Pahamifren, nggak terasa pelaksanaan UTBK sudah semakin dekat, ya! Kamu yang ngambis masuk PTN impian lewat jalur SBMPTN, pasti sudah siap menghadapi UTBK 2021 dong. Tidak seperti UTBK tahun 2020, nantinya UTBK 2021 terdiri dari dua jenis tes yang harus kamu ikuti, yaitu ada TPS dan TKA. Kira-kira, bagaimana persebaran materi UTBK 2021 nanti, ya?

Biar kamu lebih siap menghadapi UTBK SBMPTN 2021, kali ini Mipi mau membahas persebaran materi UTBK dari tahun ke tahun. Persebaran materi ini merupakan materi yang sering keluar dalam UTBK.

Kamu bisa menjadikan persebaran materi UTBK ini sebagai acuan untuk menentukan materi apa saja yang paling penting untuk kamu kuasai. Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk langsung cek pembahasannya berikut ini!

Persebaran Materi UTBK TPS

Soal TPS UTBK dibuat untuk mengukur kemampuan kognitif kamu dalam menalar dan memahami suatu hal. Materi soalnya akan dibagi menjadi empat subtes, yaitu Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Setiap materi subtes tersebut punya tujuan pengukurannya masing-masing, Misalnya, materi Pengetahuan Kuantitatif mengukur pemahaman konsep Logika Matematika, Pemahaman Bacaan dan Menulis mengukur kemampuan berbahasa Indonesia, dan sebagainya. Adapun persebaran materi TPS pada tiap subtes, berdasarkan rata-rata kemunculan jumlah soal SBMPTN dari tahun 2013 sampai 2019 adalah sebagai berikut:

Penalaran Umum (PU)

Pada subtes TPS Penalaran Umum, materi yang sering muncul dalam UTBK yaitu simpulan paragraf, dengan total kemunculan 6 soal hampir setiap tahunnya. Kemudian, ada materi pemahaman visual dengan jumlah 4 soal. Materi pernyataan benar atau salah dari sebuah paragraf berjumlah 3 soal, serta penalaran logis berjumlah 2 soal.

Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Beberapa materi PBM yang memiliki rata-rata kemunculan dengan jumlah 1 soal, antara lain simpulan, penulisan kata/frasa, imbuhan, penulisan judul, kelogisan kalimat, penggabungan kalimat, kalimat yang tidak diperlukan, dan gagasan pokok.

Materi seperti kalimat efektif, konjungsi, dan kelogisan kata rata-rata berjumlah 2 soal. Di sisi lain, materi kemungkinan kalimat menjadi materi PBM yang paling banyak muncul dengan jumlah 3 soal.

Pengetahuan Kuantitatif (PK)

Materi Pengetahuan Kuantitatif yang sering keluar yaitu peluang, kaidah pencacahan, himpunan, persamaan garis, pola bilangan, persamaan kuadrat, dan fungsi. Rata-rata kemunculan materi tersebut yaitu 1 soal. Untuk materi statistika, operasi bilangan, aritmetika, aljabar, serta garis dan sudut, rata-rata berjumlah 2 soal. Sementara materi bangun datar berjumlah 3 soal.

Mengetahui persebaran materi TPS dan TKA UTBK bisa membantumu membuat strategi manajemen waktu persiapan UTBK jauh lebih efektif.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Persebaran materi UTBK TPS PPU rata-rata berjumlah 1 soal pada tiap materinya. Cakupan materi PPU yang sering keluar, antara lain makna kata/frasa, kata rujukan, hubungan antarparagraf, sikap penulis, kalimat bermakna sama, bagian rumpang, dan antonim. Selain itu, pertanyaan terkait topik yang dibahas, fungsi paragraf, serta persamaan masalah juga sering keluar dalam tes UTBK tahun-tahun sebelumnya.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Matematika Saintek 2021 dan Pembahasannya

Bahasa Inggris

Sebagian soal dalam TPS UTBK akan disajikan dalam bahasa Inggris. Materi yang diujikan pun termasuk dalam materi pelajaran Bahasa Inggris. Cakupan materi Bahasa Inggris yang sering keluar pada UTBK SBMPTN meliputi main idea and topic, word replacement, purpose of the text, author’s attitude and writing organisation, dan finding detailed information. Jumlah kemunculan soal pada setiap tahunnya rata-rata 1 sampai 2 soal per materi.

Persebaran Materi UTBK TKA

Berbeda dengan persebaran materi TPS yang datanya diambil dari tahun 2013 sampai 2019, data persebaran materi TKA UTBK ini berdasarkan total kemunculan soal dari tahun 2013 sampai 2018 saja, karena pada UTBK tahun 2020 tidak ada TKA.

TKA Saintek

Materi TKA Saintek terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Berikut persebaran tiap materinya, diurutkan dari kemunculan jumlah soal yang paling banyak:

Biologi

Persebaran materi Biologi diurutkan dari yang paling sering keluar adalah materi struktur dan fungsi tumbuhan, struktur dan fungsi hewan, sel, genetika dan mutasi, ekologi, klasifikasi makhluk hidup, bioteknologi, dan evolusi. Materi seperti hereditas manusia, pertumbuhan dan perkembangan, serta keanekaragaman makhluk hidup menjadi materi yang paling sedikit muncul di tes UTBK tahun-tahun sebelumnya.

Kimia

Cakupan materi Kimia dengan jumlah kemunculan soal SBMPTN paling banyak, yaitu stoikiometri, larutan, struktur atom, dan kimia organik. Sementara materi dengan jumlah soal sedang, antara lain elektrokimia, ikatan kimia, termokimia, dan kesetimbangan kimia.

Materi seperti struktur laju reaksi, hidrokarbon dan minyak bumi, radioaktif, serta kimia lingkungan menjadi materi dengan jumlah soal paling sedikit, sekitar 1-2 soal saja.

Fisika

Dibandingkan materi UTBK Saintek lainnya, Fisika memiliki cakupan materi yang cukup banyak pada soal TKA Saintek. Materi Fisika dari jumlah soal yang paling banyak, meliputi gerak lurus, elektromagnetik, usaha dan energi, listrik dinamis, dinamika paralel, gelombang bunyi, fluida, termodinamika, gerak harmonik, gelombang mekanik, suhu dan kalor.

Pahami dan  Paket SKS Booster 2: Sistem Kebut Sebulan Paham UTBK

Dalam jumlah soal kategori sedang, materinya berupa optika geometri, elastisitas, listrik statis, fisika kuantum, optika fisis, listrik bolak-balik, impuls dan momentum.

Untuk materi Fisika dengan jumlah soal paling sedikit atau bahkan tidak muncul sama sekali dalam soal TKA Saintek, yaitu hukum Newton dan gravitasi, dinamika rotasi, kinematika, gerak melingkar beraturan, serta besaran, satuan, dan vektor.

Matematika

Persebaran materi UTBK Matematika Saintek yang paling banyak muncul adalah persamaan kuadrat, trigonometri, integral, fungsi kuadrat, turunan, peluang. Sementara yang muncul dalam jumlah sedang, antara lain pertidaksamaan, persamaan lingkaran dan garis, limit, baris dan deret, vektor, serta eksponen dan logaritma. Materi seperti irisan kerucut, fungsi rasional, fungsi komposisi dan invers, serta matriks jarang muncul pada soal UTBK dari tahun ke tahun.

TKA Soshum

Tidak seperti UTBK tahun-tahun sebelumnya, materi TKA Matematika Soshum sudah tidak ada pada tes UTBK SBMPTN 2021 mendatang. Jadi, kamu hanya perlu belajar empat mata pelajaran saja, yaitu Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Berikut data persebaran materi UTBK untuk empat mata pelajaran tersebut:

Geografi

Materi dalam pelajaran Geografi yang paling sering muncul dengan jumlah soal SBMPTN terbanyak yaitu materi hidrosfer, litosfer, atmosfer, interaksi desa-kota, pengelolaan sumber daya alam, dan penginderaan jauh.

Beberapa materi Geografi lainnya, seperti antroposfer, biosfer, konsep wilayah dan tata ruang, pembangunan berkelanjutan, serta mitigasi bencana alam termasuk dalam materi dengan jumlah soal sedang hingga sedikit. Bahkan, materi pembangunan berkelanjutan hanya muncul pada SBMPTN tahun 2017 dengan jumlah 1 soal.

Sejarah

Materi Sejarah yang biasanya diujikan dalam tes UTBK dengan frekuensi soal yang sering, antara lain orde baru dan reformasi, politik etis, pergerakan nasional, kerajaan Hindu-Buddha, sejarah kemerdekaan Indonesia, demokrasi terpimpin dan liberal, dan sejarah dunia. Materi perang dunia I dan II juga beberapa kali muncul dalam SBMPTN tahun 2014 hingga 2017, dengan total kemunculan 1-2 soal.

Persebaran materi TKA Saintek dan Soshum pada UTBK SBMPTN

Ekonomi

Hampir semua materi Ekonomi muncul dalam tes UTBK. Adapun materi yang jumlahnya paling banyak muncul meliputi materi permintaan dan penawaran, ilmu Ekonomi, badan usaha dan ketenagakerjaan, serta siklus akuntansi.

Pahami dan  Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK PPU: 5 Langkah Mudah Mencari Ide Pokok

Materi lainnya seperti bentuk dan jenis pasar, uang, bank, kebijakan moneter, inflasi, perpajakan, APBN dan APBD juga berpotensi diujikan dalam jumlah soal kategori sedikit, paling tidak berjumlah 1-2 soal.

Sosiologi

Materi Sosiologi yang sering muncul dengan persebaran soal yang cukup banyak saat ujian SBMPTN, antara lain kelompok sosial dan masyarakat multikultural, konflik dan integrasi sosial, nilai dan norma sosial, interaksi sosial, perilaku menyimpang dan pengendalian sosial, serta struktur, diferensiasi, dan stratifikasi sosial.

Beberapa materi seperti modernisasi dan globalisasi, mobilitas sosial, hakikat ilmu sosiologi, penelitian sosial, termasuk materi yang kemunculan soalnya sedikit, namun tetap berpotensi keluar dalam UTBK 2021 mendatang.

Gimana, Pahamifren? Sekarang kamu sudah mengetahui persebaran materi UTBK yang sering keluar, kan? Pastikan kamu mempelajari semua materi tersebut ya, biar penguasaan materi UTBK 2021 kamu semakin optimal.

Selain belajar materi, kamu juga perlu memperbanyak latihan soal UTBK untuk mengukur kemampuan pemahaman materi kamu. Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out UTBK Pahamify. Tersedia ratusan latihan soal UTBK ter-update yang dilengkapi dengan video pembahasan menarik.

Biar lebih siap #TaklukkanUTBK, kamu juga bisa mengikuti Kelas Online Gratis dan tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify. Bersama Pahamify, kamu bisa mengoptimalkan persiapan menghadapi UTBK SBMPTN, lho.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang! Gunakan semua fitur dan layanannya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version