Ikuti Try Out Online UTBK Pada 07 - 09 Februari 2020

Pernahkah kamu melakukan sebuah percobaan dengan cara merobek kertas hingga menjadi potongan-potongan kecil, lalu menggosok penggaris plastik ke rambut dan mendekatkannya ke arah kertas yang tersobek tersebut? Apa yang akan terjadi? Kertas-kertas yang telah kamu robek tadi jadi bisa ditarik tanpa disentuh dengan penggaris yang sudah kamu gosok tadi. Kenapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya adalah listrik statis.

Penggaris tersebut dapat menarik kertas-kertas tadi karena listrik statis yang dihasilkan oleh tubuh kita lalu disalurkan ke penggaris. Karena pada dasarnya, semua benda yang ada di muka bumi ini, termasuk tubuh manusia mengandung muatan listrik. Hal itu disebabkan oleh susunan atom yang terkandung di dalam benda-benda tersebut.

Muatan listrik yang terkandung di berbagai benda ini terdiri dari proton, neutron dan elektron. Proton merupakan kandungan bermuatan positif yang ada di dalam inti atom. Selain proton, di dalam inti atom juga terkandung neutron yang merupakan kandungan bersifat netral. Sementara itu di kulit atom, terdapat kandungan bersifat negatif yang bernama elektron.

Kandungan Atom
Source: Pahamify

Di dalam atom terjadi gaya tarik menarik antara elektron dan proton. Apabila jarak antara elektron dan proton sangat jauh, makan akan semakin lemah gaya tarik menarik yang terjadi di antara keduanya. Sama halnya dengan magnet, apabila posisi benda yang ingin ditarik sangat jauh, maka gaya tarik menarik antara magnet dan sebuah benda akan semakin lemah.

Apabila tarik menarik antara elektron dan proton lemah maka akan mengakibatkan elektron dapat bergerak, bahkan lepas meninggalkan atom. Sewajarnya elektron ini membutuhkan pasangan yang stabil. Sehingga elektron mencari meninggalkan satu atom demi mencari atom lainnya. Elektron yang mudah lepas ini disebut dengan elektron lepas.

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Biologi - Bagian Mata dan Fungsinya

Elektron yang lepas dan berpindah tersebut dapat menghasilkan listrik. Ketika elektron membutuhkan pasangan yang stabil, elektron bisa mencari pasangannya dengan menarik elektron dari atom lain atau melakukan perpindahan dari atom lain yang kekurangan elektron. Sehingga, listrik terjadi akibat elektron yang berpindah atau mengalir dari satu tempat ke tempat lainnya. Baik itu dari tempat yang kelebihan elektron ke tempat yang kekurangan elektron.

Petir bisa menyambar sebuah daerah di permukaan bumi itu juga disebabkan karena adanya perpindahan elektron. Ketika langit kelebihan elektron, petir pun muncul mengarah ke daerah yang memiliki elektron yang lebih sedikit. Karena elektron di langit yang sudah terlalu menumpuk, petir pun akan secara cepat menyambar benda-benda tinggi yang ada di bumi.

Listrik memiliki 2 jenis, statis dan dinamis. Listrik statis merupakan listrik yang muncul secara sementara karena adanya perpindahan elektron bebas. Petir merupakan salah satu contoh dari fenomena listrik statis. Petir hanya muncul dengan waktu yang singkat, ketika elektron bebas berhasil pindah tempat, maka petir akan hilang. 

Sedangkan listrik dinamis adalah ketika elektron mengalir secara terus menerus karena adanya lintasan untuk melakukan pergerakan. Contohnya adalah remote tv yang ada di rumah kamu. Ketika ditaruh baterai di dalamnya, kamu memberikan lintasan dari ujung baterai negatif ke positif agar elektronnya bisa mengalir dan remote tv bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Kamu bisa belajar lebih lengkap lagi mengenai listrik statis di aplikasi belajar Pahamify. Di situ kamu bisa menikmati video pembelajaran yang asyik dan dengan mudah membuat kamu mengerti. Di materi listrik statis kamu juga akan belajar mengenai gaya Coulomb dan penjelasan mengenai fenomena yang berkaitan dengan listrik statis. Download dan berlangganan Pahamify untuk menikmati video pembelajaran yang lengkap dan seru sekarang juga dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2019 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog