Di dunia ini ternyata ada senyawa kimia yang bisa bikin kamu ketawa loh! Bentuknya gas dan ini bisa dengan mudahnya bikin kamu tertawa dalam kondisi apapun. Kalau kamu sedih atau lagi biasa aja, coba deh hirup gas yang satu ini. Dijamin deh, kamu akan tertawa tanpa harus nonton stand up comedy kalau menghirup gas dinitrogen oksida atau N2O.

Ternyata gas dinitrogen oksida itu mampu merangsang saraf tawa dan memang sering dikenal sebagai gas tertawa atau gas gelak. Ketika gas ini dihirup, tubuh kita akan menghasilkan banyak dopamin. Lalu dopamin ini bakal ditangkap sama reseptor. Dopamin bakal ngusir atau ngegantiin zat-zat sedih dalam reseptor. Hasilnya kita akan tertawa tanpa sebab.

Keren ya? Kamu penasaran mau coba? Kalo kamu lagi nyabut gigi biasanya kamu bakal dikasih gas N2O sama dokter. Tapi ini bukan dengan tujuan untuk ngehibur kamu ya. Gas ini digunakan untuk meringankan rasa sakit saat melakukan pencabutan gigi. Jadi kamu gak bisa pakai secara sembarangan kalau bukan dari arahan dokter yaaa.

Tapi tahu gak sih? Gas dinitrogen dioksida adalah salah satu jenis senyawa Nitrogen loh. Nitrogen adalah senyawa yang sangat bisa kita temukan sehari-hari. Nyatanya, udara yang ada di sekitar kita itu 78% nya adalah Nitrogen. Tapi, nitrogennya dalam bentuk molekul diatomik, N2 berwujud gas. Biasanya disebut gas nitrogen. Sedangkan, udara yang kita hirup sehari-hari atau oksigen, itu cuma ada 20% di udara.

Banyaknya nitrogen di sekitar kita tentunya bukan tanpa manfaat. Nitrogen ini bisa bermanfaat kalau berbentuk senyawa nitrogen lain. Gimana caranya?

Untuk membuat Nitrogen lebih bermanfaat bisa menggunakan dua cara. Pertama, cara yang dilakukan secara alami secara langsung lewat alam yang bernama siklus nitrogen. Pada siklus ini, gas N2 di udara bisa berubah jadi senyawa nitrat yang kemudian bisa berubah lagi jadi gas nitrogen lewat berbagai macam proses. Sampai akhirnya membentuk sebuah siklus.

Cara kedua, kita bisa dapetin senyawa nitrogen menggunakan sebuah alat khusus. Caranya adalah dengan memisahkan nitrogen dari udara menggunakan alat penyulingan. Habis itu, gas nitrogen direaksikan dengan zat lain buat membentuk senyawa nitrogen.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai siklus nitrogen kamu bisa belajar lebih dalam lagi seputar Nitrogen di aplikasi Pahamify. Selain siklus nitrogen, disitu dibahas juga mengenai kegunaan, sifat-sifat dan gimana caranya kita bisa dapetin gas nitrogen ini sesuai kebutuhan kita. Mau tau kaya gimana Pahamify bawain materi tentang nitrogen? Cek video di bawah yak!

Gimana? Keren kan makanya buruan download dan langganan Pahamify sekarang juga di Google Play dan Apple App Store supaya kamu bisa gampang paham dan raih prestasi!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog