Pahamifren, siapa nih yang menunggu pendaftaran Mandiri Unsoed 2021? Selain jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN, kamu bisa memaksimalkan peluang untuk bisa kuliah di Universitas Jenderal Soedirman melalui jalur Mandiri. Pada tahun 2021, kampus yang terletak di Purwokerto ini membagi jalur Ujian Mandiri (UM) menjadi dua jenis, yaitu menggunakan nilai UTBK dan non-UTBK. Yuk, ketahui secara lengkap setiap jalur UM Unsoed agar proses pendaftaran kamu berjalan lancar!

Jalur Seleksi Mandiri Unsoed 2021

Seleksi Mandiri merupakan salah satu jalur masuk Unsoed untuk calon mahasiswa yang ingin berkuliah di PTN ini. Jalur Mandiri di Universitas Jenderal Soedirman sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2019. Pada pelaksanaan SPMB Mandiri tahun ini, PTN ini membuka dua jalur masuk, antara lain:

SPMB Mandiri UTBK

Penerimaan jalur ini dilakukan menggunakan nilai UTBK tahun 2021. Selain itu, Unsoed juga mensyaratkan nilai rapor dan prestasi siswa sebagai kriteria penilaian. SPMB Mandiri UTBK diberikan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Reguler dan Kelas Internasional) dan Program Diploma.

SPMB Mandiri Non-UTBK

Pelaksanaan jalur SPMB Mandiri Non-UTBK dilakukan melalui nilai rapor dan prestasi siswa. Jalur Mandiri ini diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Internasional) dan Program Diploma.

Buat kamu yang tertarik mendaftar UM Unsoed, kamu diperbolehkan mengikuti 2 jalur seleksi sekaligus yakni SPMB Mandiri UTBK maupun SPMB Mandiri non-UTBK. Caranya, dengan melakukan pendaftaran pada masing-masing jalur sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal yang perlu kamu tahu, Unsoed mempertimbangkan prestasi akademik dan nonakademik (olahraga, seni, hingga keagamaan) sebagai bagian dari proses seleksi. Adapun prestasi yang diperhitungkan umumnya dari kegiatan perlombaan tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional. Jadi, persiapkan prestasi terbaikmu agar peluang lolos semakin besar.

Persyaratan Peserta

Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi peserta untuk mendaftar SPMB Mandiri Unsoed 2021:

SPMB Mandiri UTBK

  • Memiliki nilai UTBK tahun 2021 yang dikeluarkan oleh LTMPT.
  • Menyertakan nilai rapor SMA/SMK/MA/sederajat semester 1 sampai 6.
  • Calon peserta yang memiliki prestasi akademik maupun nonakademik diminta mengunggah dokumen bukti prestasi. Prestasi yang diperhitungkan adalah kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional.
  • Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru. Iuran ini sebagai sumbangan peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan di Universitas Jenderal Soedirman.

SPMB Mandiri Non-UTBK

  • Peserta merupakan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019 untuk Program Sarjana Kelas Internasional.
  • Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2021, 2020, 2019, 2018, dan 2017 untuk Program Diploma Tiga (D3).
  • Memiliki nilai rapor SMA/SMK/MA/sederajat semester 1 sampai 6.
  • Calon peserta yang memiliki prestasi akademik maupun nonakademik diminta mengunggah dokumen bukti prestasi. Prestasi yang diperhitungkan adalah kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional.
  • Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru. Iuran ini sebagai sumbangan peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan di Universitas Jenderal Soedirman.

Ketentuan Pilihan Program Studi

Secara umum, kamu hanya bisa memilih paling banyak 4 program studi pada jalur Mandiri Unsoed 2021. Adapun ketentuan pada tiap jalur seleksinya, yaitu:

SPMB Mandiri UTBK

  • Memilih paling banyak 4 program studi, yaitu 2 Program Sarjana (Kelas Reguler dan/atau Kelas Internasional) dan 2 Program Diploma.
  • Peserta hanya bisa memilih kelompok program studi sesuai nilai UTBK yang dimiliki. Contoh, nilai UTBK Saintek hanya bisa memilih program studi Saintek dan sebaliknya.
  • Program Studi Saintek dan Soshum bisa dipilih sekaligus bagi peserta pemilik nilai UTBK Campuran.
  • Urutan pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

SPMB Mandiri Non-UTBK

  • Terdapat 3 kelompok ujian, antara lain Saintek, Soshum, dan Campuran.
  • Memilih sebanyak-banyaknya 4 program studi, yaitu 2 Program Sarjana (Kelas Internasional) dan 2 Program Diploma.
  • Urutan pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Hingga saat ini, ada 24 program studi Saintek dan 15 program studi Soshum yang bisa kamu pilih pada Program Sarjana Kelas Reguler. Sementara itu, ada 2 program studi Saintek (Bidan dan Keperawatan) dan 4 program studi Soshum (Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, dan Hukum) pada Program Sarjana Kelas Internasional.

Untuk Program Diploma/Vokasi, ada 4 pilihan program studi Saintek (Agribisnis, Perencanaan Sumber Daya Lahan, Pengelolaan Sumberdaya Perikanan/Biologi, dan Budi Daya Ternak) dan 6 program studi Soshum (Akuntansi, Bisnis Internasional, Administrasi Keuangan, Administrasi Perkantoran, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin).

Jadwal Kegiatan Jalur Mandiri Unsoed 2021

Bekal informasi kamu belum cukup kalau belum mengetahui jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri Unsoed pada tiap jalurnya. Berikut adalah jadwal kegiatan Mandiri Unsoed 2021 yang wajib kamu ketahui:

SPMB Mandiri UTBK

Pendaftaran: 31 Mei – 18 Juni 2021.

Pengumuman: 28 Juni 2021.

Registrasi ulang: 5 – 9 Juli 2021.

SPMB Mandiri Non-UTBK

Pendaftaran: 31 Mei – 2 Juli 2021.

Pengumuman: 8 Juli 2021.

Registrasi ulang: 12 – 15 Juli 2021.

Alur Pendaftaran Mandiri Unsoed 2021

Untuk mengikuti pendaftaran SPMB Unsoed 2021, kamu harus mengikuti langkah-langkah di bawah ya, Pahamifren. Adapun alur pendaftaran ini berasal dari laman resmi SPMB Universitas Jenderal Soedirman.

Pra-Pendaftaran

  1. Peserta mengisi biodata dan membuat akun (username dan password) di laman pendaftaran SPMB Unsoed yang disediakan.
  2. Cetak tiket pembayaran dan lakukan pembayaran biaya pendaftaran ke bank yang dipilih Unsoed.

Pendaftaran

  1. Login ke akun yang sudah dibuat.
  2. Lakukan update pada biodata peserta.
  3. Pilih program studi sesuai ketentuan. Lalu, pilih besaran Iuran Pengembangan Institusi.
  4. Unggah dokumen sesuai syarat, seperti bukti prestasi, nilai rapor, foto, dokumen kesanggupan Iuran Pengembangan Institusi, foto terbaru, dan TOEFL.
  5. Cek data yang sudah diisi dan lakukan finalisasi apabila data tersebut sudah benar.
  6. Cetak Kartu Ujian SPMB Mandiri Unsoed.
  7. Logout akun setelah melewati semua proses.

Biaya Pendaftaran

Biaya SPMB Unsoed, baik yang menggunakan nilai UTBK maupun non-UTBK yaitu sebesar Rp300.000 untuk kelompok Saintek/Soshum dan Rp350.000 untuk kelompok Campuran. Besaran biaya pendaftaran tersebut dapat dibayarkan melalui salah satu bank yang dipilih oleh Unsoed, yaitu Bank Jateng, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Seluruh biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Biaya Pendidikan Mandiri Unsoed

Sementara itu, biaya pendidikan Mandiri Unsoed mencakup Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan per semester dan Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi. Besaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi ditetapkan sesuai program studi.

Iuran Pengembangan Institusi juga ditentukan berdasarkan prinsip kewajaran, proporsional, dan berkeadilan dengan memperhatikan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membayarinya. Kamu bisa mengetahui besaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi pada program yang kamu tuju di link ini.

Nah, itulah informasi lengkap seputar Seleksi Mandiri Unsoed 2021. Ayo pejuang ambis Unsoed, persiapkan dirimu dari sekarang! Kamu bisa mempersiapkan diri untuk mendapatkan nilai rapor yang bagus dan skor UTBK yang tinggi lewat aplikasi belajar online Pahamify. Dilengkapi berbagai fitur keren, seperti Try Out Premium, kelas online, materi belajar berkonsep gamifikasi, bank soal, hingga persiapan PAS, proses belajarmu dijamin lebih seru dan enggak membosankan.

Buruan download aplikasi Pahamify sekarang di sini dan gunakan semua fitur kerennya untuk raih kampus impian. Jangan lupa cek penawaran spesial dari Pahamify di https://pahamify.com/promo/, ya.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version