Jurusan yang Paling Banyak Diminati di SBMPTN 2019

Masuk kuliah itu… Gampang-gampang susah. Gampang kalau kamu bener-bener udah nyiapin diri dengan matang. Paham betul medan perangnya, jadi saat ujian masuk kuliah, kayak UTBK, kamu lebih mudah mengerjakan soal-soalnya. Susahnya? Persaingan ketat yang disebabkan peminat dari jurusan dan kampus impian kamu itu tinggi sehingga kemungkinan untuk lolos menjadi kecil. 

Tapi jangan salah, itu bukan hal yang perlu kamu pikirin hingga kamu ngehindar dari tujuan. Karena yang terpenting adalah usaha keras. Lagipula, jumlah peminat yang tinggi itu menandakan bahwa jurusan yang kamu tuju itu memang berkualitas. Jadi gak ada salahnya dong untuk nyoba usaha masuk ke jurusan impian?

Nah, Bagi kamu yang saat ini di tahun 2019 tengah mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya di tahun 2020, udah tau kemana arah dan tujuan yang sekiranya cocok untuk kamu? Untuk bahan referensi Berikut adalah jurusan yang paling banyak diminati di tahun 2019 baik dari Saintek dan Soshum. Yuk kita cari tahu sekaligus dengan jumlah peminatnya.

5 Jurusan Saintek dengan Pendaftar Paling Banyak di SBMPTN 2019

  1. Pendidikan Dokter – Universitas Udayana (2.301 Pendaftar)
  2. Agroekoteknologi – Universitas Brawijaya (2.202 Pendaftar)
  3. Pendidikan Dokter – Universitas Hasanudin (2.111 Pendaftar)
  4. Agroteknologi – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (1.956 Pendaftar)
  5. Kesehatan Masyarakat – Universitas Hasanudin (1.920 Pendaftar)

5 Jurusan Soshum dengan Pendaftar Paling Banyak di SBMPTN 2019

  1. Ilmu Hukum – Universitas Diponegoro (3.702 Pendaftar)
  2. Ilmu Komunikasi – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (2.981 Pendaftar)
  3. Ilmu Hukum – Universitas Brawijaya (2.584 Pendaftar)
  4. Manajemen – Universitas Negeri Yogyakarta (2.546 Pendaftar)
  5. Manajemen – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (2.532 Pendaftar)

Melihat daftar tersebut terlihat bahwa dari tahun ke tahun jurusan Pendidikan Dokter masih menjadi jurusan Saintek yang paling banyak diminati. Jurusan ini memang terkenal bergengsi dengan prospek kerjanya yang sudah jelas sejak awal: menjadi Dokter. Jadi gak perlu heran lagi kalau sampai saat ini jurusan Pendidikan Dokter menjadi yang paling diminati. Pada tahun 2019, banyak pendaftar yang memiliki minat untuk masuk Jurusan Pendidikan Dokter yang ada di Universitas Udayana, Bali.

Sedangkan dari bidang Soshum, Ilmu hukum menjadi jurusan yang paling diminati dilihat dari jumlah pendaftarnya. Terutama di Universitas Diponegoro yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Kalo kamu berminat jadi pengacara, hakim, notaris atau konsultan hukum maka kamu harus banget masuk jurusan Ilmu Hukum ini.

Kalau kamu masih bingung mau masuk jurusan atau universitas mana, di Pahamify, kamu bisa konsultasi mengenai pilihan jurusan kuliah langsung dengan Psikolog. Jadi gak perlu khawatir kalau misalkan kamu masih bingung kemana arah tujuan setelah lulus dari SMA, tinggal ke aplikasi Pahamify dan gunain fitur Konsultasi Online. Di situ kamu bisa cerita berbagai macam masalah, mulai dari masalah diri, minat bakat, keluarga, lingkungan, sekolah, kuliah, dan pekerjaan. Jadi, tunggu apalagi? Download Pahamify sekarang juga di Google Play Store dan Apple App Store!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog