Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Tak terasa tahun ajaran baru sudah dimulai, ya, Pahamifren. Tapi, karena pandemi COVID-19 belum kunjung usai, kalian terpaksa masih harus menjalani kegiatan belajar di rumah saja. Pasti kalian udah mulai jenuh dan kangen banget sama sekolah, ya? Perlu diakui, kegiatan belajar di kelas bersama temen-temen emang jauh lebih menyenangkan dan lebih seru dibandingkan belajar sendirian di rumah. Tapi, ternyata belajar di rumah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan belajar di sekolah, loh. Mau tau apa aja kelebihan belajar di rumah? Yuk, kita bahas bareng-bareng!

Lebih Mudah Memahami Materi Pelajaran

Sekalipun belajar di sekolah bareng temen-temen sekelas menyenangkan, tapi seringkali perhatian kita saat belajar sangat rentan terganggu. Entah itu karena celetukan temen kita saat guru kita sedang menjelaskan materi pelajaran di depan kelas atau karena kita tergoda untuk ngobrol dengan temen sebangku dibandingkan mendengarkan penjelasan guru kita. Bahkan, ada juga di antara kita yang sampai ketiduran di kelas. Nah, gangguan-gangguan seperti ini seringkali membuat kita jadi tidak fokus belajar dan kesulitan memahami materi pelajaran yang sedang dibahas guru kita di kelas.

Sementara kalau kita belajar di rumah, gangguan-gangguan yang biasa terjadi di kelas tersebut dapat terminimalisir. Selain kita bisa lebih fokus mendengarkan penjelasan guru kita, semua materi pelajaran yang sudah dibagikan oleh guru kita secara daring dapat kita simpan dengan rapi di laptop atau HP kita. Dengan demikian, semua file materi pelajaran tersebut dapat kita buka dan pelajari kapan saja kita mau, seandainya kita lupa atau kurang memahami materi pelajaran tertentu. Hasilnya, kita jadi lebih mudah memahami semua materi pelajaran yang sudah dibagikan oleh guru kita.

Bebas Menentukan Situasi Belajar

Berbeda dengan belajar di kelas, saat kita belajar di rumah, kita bisa menentukan situasi belajar yang nyaman dan cocok untuk diri kita sendiri. Kalau kamu tipe yang senang belajar sambil mendengarkan musik untuk meningkatkan mood belajar kamu, kamu bisa banget melakukan hal ini saat belajar di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mengubah lingkungan belajar kamu di rumah. Misalnya, saat kamu butuh konsentrasi lebih, kamu bisa belajar di kamar kamu dengan menciptakan suasana yang tenang. 

Tapi kalau kamu merasa jenuh belajar di dalam ruangan, kamu bisa mencoba belajar di teras rumah kamu. Selain kamu bisa menghirup udara pagi yang segar dan melihat langit pagi yang cerah, kamu juga bisa sambil menikmati suasana halaman rumah kamu—apalagi kalau di halaman rumah kamu ditanami berbagai tanaman hias. Jadi kalau mata kamu lelah menatap layar laptop atau HP kamu, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menikmati suasana teras dan halaman rumah kamu. Dengan demikian, kegiatan belajar kamu bisa jadi lebih menyenangkan dan kamu jadi lebih semangat, deh, belajarnya.

Melatih Rasa Percaya Diri

Saat kita belajar di kelas dan kita merasa masih belum memahami materi pelajaran yang sedang diterangkan oleh guru kita, seringkali kita malu untuk bertanya atau berkonsultasi pada guru kita. Nah, dengan belajar melalui sistem belajar daring di rumah, kita bisa melatih rasa percaya diri kita, Pahamifren! Kalau kamu masih malu untuk bertanya pada guru kamu melalui fitur konferensi video, kamu bisa melakukannya melalui fitur pesan teks di aplikasi yang digunakan saat proses belajar berlangsung. Selain kamu bisa melatih kepercayaan diri kamu dengan bertanya melalui fitur pesan teks, kamu juga sebenarnya sedang latihan untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan kamu dalam kalimat-kalimat yang terstruktur rapi dan efisien.

Nah, kalau kamu udah terbiasa bertanya dengan fitur pesan, baru deh, kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu dengan bertanya langsung melalui fitur konferensi video. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Kamu jadi bisa melatih kepercayaan diri kamu dalam menulis, sekaligus dalam berbicara di depan guru dan temen-temen kamu. Menguntungkan banget, bukan?

Melatih Kedisiplinan Diri

Belajar di rumah emang enak, ya. Selain kita bisa bangun lebih siang dari biasanya karena tidak perlu repot-repot berangkat ke sekolah, kita juga bisa mengatur waktu belajar kita sendiri karena tidak diawasi langsung oleh guru kita. Tapi, jangan sampai semua kebiasaan baru yang menyenangkan ini membuat kita terlena dan jadi pemalas, ya. Dengan belajar di rumah, justru kita harus bisa melatih kedisiplinan diri kita. Kita harus bisa menentukan dan memisahkan waktu belajar kita dengan waktu bermain dan bersantai kita. Jangan sampai pas saatnya kita belajar dan mengerjakan tugas dari guru kita, kita malah tidak fokus belajar atau malas mengerjakan tugas karena asyik main game, atau berkirim pesan teks dengan teman kita, atau mendengarkan musik, atau menonton video di Youtube atau aplikasi penyedia film streaming. Jangan.

Bisa Beradaptasi dengan Teknologi

Nah, kalau yang satu ini, emang paling berasa banget saat kita mesti belajar dari rumah, ya, Pahamifren. Coba kalau pandemi COVID-19 tidak ada, mungkin kita tidak akan pernah mencoba dan mengenal berbagai aplikasi yang bisa digunakan saat proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Kita juga jadi lebih aktif menggunakan teknologi internet untuk mencari bahan referensi materi pelajaran dan tugas dari guru kita—baik itu yang berbentuk teks atau video. Selain kita bisa beradaptasi dengan teknologi yang ada, kita juga jadi mendorong perkembangan teknologi yang kita gunakan semakin pesat. Para penyedia aplikasi belajar secara daring juga jadi berupaya terus mengembangkan teknologi mereka, agar kita semua dapat melakukan proses belajar mengajar dengan lebih nyaman dan efisien. 

Nah, itulah beberapa keuntungan dari belajar di rumah, yang tidak bisa kamu dapatkan selama belajar di sekolah. Tahan dulu kangen belajar di sekolahnya, karena pada saat pandemi usai, kamu bisa kembali melakukan semua aktivitas bersekolah yang bisa kamu lakukan sebelumnya, kok. Untuk sementara waktu, nikmati dulu dan manfaatkan semaksimal mungkin berbagai keuntungan belajar di rumah, ya. Apalagi tidak semua siswa mendapatkan privilese seperti kalian yang bisa belajar daring di rumah karena kendala tidak memiliki laptop atau HP dan tidak memiliki kuota yang memadai. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi semakin semangat belajar di rumah, ya!

Biar kamu makin semangat belajar di rumah, Pahamify punya paket belajar dengan promo diskon hingga 90%. Dengan langganan paket belajar Pahamify ini, kamu bisa mengakses berbagai fitur, seperti video pembelajaran, rangkuman, flashcard, quiz, kisi-kisi materi ulangan, video tips belajar sampai info mengenai kampus impian kamu. Ayo #TeruskanSemangatBelajarmu di rumah aja bersama Pahamify. Soalnya promo ini berlaku sampai 31 Juli 2020, loh. Jadi, buruan unduh aplikasi Pahamify sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog