Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Kimia menjadi salah satu pelajaran yang kerap dianggap sulit bagi pelajar SMA. Alasannya bermacam-macam, Pahamifren. Ada yang tidak suka pelajarannya dan merasa Kimia membosankan. Atau, fasilitas dan pengajar Kimia kurang memadai. Ada juga yang memang kesulitan mempelajari Kimia karena harus memahami konsep, menghafal rumus, serta menghitung angka sekaligus.

Nah, apabila kamu termasuk pelajar yang kesulitan belajar Kimia, jangan khawatir. Pada ulasan ini, Mipi akan memberikan cara belajar Kimia dengan mudah dan cepat. Sebenarnya, memahami Kimia tidak sesulit yang kamu bayangkan kok. Yuk, terapkan tips belajar kimia dari Mipi agar jadi jagoan Kimia di kelas!

Cara Belajar Kimia dengan Mudah

Secara umum, kesulitan belajar Kimia terjadi ketika kamu menyugesti diri sendiri bahwa Kimia itu sulit. Akibatnya, saat menghafal rumus, melakukan percobaan kimia, hingga menghitung soal angka kompleks, kamu akan berpikir hal tersebut tidak bisa terselesaikan dengan mudah. Sebaiknya, kamu berhenti memberi sugesti semacam itu ya, Pahamifren.

Selama kamu menerapkan cara belajar yang tepat, kamu pasti bisa mahir dalam mata pelajaran Kimia. Adapun cara-cara belajar Kimia yang dapat kamu ikuti adalah sebagai berikut:

Membaca Buku Ensiklopedia

Sering membaca buku ensiklopedia ternyata bisa memudahkan kamu belajar Kimia, lho. Dalam buku ensiklopedia terdapat penjelasan yang lebih ringan dicerna sehingga kamu lebih mudah memahaminya. Istilah-istilah Kimia rumit bisa kamu pelajari secara mudah melalui buku ini. Ensiklopedia Kimia akan mengenalkanmu ilmu kimia di alam, struktur atom, sistem periodik, pembentukan senyawa, dan masih banyak lagi.

Lewat buku ini, kamu tidak hanya belajar materi, namun juga tahu penerapannya dalam kehidupan sehari-hari seperti apa. Selain itu, di dalam ensiklopedia khusus pelajaran Kimia biasanya dilengkapi ilustrasi sehingga proses belajar pasti lebih mengasyikkan. Jadi, kalau mau lebih cepat jago Kimia, jangan hanya belajar rangkuman materi Kimia SMA dari buku pelajaran di sekolah saja, ya.

Cara Belajar Kimia dengan Mudah dan Cepat

Jangan Hanya Menghafal Rumus

Rumus memang menjadi hal penting untuk menyelesaikan suatu soal. Apalagi, kalau berkaitan dengan rumus kimia, maka hal itu juga berfungsi memberikan informasi mengenai penyusun suatu senyawa. Namun, apabila kamu hanya berfokus pada hafalan rumus, kamu akan kesulitan memahami konsep dan mengerjakan soal Kimia. Kunci sukses menguasai materi Kimia SMA yaitu dengan memahami konsepnya dan mengetahui hubungan antarkonsep.

Banyak di antara kamu mungkin berpikir materi dalam pelajaran Kimia itu berdiri sendiri, alias tidak berhubungan satu sama lain. Padahal, topik-topik tersebut saling berkaitan, atau bahkan bisa berhubungan dengan disiplin ilmu lain seperti ilmu fisika, matematika, dan biologi.

Contohnya, topik hidrolisis garam berkaitan dengan kesetimbangan larutan. Topik dalam ilmu biologi seperti metabolisme sel ternyata berhubungan dengan reaksi kimia. Nah, kalau kamu belajarnya mengutamakan pemahaman konsep, kamu pasti lebih mudah mengetahui hubungan setiap konsep dalam Kimia.

Melakukan Percobaan Kimia Dasar

Cara belajar Kimia ini cocok untuk kamu yang merasa lebih mudah memahami konsep lewat praktik, bukan teori. Kamu bisa melakukan percobaan kimia dasar SMA di laboratorium sekolah untuk meningkatkan pemahamanmu. Manfaatkan kesempatan ini untuk terlibat langsung dalam eksperimen kimiawi, alih-alih hanya membaca teorinya di buku. Namun, sebaiknya kamu mendapat pengawasan dari guru agar tetap aman selama melakukan percobaan, ya.

Percayalah, materi Kimia SMA terasa lebih menyenangkan jika dipraktikkan, Pahamifren! Kamu jadi lebih memahami keterkaitan antara praktik dan teori yang telah dipelajari di kelas. Selain itu, pengetahuanmu mengenai konsep pengukuran dan persamaan dasar dalam Kimia akan bertambah melalui percobaan ini.

Pemetaan Materi

Kamu bakal lebih mudah belajar Kimia jika mempelajari materinya secara berurutan dari yang paling dasar sampai kompleks. Untuk menerapkannya, kamu perlu membuat pemetaan materi. Petakan dari yang paling dasar seperti hakikat ilmu kimia, struktur atom, tabel periodik, ikatan ion, ikatan kovalen, sifat unsur, dan seterusnya. Lewat cara ini, kamu bisa belajar Kimia yang tepat porsi sesuai level kesulitannya.

Kalau kamu belajar tanpa memetakan materi, bisa-bisa kamu langsung mempelajari materi yang rumit dan melewatkan konsep dasarnya. Alhasil, kamu kebingungan, lalu menganggap Kimia sebagai mata pelajaran sulit deh! Selain memudahkan belajar, pemetaan materi ini juga berguna mengetahui hubungan antarkonsep, lho.

Sering Mengerjakan Latihan Soal

Latihan soal sangat membantumu memahami pelajaran Kimia. Setiap mengerjakan latihan soal, penguasaan rumus-rumus dan konsep Kimia bakal bertambah. Lama-kelamaan, kamu akan hafal dan paham rumus-rumus tersebut biasa digunakan untuk soal seperti apa. Tentunya, hal ini bisa menjadi bekal persiapan menghadapi ujian.

Setelah belajar materi, sebaiknya kamu membuat jadwal rutin latihan soal. Dengan begitu, kamu lebih cepat jago pelajaran Kimia. Jangan lupa cek hasil pengerjaan soal kamu, ya. Hal ini berfungsi untuk menganalisis materi mana yang sudah kamu kuasai atau justru perlu ditingkatkan lagi biar hasilnya optimal.

Oh iya, kalau kamu kesulitan mengerjakan soal Kimia, kamu bisa menggunakan fitur Tanya Mipi. Dirancang dengan teknologi AI, fitur Tanya Mipi dari Pahamify membantu cari jawaban Kimia dengan cepat dan mudah lewat foto. Kamu bisa cari jawaban Matematika dan Fisika juga, lho. Keren banget kan? Tanya Mipi jadi teman terbaik untuk latihan soal dan paham konsep. Cobain sekarang di aplikasi Pahamify!

Nah, sampai sini, kamu sudah tahu dong cara belajar Kimia dengan mudah dan cepat. Sudah siap menerapkan cara-cara di atas? Supaya proses belajar semakin maksimal, jangan lupa unduh aplikasi belajar online terbaik Pahamify di sini.

Ada fitur-fitur keren seperti video belajar berkonsep gamifikasi, try out online, bank soal SMA, jadwal belajar, kelas online, dan masih banyak lagi. Bersama Pahamify, dapatkan proses belajar seru, sekaligus bikin paham!

Cek penawaran menarik dari Pahamify di link https://pahamify.com/promo/ ini, ya.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll