Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, kamu tentu setuju jika semua sistem yang ada di tubuh kita memiliki fungsi pentingnya masing-masing. Nah, pada materi Biologi Kelas 11 kali ini, Mipi mau mengajak kamu untuk membahas lebih jauh tentang fungsi sistem reproduksi pada manusia. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi

Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita bahas dulu tentang apa yang dimaksud sistem reproduksi. Seperti sistem lainya, sistem reproduksi pada manusia terdiri dari rangkaian organ dan zat. Organ dan zat pada sistem ini saling berinteraksi untuk mendukung proses berkembang biak. 

Jadi, sesuai namanya, fungsi sistem reproduksi pada manusia berperan penting dalam kelangsungan hidup dan regenerasi umat manusia lho, Pahamifren. Proses reproduksi diawali dari proses seksual, yaitu ketika sel sperma bertemu dengan sel telur melalui hubungan seksual. 

Selama proses seksual, organ reproduksi menghasilkan kelenjar dan hormon yang bekerja secara spesifik sesuai fungsinya. Misalnya, sistem reproduksi pria yang dapat memproduksi dan menghantarkan sel sperma untuk membuahi sel telur pada sistem reproduksi wanita. 

Nah, fungsi sistem reproduksi pada manusia ini bekerja saling melengkapi satu sama lain. Berikut penjelasannya:

Sistem Reproduksi Pria

Sistem reproduksi pada pria terdiri dari organ reproduksi eksternal dan organ reproduksi internal. Sebagian organ reproduksi pada pria berada di luar tubuh, meliputi:

  • Penis 

Penis adalah organ vital pada pria yang juga berfungsi sebagai organ eksternal untuk urinasi atau sebagai saluran kencing. Penis terdiri atas 3 rongga yang berisi jaringan spons dan dikelilingi oleh jaringan erektil yang rongga-rongganya mengandung banyak pembuluh darah dan saraf perasa. Penis juga sebagai media atau saluran sperma saat proses seksual.

  • Skrotum 

Skrotum berbentuk kantong kulit yang menggantung pada pangkal penis. Di dalam skrotum terdapat testis yang terdiri dari skrotum kanan dan skrotum kiri. Di antara skrotum kiri dan skrotum kanan dibatasi oleh sekat yang berupa jaringan ikat dan otot polos. Kantong kulit ini berfungsi untuk menjaga suhu testis yang sesuai saat memproduksi sperma. 

  • Testis 

Testis adalah kelamin bagian dalam yang memiliki bentuk bulat telur dan berjumlah sepasang. Testis terdapat di dalam skrotum, berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron.

  • Epididimis 

Epididimis adalah saluran yang keluar dari testis dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sementara.

  • Saluran Uretra

Saluran uretra adalah kelenjar yang menghasilkan zat yang berisi basa (alkali), fruktosa (gula monosakarida), hormon prostaglandin dan protein pembekuan.

Mengenal fungsi sistem reproduksi pada manusia.
  • Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat adalah kelenjar yang terletak di bawah kantung kemih, yang berfungsi menghasilkan cairan yang bersifat asam.

  • Kelenjar Cowper

Kelenjar cowper adalah kelenjar yang menghasilkan lendir dan cairan bersifat basa. Kelenjar ini berfungsi untuk melindungi sperma dengan cara menetralkan urine yang memiliki PH asam dalam uretra, sekaligus melapisi uretra untuk mengurangi kerusakan pada sperma selama ejakulasi.

Sistem Reproduksi Wanita 

Setelah mengetahui sistem reproduksi pria, berikut merupakan struktur reproduksi pada wanita:

  • Vagina 

Vagina adalah saluran yang menghubungkan serviks atau leher rahim ke bagian luar tubuh. Vagina juga sebagai tempat mengalirnya darah menstruasi dan saluran untuk melahirkan.

  • Serviks 

Serviks adalah struktur rahim bagian bawah rahim  yang terhubung ke vagina. Salah satu fungsi penting serviks adalah, memproduksi lendir yang membantu menyalurkan sperma dari vagina ke rahim selama proses seksual.

  • Saluran Telur atau Tuba Fallopi

Saluran ini berjumlah sepasang kanan dan kiri, bentuknya menyerupai tabung kecil dan tipis yang menempel di bagian atas rahim. Organ ini berfungsi sebagai saluran untuk sel telur atau ovum bergerak dari ovarium menuju rahim. Sementara Tuba Fallopi menjadi wadah fertilisasi atau pembuahan sel telur oleh sperma.

  • Indung Telur (Ovarium)

Indung telur atau Ovarium berjumlah sepasang dan terletak di rongga perut. Ovarium diselubungi kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel. Di dalam folikel terdapat sel telur atau ovum yang siap dibuahi. Folikel juga menghasilkan hormon khas wanita, yaitu estrogen dan progesteron.

  • Rahim (Uterus)

Rahim adalah organ berongga yang bentuknya menyerupai buah pir. Organ ini berfungsi sebagai tempat berkembangnya janin setelah sel telur dibuahi oleh sperma. Rahim tersusun atas tiga lapisan, yaitu Perimetrium, Miometrium, dan Endometrium atau dinding rahim.

Nah, itulah pembahasan Materi Biologi Kelas 11 tentang Sistem Reproduksi pada Manusia. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi materi belajar kamu di rumah ya. Bagi Pahamifren yang ingin meningkatkan nilai rapor, kamu bisa menggunakan bimbingan belajar online Pahamify.

Temukan materi Biologi tentang fungsi reproduksi dan yang lainnya di bimbel online Pahamify.

Ada ratusan materi pelajaran SMA, yang dikemas dengan metode cara belajar efektif yang bisa kamu ikuti. Dengan konsep gamifikasi yang seru, proses belajarmu jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan.

Khusus buat kamu yang sedang ngambis buat masuk PTN impian, Pahanify juga punya program bimbel intensif SBMPTN yang bisa kamu coba. Ada fitur try out online, kumpulan dan latihan soal UTBK yang lengkap dengan pembahasannya yang bisa kamu jadikan persiapan menghadapi SBMPTN atau meningkatkan nilai rapor untuk syarat SNMPTN,

Tunggu apalagi, yuk download bimbel online Pahamify di link ini sekarang!

Jangan lupa, cek juga promo menarik lainnya di sini https://pahamify.com/promo ya!

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll