Tahun 2020 memang penuh kejutan. Setelah dibuka dengan bencana banjir di Ibukota Indonesia dan meluasnya kebakaran hutan di Australia, muncullah virus bernama COVID-19. Virus yang diduga berasal dari Pasar Huanan di kota Wuhan, Cina, ini telah menjangkiti banyak negara. Mulai dari negara sesama Asia seperti Korea, Jepang dan Iran, hingga lintas benua ke Eropa (Italia), Amerika dan Australia, hingga akhirnya virus ini “hadir” di Indonesia.

Banyak perubahan yang terjadi karena wabah ini. Mulai dari tertundanya semua kegiatan internasional di seluruh dunia, hingga terhambatnya kegiatan perkantoran dikarenakan semua orang harus diam di rumah agar tidak tertular ataupun menularkan virus.

Di Indonesia saja, hingga tanggal 6 April 2020, terhitung sudah ada 2.491 orang yang positif terinfeksi virus COVID-19.

Tak pelak, Sistem Pendidikan di Indonesia pun mengalami banyak perubahan. Mulai dari ketiadaan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, penghapusan UNBK dan yang paling baru adalah perubahan aturan dan jadwal UTBK dan SBMPTN 2020.

Melalui laman resminya, LTMPT menulis Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 dimana UTBK dan SBMPTN tetap akan dilaksanakan dengan berbagai perubahan. Diantaranya adalah.

  1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).
  2. Setiap peserta cuma diizinkan mengambil 1 (satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilakukan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan dan peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK saat memilih PTN dan Program Studi tujuan.

Dalam surat edaran itu, ada pula Jadwal Kegiatan UTBK SBMPTN 2020.

  1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 02 – 20 Juni 2020
  2. Pelaksanaan UTBK: 05- 12 Juli 2020
  3. Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Perubahan sangat kentara terlihat di materi yang diujikan. Jika sebelumnya materi yang diujikan adalah Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS), pada UTBK 2020 hanya akan dilakukan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja.

Gimana nih? Apa kamu merasa dirugikan atau diuntungkan dengan perubahan jadwal ini? Gak perlu khawatir karena Pahamify akan terus mendampingi proses belajar kamu, apapun perubahannya. Buruan unduh aplikasinya disini karena kita bakalan #BelajarSeruDirumah dengan ngadain kelas online setiap harinya mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog