TRYOUT AKBAR PAHAMIFY 2022 Daftar Sekarang, Gratis! Lihat Detail

Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, adakah di antara kamu yang susah fokus saat belajar? Sudah coba berbagai cara tapi masih sering gagal paham? Nah, pada artikel ini, Mipi akan mengajak kamu membahas tentang cara meningkatkan konsentrasi lewat olahraga. Dijamin setelah melakukan olahraga untuk meningkatkan konsentrasi, kamu akan lebih fokus dan mudah mengingat materi pelajaran. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Nggak cuma buat meningkatkan konsentrasi, jika dilakukan rutin, olahraga ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang stress lho. Jadi, cocok banget buat kamu yang ingin meningkatkan daya ingat untuk menghafal materi pelajaran. Apalagi buat kamu, para pejuang PTN yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN.

Jenis Olahraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Selain untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, berolahraga juga bisa meningkatkan kemampuan otak, lho. Jika kamu rutin berolahraga, siklus darah menuju otak akan lebih lancar, sehingga otak dapat membentuk sel-sel baru untuk meningkatkan memori. Maka dari itu, setelah membaca artikel ini, sangat disarankan jika kamu berolahraga secara teratur, ya. 

Kamu bisa berolahraga minimal satu minggu sekali, Pahamifren. Agar hasilnya lebih optimal, kamu bisa melakukan olahraga di pagi hari. Udara pagi yang bersih membuat tubuh lebih segar. Nah, berikut ini adalah olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Gerakan Dasar 

Berlari, melompat dan melempar adalah gerakan yang sering dilakukan dalam dasar olahraga. Walau terlihat mudah, jika kamu melakukan gerakan olahraga dasar secara rutin, misalnya 2 kali seminggu di pagi hari selama 15-20 menit, selain mendapatkan stamina yang baik, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan otak.  

Berenang 

Siapa nih yang suka berenang? Selain menyenangkan, berenang juga termasuk sebagai jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi, lho. Saat kamu berenang, tubuh akan lebih banyak menyerap oksigen untuk kemudian disimpan dan dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian otak. 

Oksigen yang dialirkan ke otak berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak di bagian Hipokampus, yaitu bagian otak yang bertugas mengelola kegiatan memori. Sehingga daya ingatmu akan meningkat drastis dan lebih mudah fokus saat menerima materi pelajaran.

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang bisa kamu lakukan sebagai cara meningkatkan konsentrasi.

Sebagian besar dari Pahamifren tentu senang bersepeda, kan? Bersepeda dapat menjadi olahraga penghilang stress, lho. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman, bersepeda keliling kota jadi makin seru. Ketika bersepeda, tubuh akan memproduksi hormon dopamin dan endorfin.

Kamu tentu tahu kan apa fungsi hormon tersebut? Ya, betul sekali, kedua hormon itu dapat meningkatkan rasa bahagia yang dapat mengurangi stress, depresi dan kecemasan. Nah, saat pikiran kamu tenang, maka konsentrasi dan daya ingat kamu pun dapat meningkatkan secara drastis. 

Yoga

Yoga menjadi aktivitas olahraga yang populer belakangan ini. Yoga dapat menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari yoga, lho. Selain dapat meningkatkan konsentrasi, gerakan-gerakan yoga dapat membuat tubuh lebih bugar. Jika dilakukan secara rutin, gerakan yoga dapat meningkatkan energi pada sistem saraf yang dapat  membantu  menenangkan pikiran sekaligus dapat meningkatkan fokus.

Bermain Game 

Siapa bilang bermain game tidak bermanfaat? Jika dilakukan secara tepat, bermain game ternyata dapat mengasah kecepatan berpikir dan meningkatkan kemampuan memahami materi pelajaran, lho. Selain menyenangkan, game juga dapat menjadi olahraga yang meningkatkan konsentrasi.

Saat bermain game, kamu akan merasakan kesenangan sekaligus tertantang untuk menyelesaikan berbagai misi yang disajikan. Selama bermain, banyak hormon yang terlepas, seperti endorphin, dopamin bahkan adrenaline. Hal ini membuat otak bekerja lebih keras dan terbiasa menerima perintah yang lebih sulit. Sehingga, kemampuan otak pun akan meningkat.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Itulah mengapa saat ini banyak metode belajar yang disajikan menggunakan konsep bermain game. Kamu tentu sudah pernah mendengar istilah gamifikasi, kan? Konsep gamifikasi dalam belajar ternyata dapat meningkatkan minat dan keingintahuan pada materi pelajaran, lho. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencoba konsep ini di aplikasi bimbel online Pahamify. 

Mengoptimalkan Fokus dan Konsentrasi

Nah, setelah melakukan berbagai olahraga untuk meningkatkan konsentrasi, ada baiknya jika kamu menjaga kemampuan yang sudah kamu dapatkan dari olahraga tersebut. Karena, jika tidak dijaga secara baik, maka ada kemungkinan jika konsentrasi yang kamu dapatkan menurun. Maka dari itu, agar konsentrasi dan fokus lebih optimal, kamu bisa menerapkan kegiatan ini:

Tidur yang Cukup

Mulai sekarang, kamu harus menghindari begadang atau tidur larut malam, ya, Pahamifren. Jika selama ini kamu memiliki masalah dengan konsentrasi dalam mengerjakan setiap tugas pelajaran, bisa jadi karena kamu mengalami kualitas tidur yang buruk. Maka dari itu, pastikan tidur secara teratur dan memenuhi standar kesehatan 8 jam sehari.

Perbaiki Pola Makan 

Nutrisi yang baik adalah nutrisi yang seimbang dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan otak. Untuk itu, kamu harus merancang pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Menurut para ahli, pola makan yang disarankan agar otak sehat dan dapat berfungsi dengan optimal adalah melakukan diet gaya Mediterania. Caranya, kamu bisa memperbanyak konsumsi biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan lemak sehat lain seperti alpukat dan omega 3.

Mengelola Depresi dan Kecemasan

Bagaiamana cara meningkatkan konsentrasi dengan olahraga?

Depresi atau cemas yang berlebihan dapat membuat kondisi mental tidak stabil, hal ini bisa menjadi penyebab menurunnya daya ingat dan konsentrasi belajar. Karena pada kondisi tersebut  kamu  akan sulit berkonsentrasi saat mengikuti proses belajar. Jika kamu merasa cemas, jangan sungkan untuk mengatakannya kepada teman, keluarga atau orang yang bisa kamu percaya. 

Jangan ragu untuk menghubungi guru, atau berkonsultasi kepada pembimbing di sekolah. Jika depresi dan kecemasan semakin mengganggu, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter atau psikolog. Jika kamu mengalami burn out ketika mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara mengatasi burn out saat belajar ini.

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang bisa kamu lakukan. Semoga bisa menjadi referensi belajar yang lebih efektif, ya, Pahamifren. Selamat mencoba!

Penulis: Alya Rizkia Zahra 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll