Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Siapa sih yang gak kenal Universitas Indonesia alias UI? Kamu pasti salah satu yang ingin kuliah di sana dong. Untuk kuliah di UI, kamu wajib tahu jalur penerimaan mahasiswa baru apa saja yang diselenggarakan UI.

Yang pertama adalah Jalur Prestasi Akademik atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ‘jalur undangan’ karena dulu memang Universitas memang mengirimkan undangan ke sekolah-sekolah. Saat ini sudah berubah menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Jika kamu ikut proses yang ini, kamu tidak perlu melakukan tes karena yang akan dicek adalah nilai rapor kamu. Yang kedua adalah Jalur Ujian Tulis, yaitu SBMPTN dan SIMAK UI.

Nah, sekarang kita mau bahas tentang SIMAK UI nih. Sudah sejauh apa sih pengetahuan kamu tentang SIMAK UI?

Simak­-UI adalah singkatan dari ‘Seleksi Masuk UI’, sebuah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi kamu, calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Tidak seperti SBMPTN, SIMAK UI diselenggarakan secara mandiri oleh UI. Yang dimaksud mandiri di sini bukanlah jalur yang penerimaannya jauh lebih mahal. Biaya Pendidikan S1 Reguler melalui SIMAK UI = biaya Pendidikan S1 Reguler melalui SBMPTN = biaya Pendidikan S1 Reguler melalui SNMPTN.

Program Pendidikan apa saja yang dibuka pada SIMAK UI? Kamu bisa pilih salah satu, mulai dari Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3 Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar jalur prestasi atau kamu telah lulus di tahun sebelumnya, jalur ini cocok untuk kamu. Ada pembatasan tahun lulus SMA/sederajat, untuk S1 reguler maksimal 3 tahun  dan S1 Kelas Internasional maksimal 5 tahun.  Untuk Program Vokasi dan S1 Paralel menerima alumni SMA/sederajat tanpa batasan tahun lulus.

Daya tampung setiap Program Pendidikan yang melalui jalur SIMAK gak sama semua loh. S1 Reguler memiliki daya tampung 50%, Vokasi 30%, S1 Paralel 50% dan S1 Kelas Internasional 60%.

Kapan pendaftarannya dibuka?

Untuk program Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel, Pendaftarannya sudah dibuka sejak tanggal 19 Juni – 28 Juli. Tinggal sebentar lagi looh.. Yang belum daftar, yuk buruan daftar.

Persyaratannya apa aja sih?

Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara online ya kawan. Bisa melalui website resminya disini sesuai dengan periode pendaftaran yang sudah dijelaskan di atas. Untuk Program Vokasi, S1 Reguler dan Paralel yang harus kamu siapkan dan lakukan adalah mengunggah foto kamu, mengisi data diri, Pendidikan terakhir, rapor semester awal sampai semester akhir, melakukan pembayaran. Untuk Program Ekstensi/Paralel lulusan D3 hampir sama dengan yang tadi , hanya saja kamu juga perlu mengunggah Salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah di legalisir. Untuk Kelas Internasional, kamu perlu mengunggah sertifikat TOEFL/IELTS kamu.

Kapan ujiannya?

Untuk program Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel, ujiannya akan diselenggarakan pada tanggal 5 Agustus, Sedangkan untuk S1 Kelas Internasional ujiannya akan diselenggarakan pada tanggal 19 Juli.

Untuk pengumumannya, program Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel hasilnya akan diumumin tanggal 22 Agustus, Sedangkan untuk S1 Kelas Internasional pada tanggal 5 Agustus.

Tetap semangat dan jangan lupa berdoa untuk kelancaran kamu dalam mengikuti ujian. Apalagi di masa pandemi ini, ada banyak keterbatasan pemanfaatan fasilitas yang akan mengganggu jalannya ujian.

Untuk teman-teman yang selama ini mendukung Pahamify dengan berlangganan paket belajar Pahamify, kamu masih bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik seperti Fitur Belajar dan Fitur Materi UTBK (yang memuat kisi-kisi ujian).

Kamu yang masih akan menempuh banyak ujian tulis juga masih bisa berlangganan paket belajar Pahamify. Kita punya promo paket berlangganan dengan diskon mencapai 90%. Yuk download aplikasinya sekarang!

Penulis: Mochammad Fauzan Sukma Dicjaya


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog