Pahamifren, di masa-masa pelaksanaan berbagai ujian seperti ini, adakah di antara kamu yang kesulitan menguasai materi pelajaran dalam waktu singkat? Terlalu banyak ujian yang harus disiapkan, mulai dari PTS, PAS, AKM, hingga UTBK SBMPTN sering membuat kita bingung harus belajar yang mana terlebih dahulu. Apakah bisa menguasai semua materinya dalam waktu singkat? Bagaimana cara cepat belajar semua materi ujian tersebut?

Biar semua materinya terkejar, kamu bisa menerapkan cara cepat belajar materi atau topik baru ala Kak Fikri. Mipi akan membahasnya secara lengkap di artikel ini, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 9 November 2020. Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk langsung simak pembahasannya berikut ini!

Cara Cepat Belajar Materi Baru untuk Menghadapi Ujian

Menurut Kak Fikri, ada 4 cara cepat belajar materi yang bisa kamu terapkan, yaitu membangun ketertarikan terhadap topik yang dipelajari, memetakan materi, membaca materi, dan evaluasi pemahaman materi. Mari kita bahas satu per satu caranya.

Membangun Ketertarikan terhadap Materi

Cara cepat memahami pelajaran yaitu membangun minat dan rasa penasaran terkait topik tersebut. Kamu bisa riset terlebih dahulu materi yang akan kamu pelajari. Bisa dengan cara scanning dan skimming buku materi tersebut. Contohnya, baca saja daftar isi atau rangkuman-rangkumannya. Kemudian, lanjutkan proses skimming, baca kalimat awal tiap paragraf dalam rangkuman materinya.

Dari cara cepat belajar ini, kamu bisa mulai menganalisis, apakah materi ini menarik buat kamu pelajari? Apa manfaatnya untukmu? Apa hubungannya dengan hal-hal yang kamu minati? Analisis yang kamu lakukan ini akan membuatmu menemukan tujuan kenapa kamu perlu belajar materi itu.

Selain itu, kamu juga dapat menemukan strategi belajar efektif, dengan cara menghubungkan hal-hal yang kamu minati dengan materi terkait. Misalnya, kamu tertarik dengan sepak bola, ketika kamu belajar materi Peluang, kamu bisa membayangkan sedang menghitung peluang gol saat bermain sepak bola. Lewat cara ini, materi yang kamu pelajari pasti lebih cepat masuk ke otak.

Pemetaan Materi

Kalau cara pertama sudah kamu terapkan, kamu bisa lanjut cara cepat belajar kedua, yaitu memetakan materinya. Buatlah pemetaan materi apa saja yang harus kamu pahami untuk menghadapi semua ujian, mulai dari PTS, PAS, AKM, hingga UTBK SBMPTN. Setelah itu, buatlah pemetaan juga pada tiap subbab materinya.

Biar lebih mudah, kamu bisa membuat mind mapping atau diagram tentang isi materi tersebut. Topik-topiknya apa saja, hubungan antarbab dan isi subtopiknya seperti apa, dan sebagainya. Lewat cara ini, kamu bisa lebih terstruktur saat belajar. Secara tidak langsung, otak kamu akan menerima informasi berurutan sehingga lebih cepat untuk menyerap materinya. Kamu pun bisa menggunakan pemetaan ini untuk menyusun jadwal belajar yang tepat, lho.

Belajar Materi

Sekarang saatnya kamu belajar materinya secara keseluruhan. Kamu bisa menggunakan mind mapping yang kamu buat sebagai acuan belajar kamu. Kamu bisa belajar dari media apapun yang kamu senangi. Bisa dari buku, video konsep belajar di fitur Pahamify, latihan soal, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mencatat hal-hal penting yang perlu kamu hafalkan. Tujuannya, biar otak bekerja optimal dalam menyerap materinya.

Intinya, mulai belajar dengan efektif dan fokus. Agar materinya terserap secara cepat dan maksimal, sebaiknya kamu singkirkan distraksi yang bisa mengganggumu. Baik distraksi fisik seperti gadget, teman, peliharaan, dan sebagainya. Atau, distraksi mental seperti overthinking ujian, mood yang tidak bagus, galau diputus pacar, dan lain-lain.

cara fokus belajar menggunakan deep work

Evaluasi Pemahaman

Cara cepat belajar yang terakhir yaitu mengevaluasi pemahaman kamu terhadap materi yang sudah kamu pelajari. Tujuan evaluasi ini yaitu mengukur pemahaman materi kamu sudah sejauh apa. Cara mengevaluasinya bisa dengan menyebutkan lagi topik-topik yang sudah kamu pelajari tanpa melihat catatan materi apa pun.

Cara yang lebih mudah yaitu lewat latihan soal. Lewat latihan soal, kamu bisa tahu bab materi yang sudah kamu kuasai, sekaligus bab yang masih perlu kamu pelajari lebih dalam lagi. Dalam cuitan Twitternya, Kak Fikri mengingatkan agar tidak pindah ke bab atau materi lain, jika pemahaman materi kamu belum mencapai 80%

Nah, itu dia 4 cara cepat belajar materi baru untuk menghadapi ujian. Keempat cara di atas bisa diulang-ulang lagi, kalau ternyata ada pemahaman/pemetaan materi yang perlu dikoreksi. Kuncinya, yang terpenting dari cara cepat belajar ini yaitu kamu bisa cepat menyerap dan memahami materi baru dengan waktu yang lebih optimal.

Buat kamu yang sedang melakukan persiapan UTBK, terapkan cara-cara di atas agar lebih mudah menguasai materi UTBK. Jangan lupa, perbanyak juga latihan soal agar persiapanmu semakin matang.

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasannya yang menarik. Khusus buat kamu yang ingin mengejar ketertinggalan materi dan belajar UTBK 1 bulan, kamu dapat berlangganan Paket SKS Pahamify untuk kebut persiapan UTBK. Cek info lengkap mengenai Paket SKS Pahamify di link ini.

Ayo, lebih siap #TaklukkanUTBK bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang juga dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version