Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Waktu kamu lagi bercermin, pernah kepikiran nggak Pahamifren, kenapa wajah, rambut, tinggi badan, atau bentuk mata kamu mirip dengan Papa dan Mama? Atau bahkan malah mirip sama Kakek dan Nenek? Kok bisa ya?

Semua hal yang ada di tubuh kamu, mulai dari rambut, mata, warna kulit, sampai alergi yang mungkin kamu miliki diwarisin dari kedua orang tua dan kakek nenek kamu melalui suatu molekul. Molekul ini tersimpan di dalam semua sel tubuh kamu, Pahamifren. Ukurannya super kecil, tapi perannya besar banget buat kamu. Molekul tersebut dinamakan materi genetik.

Pernah dengar DNA kan Pahamifren? DNA atau asam deoksiribonukleat adalah salah satu jenis materi genetik yang ada di makhluk hidup, termasuk manusia. DNA memiliki bentuk seperti rantai ganda yang berpilin. Di dalamnya, terdapat lebih dari 20 ribu gen yang berisi kode-kode genetik. Kode genetik bisa diibaratkan sebagai perintah untuk mengatur semua hal terkait tubuh kamu, mulai dari warna dan bentuk mata, warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, sampai semua aktivitas biologis. Selain itu, perintah dari kode genetik juga berperan besar banget dalam memerintah sel dan jaringan untuk berkembang sesuai fungsi dan perannya. Sel rambut akan menjadi rambut dan sel tulang akan menjadi tulang. Proses pembentukan dan perkembangannya udah diatur sedemikian rupa sehingga nggak terjadi kesalahan, Pahamifren. Kebayang nggak tuh kalo sel yang seharusnya terbentuk jadi rambut, eh tapi malah jadi sel tulang?  

Ada satu hal yang spesial dari DNA nih. Ternyata, DNA tiap orang itu sifatnya unik! Antara orang satu dengan lainnya berbeda. Bahkan, kode genetik kamu dengan saudara kandung kamu pun berbeda. Itu kenapa antara kamu dengan saudara kamu bisa punya jenis rambut atau warna mata yang berbeda. Karena sifatnya yang unik, DNA bisa digunain sebagai bukti atau alat identifikasi utama dalam investigasi kasus kejahatan. Pernah denger polisi forensik, Pahamifren? Polisi inilah yang meneliti DNA dari barang bukti yang ditemukan di lokasi kejahatan untuk menentukan tersangka dalam kasus kriminal. Keren ya!

Dengan banyaknya fungsi dan informasi yang dipunyai DNA, ternyata DNA bisa muat ke dalam semua sel tubuh kamu. Tiap sel di tubuh kamu punya salinan DNA yang sama dan bikin kamu unik. Baik di darah, di rambut, bahkan sampai di air liur, ada DNA kamu lho. DNA tersebut dikemas di dalam suatu struktur yang disebut kromosom. Pada manusia dan organisme eukariotik, terletak di dalam nukleus atau inti sel.

Kromosom memiliki dua pasang lengan dan menampung semua informasi genetik. Pahamifren, kamu tahu nggak, kalo ternyata penggabungan sifat dan bentuk fisik kedua orang tua kamu ada di kromosom ini lho. Yep, kromosom yang kita miliki merupakan warisan dari kedua orang tua kita. Gen yang mengatur sifat dan karakter fisik dari Papa dan Mama kamu akan muncul di dalam kromosom kamu. Dalam proses tersebut, ditentukan karakter mana yang akan muncul di kamu. Rambut berombaknya Mama atau rambut lurusnya Papa, kulit kuning langsatnya Mama atau kulit sawo matangnya Papa, semuanya ada di dalam kromosom kamu. Kelak, kromosom ini pula yang bakalan kamu warisin ke anak dan cucu kamu. Inilah yang dinamain pewarisan sifat, Pahamifren.

DNA juga punya struktur unik yang beda dari makromolekul lainnya. Mau tahu seperti apa strukturnya? Yuk cek video Materi Genetika mapel Biologi kelas XII di aplikasi Pahamify! Ada ilustrasi bentuk DNA dan kromosom juga yang bisa bikin kamu makin paham dengan struktur dan fungsi keduanya. Biar makin seru belajarnya, Pahamify punya diskon up to 80% buat paket belajar selama 1 tahun! Jadi Rp 250.000,- lho Pahamifren! Nggak cuma bisa akses video Materi Genetika, kamu juga bisa akses semua video materi pelajaran kelas 10-12 IPA dan IPS, materi UTBK, dan materi ekstrakurikuler. Seru bukan buat belajar online? Yuk download aplikasinya sekarang!

Penulis: Safira Chairani Dimarti


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog