikut 3 langkah untuk belajar UTBK lebih awal:

Membangun Kebiasaan Belajar

Jika kamu ingin mulai untuk belajar UTBK sejak awal, usahakan kamu memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu diperlukan agar tidak menyusahkan kamu sehingga kamu tidak kebingungan untuk mengatur waktu dan mengetahui pola belajarmu.

Belajar UTBK harus dipersiapkan jauh-jauh hari lho. Mulai sekarang, rancang kebiasaan belajarmu sendiri.

Agar kamu tahu pola belajar kamu seperti apa, kamu bisa mulai dengan mencoba membuat jurnal. Prinsip yang ditekankan oleh Kak Fikri dalam membentuk kebiasaan belajar adalah sebagai berikut:

  • kerjakan apa yang bisa dikerjakan hari ini,
  • kerjakan apa yang bisa dikerjakan besok,
  • jika ada hal yang kurang penting maka sebaiknya tidak perlu kamu kerjakan.

Setelah membuat jurnal belajar, lakukan evaluasi terhadap jurnal belajar kamu. Apakah kamu sudah mengerjakan apa yang seharusnya kamu kerjakan? Jika pada hari itu kamu tidak mengerjakan apa yang seharusnya kamu kerjakan, kamu bisa menggunakan konsep “utang” dalam belajar, dimana kamu akan menulis apa yang seharusnya kamu kerjakan hari ini, namun ternyata tidak kamu kerjakan.

Setelah mengetahui “utang” tersebut, kamu akan membayarnya pada kemudian hari. Itulah pentingnya evaluasi, supaya dari waktu ke waktu kamu bisa tahu manajemen waktu seperti apa yang paling cocok denganmu.

Nah, kalau kamu ingin lebih mudah dalam membuat perencanaan dan mengukur kebutuhan waktu belajar, kamu bisa menggunakan kalkulator belajar UTBK. Angka hasil belajar yang tertera di situ hanyalah referensi saja. Jika kamu bisa lebih cepat belajar, waktu belajarmu setiap harinya juga bisa lebih rendah lagi. Apalagi jika kamu sudah ada materi-materi yang kamu kuasai 100%.

Menguasai Medan Perang

Kak Fikri menganalogikan UTBK sebagai peperangan. Jika UTBK adalah sebuah perang, mulailah dengan mengenal medan perang. Ketahuilah soal-soal yang akan diujikan dalam UTBK, seperti apa jenis soalnya dan ke jurusan mana kamu akan berperang. Mulailah untuk mencoba sesuatu yang sederhana tetapi berdampak signifikan seperti mengikuti Tryout.

Saat awal-awal sebaiknya kamu tidak perlu begitu terpaku dengan nilai. Fokuslah pada evaluasi pembelajaran kamu, apa-apa saja pengetahuan yang sudah kamu miliki. Mana pemahaman yang sudah bisa kamu terapkan untuk mengerjakan soal dan mana materi yang kamu sama sekali tidak tahu.

Setelah kamu mencoba tryout, kamu dapat melihat pembahasan soal dan jawaban tryout. Selanjutnya, kamu dapat mengerjakan latihan soal dari materi-materi yang serupa.

Kalau kamu sudah mulai waspada terhadap UTBK dengan mengikuti tryout, baru deh, kamu bisa mulai coba membuat rangkuman-rangkuman materi. Aplikasi Pahamify sudah menyediakan rangkuman secara lengkap loh!

Hanya saja, ketika kamu menulis ulang, secara tidak langsung otak kamu ikut memproses kembali apa yang dibaca dan apa yang tulis. Jadi, secara tidak sadar kamu sudah belajar. Untuk menggunakan rangkuman Pahamify kamu bisa gunakan langkah ini:

  1. cobalah buat rangkuman sendiri,
  2. tutuplah buku kalian dan tuliskan apa yang kalian tahu tentang bab tersebut,
  3. koreksi dan cocokan rangkuman kalian dengan rangkuman dari Pahamify,
  4. jika ternyata kamu kurang dalam merangkum materi secara rinci, kamu bisa tambahkan apa saja yang kurang dari rangkuman kamu.

Refleksi & Perencanaan

Setelah kamu membangun kebiasaan belajar dan mengetahui medan perang, biasanya kalian akan bisa lebih terbayang seberapa giat sih kamu harus belajar? Tentunya, kalian harus memantapkan tujuan kalian. Impian, cita-cita, dan tujuan adalah sesuatu yang dapat menjadi motivasi kamu untuk belajar. Hal tersebut yang akan bisa menggerakkan kalian untuk meraih impian dan tujuan. 

Proses yang akan kamu alami sangat tergantung dengan seberapa kuat tujuan yang kamu miliki. Kamu harus menemukan lagi alasan-alasan kenapa kamu harus belajar sedini mungkin. Supaya apa? Supaya bisa belajar lebih awal dan tidak terlambat! Kamu harus punya rencana besar untuk menghadapi UTBK. 

Pahamifrem, jangan sampai kamu menyesal di belakang ya. Penyesalan itu datangnya di belakang, kalau di depan namanya perencanaan dong? Nah, intinya pada awal tahun ini kamu boleh banget untuk berpikir jangka panjang, tapi jangan sampai kamu mengesampingkan yang ada di depan mata.

Jika kamu melakukan 3 langkah yang telah disebutkan oleh Kak Fikri dengan baik, pasti kamu akan bisa untuk belajar UTBK lebih awal tanpa mengesampingkan pelajaran sekolah.

Tertarik buat masuk ITB lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN? Yuk, cek dulu daya tampung dan jumlah peminatnya pada tiap jurusan di ITB

Kamu dapat memetakan persebaran materi UTBK yang muncul dengan mengakses Study Plan di fitur Live Class Pahamify. Ada pendampingan khusus dari guru yang bikin paham dan siap bantu kamu masuk Kampus Impian!

Pastinya, kamu bakal siap lebih awal untuk belajar UTBK. Nah, agar cara belajar UTBK semakin seru dan efektif, kamu bisa bergabung dengan fitur Live Class dari Pahamify, lho. Kamu akan mendapatkan akses video pembelajaran yang dibimbing langsung oleh Rockstar Teacher berpengalaman.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan gunakan semua fiturnya untuk lebih siap raih kampus impian. Jangan lupa untuk melihat informasi promo menarik lainnya dari pahamify di sini https://pahamify.com/promo/ ya!

Penulis: Salsabila Mumtazah

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll