Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Hai Pahamifren! Siapa nih yang sering belajar sampai begadang tapi merasa belum paham? Sudah mencoba berbagai metode belajar tapi belum maksimal? Tenang, itu wajar kok, Pahamifren. Maka dari itu, kali ini Mipi mau membagikan cara belajar efektif yang bisa kamu coba di rumah. Cara belajar ini dirangkum dari cuitan Twitter Kak Fikri, CEO Pahamify. Jadi, dijamin berhasil deh. Penasaran? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

Metode Belajar Yang Efektif 

Berdasarkan buku Learning How To Learn yang pernah diulas di channel YouTube Hujan Tanda Tanya, belajar yang efektif dapat terjadi ketika kita tidak hanya menghafal materi, namun ketika kita dapat benar-benar memahami apa yang sedang dipelajari. Agar belajar lebih efektif, kamu harus memahami konsep maupun pola dari isi materi yang sedang dipelajari

Misalnya, saat kamu sedang mengerjakan soal Fisika. Nggak cuma rumus-rumusnya saja yang dihafal, kamu juga harus memahami dari mana rumus tersebut berasal, bagaimana penerapan dan fungsinya. Lewat cara ini, kamu akan benar-benar memahami sebuah materi. Jika sudah memahami materinya, maka secara otomatis kita akan lebih mudah untuk mengingat materi tersebut. 

4 Langkah Singkat Belajar Efektif

Agar lebih mudah menerapkan cara belajar yang efektif, kamu bisa mencoba siklus Do-Review-Apply-Learn. Bagaimana caranya? Yuk baca penjelasan di bawah ini: 

Cara belajar efektif dengan 4 langkah singkat. Yuk dicoba saat belajar online di rumah.

Do

Pahamifren, pasti kamu sudah tahu kan apa arti kata “Do”? Ya, benar sekali, “Do” berarti melakukan. Untuk memulai cara belajar yang efektif, kamu harus melakukan tahap awal yaitu “Do”. Dalam tahapan tersebut, kamu akan melakukan aktivitas belajar seperti biasa. Kamu bisa melakukan aktivitas belajar dari mata pelajaran apapun yang ingin kamu pelajari. Tidak hanya dengan membaca buku pelajaran, kamu juga bisa melakukan aktivitas belajar melalui latihan soal, lho.

Pada saat kamu melakukan aktivitas belajar, kamu belum mengetahui sama sekali tentang isi materi pembelajaran karena kamu masih dalam proses berpikir dan belum belajar. Contohnya, saat kamu langsung mengerjakan latihan soal Biologi tanpa belajar terlebih dahulu, sehingga saat menjawab latihan soal kamu masih sambil melihat buku. Dengan begitu, kamu belum tahu sama sekali tentang materi tersebut. 

Review 

Nah, sekarang kita memasuki tahap kedua yaitu “Review”. Apakah kamu merupakan tipe orang yang sebelum memutuskan sesuatu selalu melihat ulasannya terlebih dahulu? Misalnya, ketika kamu ingin membeli sebuah produk atau ingin menonton sebuah film, kamu harus melihat ulasan produk atau film tersebut lebih dulu sebelum memutuskan untuk mengambil tindakan. Kamu juga bisa menerapkan langkah seperti itu dalam belajar, lho.

Setelah melakukan aktivitas belajar seperti biasa, kamu dapat memeriksa hasil belajar yang telah kamu lakukan pada langkah “Do” agar kamu dapat mengalami cara belajar yang efektif. Dalam langkah ini kamu memeriksa keberhasilan proses belajar materi Biologi dari buku atau latihan soal. Kalau dari latihan soal, kamu bisa melihat berapa persen kamu berhasil mengerjakan soal latihan tersebut. Atau, kamu menghitung berapa kesalahan kamu dalam menjawab soal dari total jumlah soal yang ada.

Learn

Jika langkah review sudah kamu lakukan, kini saatnya kamu mengevaluasi dan mencari tahu cara belajar yang efektif dan lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar kamu. Dalam contoh sebelumnya, kamu dapat mengevaluasi dari keseluruhan soal yang kamu masih salah dalam menjawabnya, pada soal-soal itu akan terlihat kekurangan kamu pada materi bagian apa.

Jadi, hasilnya berbentuk kumpulan materi yang kamu masih kesulitan dalam mempelajarinya. Misalnya dalam soal Biologi, ternyata kamu masih memiliki kesulitan pada materi Osmosis, Enzim, Pertumbuhan dan sebagainya. 

Apply

Sekarang kamu sudah mengetahui kekurangan kamu pada materi apa. Selanjutnya, untuk mempraktikkan cara belajar yang efektif, kamu akan mencari sumber-sumber belajar untuk memperkuat pemahaman kamu dalam materi tersebut. Sumber belajar tidak hanya dari buku, lho.

Kamu bisa mencari sumber-sumber belajar seperti video pembelajaran yang asik sehingga kamu tidak bosan dalam belajar. Jangan pernah lelah untuk memperkaya sumber belajar kamu, Pahamifren! Semakin kaya sumber ilmu pengetahuan yang kamu miliki akan menjadikanmu pelajar yang sangat memahami materi.

cara belajar seru dan menyenangkan yang bikin paham di aplikasi belajar online Pahamify

Do-Review-Apply-Learn adalah sebuah siklus yang harus kamu ulangi. Jika kamu sudah memperkaya sumber belajar kamu, kamu dapat mengulangi kembali langkah “Do” sampai langkah “Apply” untuk cara belajar efektif. Jadi, kamu dapat terus meningkatkan proses belajar kamu.

Nah, itulah cara belajar yang efektif dengan 4 langkah singkat yang bisa kamu coba. Untuk memperkaya sumber belajar kamu dari video pembelajaran yang seru, kamu bisa menggunakan Aplikasi Pahamify. Proses belajar mandiri kamu tentunya akan selalu menyenangkan dan efektif. Cek juga penawaran menarik dari Pahamify di laman ini https://pahamify.com/paket-belajar/.

Penulis: Salsabila Mumtazah

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll