Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, apakah Universitas Padjadjaran termasuk dalam salah satu kampus impianmu? Manfaatkan semua jalur seleksinya agar peluang menjadi mahasiswa Unpad semakin besar. Selain jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN, Universitas Padjadjaran juga menerima calon mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri. Yuk, ketahui informasi lengkap Seleksi Mandiri Unpad 2021 untuk program Sarjana berikut ini!

Seleksi Mandiri Unpad Program Sarjana

Setiap tahunnya, kampus yang terletak di Bandung dan Jatinangor ini membuka seleksi penerimaan baru melalui program SMUP Unpad atau Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran. Satu di antara program SMUP Unpad ini adalah Seleksi Mandiri Program Sarjana. Untuk mengikuti Jalur Mandiri ini, peserta wajib berasal dari Warga Negara Indonesia (WNI) dan termasuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2019, 2020, atau 2021.

Ketentuan Pelaksanaan Jalur Mandiri Unpad

Adapun ketentuan pelaksanaan Jalur Mandiri Unpad 2021 adalah sebagai berikut:

  • Peserta memilih maksimal 2 pilihan program studi yang tersedia (Saintek dan Soshum).
  • Peserta memilih satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi.
  • Ujian SMUP Unpad dilaksanakan secara online dan dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta pada tanggal 26 Juni 2021.

Skema Pendaftaran Mandiri Unpad

Terdapat dua skema pendaftaran Mandiri Unpad untuk program Sarjana, di antaranya:

Skema 1: Peserta menggunakan nilai UTBK 2021.

Skema 2: Peserta menggunakan nilai ujian SMUP Unpad.

Skema Seleksi Mandiri Unpad 2021 (SMUP Unpad)

Jadwal Kegiatan Jalur Mandiri Unpad 2021

Pembukaan Jalur Mandiri Unpad 2021 sudah diumumkan sejak 15 Maret 2021. Untuk mengetahui jadwal kegiatan Mandiri Unpad secara lengkap, kamu bisa cek informasinya di bawah ini.

  • Pendaftaran dan pembayaran biaya seleksi: 5 Mei – 8 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB
  • Masa isi data dan unggah dokumen: 5 Mei – 8 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB
  • Simulasi ujian (jadwal disampaikan via SMS): 24 Juni 2021
  • Pelaksanaan ujian: 26 Juni 2021
  • Pengumuman hasil seleksi: 2 Juli 2021

Tata Cara Pendaftaran

Ada beberapa prosedur pendaftaran yang perlu kamu cermati sebelum mendaftar Seleksi Mandiri Unpad 2021. Berikut rinciannya:

  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus pada tiap program studi yang dituju.
  2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login. Data yang diisi berupa nama lengkap, NIK, e-mail, nomor HP, password login, dan data kewarganegaraan.
  3. Mengunggah dokumen asli seperti ijazah, kartu peserta UTBK 2021 (bagi yang memilih skema 1), mengisi nomor peserta UTBK 2021, pasfoto berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm, KTP, dan KK.
  4. Membayar biaya pendaftaran ke bank yang ditunjuk Unpad, dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh saat pendaftaran online.
  5. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran. Kartu peserta bisa diperoleh di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Biaya Pendaftaran

Peserta yang memilih skema 1 wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000. Bagi peserta yang memilih skema 2 dalam Seleksi Mandiri Unpad 2021 wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000. Uang pendaftaran yang telah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali.

Pelaksanaan Ujian SMUP

Bagi peserta yang memilih skema 2 wajib mengikuti ujian SMUP yang telah ditetapkan Universitas Padjadjaran. Pelaksanaan ujian ini dilakukan secara online menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk mengikuti ujian SMUP, peserta harus menggunakan perangkat keras berupa laptop dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:

  • Jenis perangkat: Laptop
  • Sistem Operasi: Windows 7, 8, 10
  • CPU: Intel i3 atau di atasnya
  • RAM: 4 GB
  • WebCam: Ada dan berfungsi baik
  • Penyimpanan bebas (Free Disk Space): >1 GB
  • Internet: 1 Mbps dengan kuota internet 2 GB

Selain perangkat keras, peserta juga diwajibkan menginstal beberapa perangkat lunak seperti aplikasi ujian SMUP, aplikasi Safe Exam Browser, aplikasi Ujian Unpad, dan panduan ujian online peserta SMUP. Kamu bisa mengunjungi laman resmi SMUP Unpad dan pilih menu Pelaksanaan Tes untuk mendapatkan link setiap aplikasinya.

Biaya Pendidikan Jalur Mandiri Unpad

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN yang hanya menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) saja, biaya pendidikan Jalur Mandiri Unpad menggunakan biaya UKT ditambah dengan Dana Pengembangan. Besaran UKT dan Dana Pengembangan Jalur Mandiri Unpad disesuaikan pada masing-masing program studi. Untuk mengetahui biaya UKT dan Dana Pengembangan pada jurusan yang kamu pilih, kamu bisa mengunjungi laman resmi SMUP Unpad.

Sebagai gambaran, UKT untuk Jalur Mandiri Unpad paling sedikit mulai dari Rp5.000.000 per semester sampai dengan paling mahal sebesar Rp30.000.000 per semester. Biaya UKT paling mahal ada pada jurusan Farmasi program International Student. Sementara Dana Pengembangan untuk Jalur Mandiri Unpad paling sedikit mulai dari Rp15.000.000 sampai dengan paling tinggi sebesar Rp250.000.000. Jurusan dengan Dana Pengembangan paling tinggi adalah jurusan Kedokteran.

Nah, itu dia informasi seputar Seleksi Mandiri Unpad Program Sarjana tahun 2021. Sebagai tambahan informasi, SMUP Unpad juga menerima peserta KIP Kuliah, ya. Bagi kamu yang tertarik mengikuti Seleksi Mandiri Unpad 2021, yuk, persiapkan diri secara maksimal agar bisa mendapatkan nilai ujian yang tinggi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify di link ini dan manfaatkan fitur Try Out Online sebagai persiapan Ujian Mandiri. Ada ratusan latihan soal yang bisa kamu coba lengkap dengan video pembahasan menarik. 

Jangan lupa berlangganan paket Pahamify supaya bisa menguasai materi dengan baik. Cek penawaran spesial Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll