Setiap orang pasti mempunyai cita-cita atau impiannya masing-masing. Baik cita-cita jangka pendek maupun jangka panjang. Bagi pelajar, satu di antara impian yang ingin kamu gapai tentunya masuk kampus dan jurusan pilihanmu. Namun, hal itu tidaklah mudah diraih. Butuh usaha dan semangat belajar yang keras untuk mengejar cita-cita masuk kampus impian.

Selama berusaha mengejar cita-cita, kamu mungkin akan gagal dan putus asa. Contohnya seperti gagal saat mengerjakan contoh soal try out, nilai try out UTBK naik-turun, lelah belajar, dan sebagainya. Tetapi ingat, jangan sampai hal itu benar-benar menghentikan motivasi kamu untuk meraih cita-cita masuk kampus impian. Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bangkit dan mewujudkan cita-cita tersebut.

Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Mengejar Cita-Cita

Dalam mewujudkan impian, kamu nggak harus terus-menerus melakukan perjuangan besar kok, Pahamifren. Ada hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap semangat dalam meraih cita-cita.

Pada artikel ini, Mipi telah merangkum 5 hal kecil yang bisa menjadi cara mengejar cita-cita masuk kampus impian. Ulasan ini diambil dari cuitan Twitter Kak Fikri, ya. Daripada penasaran, yuk langsung simak pembahasannya!

Membuat Diri Sendiri Terobsesi untuk Mengejar Impian

Hal pertama yang bisa kamu lakukan biar tetap semangat mengejar cita-cita yaitu membuat diri sendiri terobsesi dengan cita-cita tersebut. Saat kamu sudah terobsesi dengan apa yang mau kamu raih, kamu akan merasa lebih tertantang dan mau nggak mau berusaha keras untuk mewujudkannya.

Kalau dari pengalaman Kak Fikri, ia menjadikan foto kampus ITB sebagai wallpaper komputer supaya lebih terobsesi dengan cita-citanya. Jadi, waktu Kak Fikri bermain game di komputer, ia akan selalu ingat kampus impiannya itu.

Pahami dan  Mau Punya Teman Ambis Masuk PTN 2021? Yuk, Gabung Geng Ambis Pahamify

Nggak cuma mengikuti caranya Kak Fikri, kamu juga bisa membuat caramu sendiri biar terobsesi dengan impianmu. Misalnya, kalau cita-citamu ingin masuk UGM, kamu bisa menggali informasi seputar UGM, sering berkunjung ke UGM sambil membayangkan kalau jadi mahasiswa di sana, dan sebagainya.

Lewat cara ini, kamu akan menyadari ada tujuan yang ingin kamu raih. Jadi, kamu tidak akan membuang waktu sia-sia dan lebih fokus menentukan rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Cari Teman yang Memiliki Impian Sama

Agar semangat kamu tidak kendor saat mengejar cita-cita, ada baiknya kamu mencari teman seperjuangan yang punya impian sama denganmu. Manfaat dari mempunyai teman yang memiliki tujuan sama adalah kamu bisa saling berbagi strategi, tips, dan saling menyemangati kalau lagi down.

Kamu pun bisa berdiskusi terkait berbagai hal yang bisa mendukung kamu dan temanmu mewujudkan impian. Misalnya, apabila impian kalian adalah lolos UTBK SBMPTN, kalian bisa berdiskusi seputar tips UTBK, contoh soal try out UTBK, info pendaftaran, dan sebagainya.

Oh iya, buat kamu yang mau cari teman ambis UTBK 2021, kamu bisa gabung di Pahamify Community lewat link ini. Lewat Pahamify Community, kamu bisa mendapatkan teman ambis yang siap berjuang bersama denganmu untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN 2021. Perlu kamu ingat, teman sekadar nongkrong memang seru, namun teman yang punya tujuan sama bisa membuat kamu lebih fokus, Pahamifren!

Selalu Ingat Waktu Kamu Terbatas

Berusaha untuk masuk kampus impian itu waktunya terbatas, lho. Pilihannya cuma dua, kalau nggak berusaha maksimal tahun ini, kamu bakal berusaha terus sampai tahun depan, atau mengambil gap year. Maka dari itu, dengan mengingat waktu yang terbatas, kamu tidak akan terlalu santai dalam mengejar cita-cita masuk kampus impian.

Pahami dan  Daya Tampung UGM (Universitas Gadjah Mada) pada SNMPTN dan SBMPTN 2021, serta Jumlah Peminatnya

Kak Fikri punya tips buat kamu yang masih merasa persiapannya terlalu santai. Lakukan hal-hal yang membuatmu lebih bisa menghargai waktu, yaitu mengobrol dengan pelajar yang gap year atau dengan mahasiswa salah jurusan/kampus.

Kenapa harus mengobrol dengan orang-orang tersebut? Karena mereka lebih punya pengalaman terkait manajemen waktu dan kesempatan. Kamu bisa mengambil nilai positif dari mereka supaya semangat belajar kamu semakin meningkat.

Mulai Rencanakan Langkah Mengejar Cita-Cita

Meskipun tergolong hal kecil, merencanakan langkah menjadi faktor penting untuk tetap semangat mengejar cita-cita. Mulai rencanakan langkah-langkahmu secara matang. Cari tahu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menggapai mimpimu.

Buat kamu yang ambis masuk PTN impian lewat jalur UTBK SBMPTN, berarti salah satu rencananya harus belajar UTBK dong. Kamu bisa membuat jadwal belajar, biar rencanamu lebih mudah diingat.

Menurut Kak Fikri, membuat jadwal belajarnya mau sesimpel apa pun boleh, asalkan kamu konsisten melaksanakannya dan mau memantau terus perkembangan belajarmu. Kalau mau menyusun jadwal belajar UTBK yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur Jadwal belajar dari Pahamify.

Tiada Hari Tanpa Belajar

Belajar tiap hari tidak selalu berat kok. Kamu bisa belajar dengan cara mengerjakan satu soal per harinya. Atau, hanya membuat rangkuman satu bab pada hari tertentu.

Kuncinya, kamu harus meluangkan waktu setiap hari, baik sebentar atau lama untuk mempelajari materi. Dengan begitu, otak kamu bisa aktif dan lebih mudah mengingat materi yang kamu pelajari. Jadi, saat ujian masuk PTN nanti, kamu dapat lancar mengerjakan soal yang diujikan deh!

Nah, itulah beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk tetap semangat meraih cita-cita masuk kampus impian. Buat kamu yang sedang berjuang menghadapi UTBK SBMPTN 2021, jangan lupa untuk memperbanyak latihan soal agar peluang lolos SBMPTN semakin besar.

Pahami dan  Tips Mengajar Efektif untuk Guru: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Memberi Tugas ke Siswa

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan soal-soal SBMPTN ter-update yang bisa kamu kerjakan, lengkap dengan video pembahasan menarik. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal sebagai persiapan ringan untuk #TaklukkanUTBK.

Khusus buat pejuang UTBK yang ingin mengejar ketertinggalan materi, kamu dapat berlangganan Paket SKS Pahamify. Lewat Paket SKS Pahamify, kamu bisa mendapatkan berbagai fitur keren dari Pahamify untuk bantu persiapan belajar UTBK 1 bulan secara intensif. Kunjungi link ini untuk mendapatkan informasi lengkap Paket SKS Pahamify.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify di sini dan gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version