Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 sudah semakin dekat! Sudah yakin dengan persiapan yang kamu lakukan sejauh ini, Pahamifren? Pastinya sudah dong. Jangan sampai patah semangat dan semakin kencangkan persiapanmu agar lebih siap menghadapi tes UTBK 2021 mendatang. Eits! Persiapan UTBK 2021 bukan hanya dari belajar materi UTBK saja, lho.

Menurut Kak Fikri, dalam cuitan Twitternya pada 4 Maret 2020 lalu, ada 3 aspek penting yang perlu kamu lakukan untuk persiapan UTBK 2021. Aspek tersebut meliputi self-mastery, penguasaan materi, serta persiapan teknis. Kalau kamu mempertimbangkan 3 aspek tersebut, kamu bisa menemukan cara belajar efektif untuk UTBK. Jadi, peluang mendapatkan skor UTBK tertinggi dan lolos SBMPTN 2021 pun semakin besar. Daripada penasaran, langsung saja yuk kita bahas satu per satu aspek persiapan UTBK 2021 tersebut.

Self-Mastery untuk Persiapan UTBK 2021

Kalo Kak Fikri bilang, sebagian besar pejuang UTBK biasanya lebih fokus pada penguasaan materi. Padahal, tanpa disadari permasalahannya justru terletak pada self-mastery, atau cenderung pada cara mengontrol diri.

Siapa nih di antara kamu yang belajarnya harus menunggu mood? Atau, sudah jarang belajar karena kehilangan motivasi? Nah, di sini pentingnya kemampuan self-mastery. Kalo kamu tahu cara mengontrol diri dengan baik, kamu jadi tahu bagaimana kamu mengendalikan mental dan emosi biar tetap konsisten saat belajar, membangun motivasi untuk tetap fokus mencapai target UTBK, dan sebagainya.

Pengendalian mental ini super penting, Pahamifren. Apabila mental kamu tidak kuat, meskipun kamu pintar, bisa-bisa persiapan UTBK 2021 yang kamu lakukan bisa berakhir berantakan. Jadi, penting nih buat kamu bisa merasakan dan memahami diri sendiri, emosi, dan mentalnya sedang dalam kondisi seperti apa.

apa saja persiapan utbk 2021? ternyata bukan hanya materi saja, lho. kamu juga perlu kemampuan self mastery!

Menurut Kak Fikri, kamu harus punya nih skill mengatur self-mastery. Caranya, bisa dengan menemukan supporting system dan mulai meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang cukup bisa membuat kamu memiliki dorongan dan potensi yang maksimal dalam belajar maupun saat mengerjakan tes UTBK mendatang.

Kuncinya, harus percaya diri kalau kamu bisa, supaya pikiran dan emosi enggak gampang naik-turun. Kalau tiba-tiba saat belajar, emosi atau mental kamu naik-turun, kamu enggak boleh panik di tengah-tengah, ya. Harus yakin dan percaya diri biar tetap konsisten dalam belajar dan bisa mencapai target. Selain itu, tetaplah fokus meningkatkan performa belajar.

Penguasaan Materi

Aspek kedua ini berkaitan dengan cara meningkatkan performa belajar untuk persiapan UTBK 2021. Untuk menguasai semua materi UTBK, kamu perlu menemukan cara belajar yang benar. Kalo kata Kak Fikri, ibaratnya kamu punya 10 menit memotong sesuatu, maka gunakan 8 menitnya untuk mengasah pisaumu. Jadi, kamu bisa memotong suatu hal di sisa 2 menit dengan cepat dan tepat.

Sama halnya UTBK, kamu juga perlu menemukan cara belajar yang benar terlebih dahulu. Lalu, mengasah kemampuan kamu menghadapi UTBK. Barulah saat pelaksanaan UTBK nanti kamu bisa menjawab soal dengan performa yang lebih maksimal.

Nah, supaya menemukan cara belajar yang benar ini, kamu perlu mencari cara belajar yang bikin kamu cepat paham, mampu meningkatkan performa belajar, sekaligus proses belajarnya menyenangkan.

Melakukan persiapan sebelum belajar, menjadi satu di antara cara meningkatkan belajar yang efektif untuk persiapan utbk 2021.

Konsep belajar seperti itu bisa kamu temukan di aplikasi Pahamify, lho. Video pembelajaran berkonsep gamifikasi di Pahamify bisa membuat kamu cepat paham dengan materi yang dipelajari. Kemudian, fitur TryOut Pahamify juga didesain khusus untuk bisa meningkatkan performa belajar kamu biar lebih siap menghadapi UTBK SBMPTN.

Misalnya, kamu jadi tahu materi mana yang sudah kamu kuasai dan belum lewat fitur Smart Analysis. Kamu juga bisa menghitung seberapa cepat kamu mengerjakan soal sehingga lebih mudah buat kamu merencanakan jadwal belajar yang tepat. Selain itu, kamu pun bisa mengetahui peringkat kamu dari seluruh peserta try out. Semua fiturnya dijamin lengkap dan berguna banget buat mematangkan persiapan UTBK kamu!

Persiapan Teknis UTBK 2021

Aspek terakhir yang penting kamu persiapkan menjelang pelaksanaan UTBK yaitu persiapan teknis. Kalau materi dan self-mastery sudah kamu kuasai, tiba-tiba ada kendala teknis saat  persiapan UTBK, atau bahkan saat hari H UTBK, kan jadi berabe, Pahamifren. Maka dari itu, lakukan persiapan teknis ini sedini mungkin.

Periksa hal-hal teknis apa saja yang kamu butuhkan untuk persiapan UTBK maupun saat UTBK. Misalnya, laptop dan koneksi internet yang lancar saat persiapan UTBK. Saat tes UTBK, periksa hal-hal yang wajib dibawa, seperti kartu ujian, kartu identitas, ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), alat tulis, dan sebagainya.

gamau kan tes utbk kamu terkendala karena masalah teknis? makanya, lakukan persiapan teknis utbk sedini mungkin

Selain itu, anggaplah kondisi kesehatan fisik kamu juga termasuk persiapan teknis ya, Pahamifren. Pastikan performa tubuh kamu optimal saat ujian berlangsung. Menjelang hari H tes UTBK, sebaiknya kamu tidak terlalu memforsir diri untuk belajar agar kondisi tubuh kamu tetap terjaga. Hindari belajar sistem kebut semalam dan fokus saja pada aspek 1 dan aspek 3 ini.

Nah, itulah ulasan mengenai 3 aspek penting persiapan UTBK 2021. Mudah-mudahan, ulasan di atas bisa menjadi tips menghadapi UTBK yang efektif buat kamu, ya. Sudah siap menerapkan 3 aspek ini, Pahamifren?

Buat kamu yang ingin menerapkan aspek penguasaan materi lewat latihan soal, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update, lengkap beserta pembahasannya.

Kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal sebagai persiapan ringan menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Ada hadiah menarik kalau kamu berhasil melakukan tantangannya, Pahamifren.

Yuk, persiapkan dirimu untuk #TaklukkanUTBK! Download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version