Pahamifren, siapa nih yang masih sering merasa tidak memiliki waktu dalam belajar? Kekurangan waktu dalam belajar memang menjadi permasalahan yang kerap dialami pelajar, lho. Biasanya, hal ini terjadi ketika kamu tidak tahu cara membagi waktu belajar yang tepat.

Kamu merasa sudah sibuk melakukan aktivitas sehari-hari, yang terkadang kamu pun bingung aktivitas tersebut ada manfaatnya atau tidak. Akibatnya, karena sudah merasa terlalu sibuk, kamu jadi bingung, kapan sebaiknya kamu belajar? Atau, berapa lama kamu harus belajar?

Jika kamu sudah memahami cara memanfaatkan waktu dengan baik, kamu tidak akan mengalami persoalan seperti itu lagi. Kamu juga akan lebih mudah menemukan cara membagi waktu belajar dan bermain, tanpa harus ketinggalan materi pelajaran di sekolah. Nah, untuk membantumu, Mipi bakal membahas cara membagi waktu belajar yang efektif, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, pada tanggal 15 Juni 2020 lalu. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Membagi Waktu Belajar yang Efektif

Menurut Kak Fikri, yang terpenting dari bagaimana cara mengatur waktu adalah do what matters. Lakukan hal-hal yang buat kamu penting dan menjadi prioritasmu. Untuk melakukan do what matters ini, ada tiga cara membagi waktu belajar yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Petakan

Cara pertama ini fokus pada memetakan aktivitas sehari-hari yang biasa kamu lakukan. Dalam 24 jam itu kamu melakukan aktivitas apa saja. Buatlah daftar semua kegiatanmu dalam sehari secara urut. Jika perlu, buatlah rincian waktu, seperti kapan dan berapa lama kamu melakukan kegiatanmu itu. Contohnya, pada pukul 6-8 pagi kamu olahraga, mandi, dan makan. Setelah itu, pada pukul 8-12 kamu mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan seterusnya.

Lewat pemetaan ini, kamu bisa tahu waktu kamu banyak terbuang untuk kegiatan apa saja. Tak hanya itu, kamu juga lebih mudah menentukan aktivitas belajar yang kamu lakukan selama ini sudah seimbang dengan waktu bermain atau belum. Bisa jadi, persoalan kekurangan waktu belajar itu muncul karena kamu keasyikan bermain daripada belajarnya.

Manfaat mind mapping memudahkan kamu untuk merancang strategi efektif dalam belajar dan menemukan cara membagi waktu belajar yang tepat.

Evaluasi

Setelah melakukan pemetaan, cara kedua yang bisa kamu terapkan yaitu evaluasi. Dari jadwal harian yang sudah kamu buat, kamu bisa tahu jadwal tersebut efektif atau tidak. Sudahkah kamu memprioritaskan waktu belajar kamu? Apa kegiatan yang seharusnya lebih banyak dilakukan? Apakah jadwal harian itu membuat target belajar kamu mudah tercapai?

Kalau misal jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut belum memuaskan, berarti kamu harus memperbaiki jadwal harianmu lagi. Fokus mendahulukan aktivitas belajar, serta lebih disiplin dan konsisten lagi menaati agenda belajar yang kamu buat.

Jika kamu merasa waktu belajar yang sudah kamu terapkan dalam jadwal harian banyak terganggu karena hal lain, kamu bisa mengubah jadwal belajar kamu pada jam-jam yang lebih tenang, seperti pagi atau malam hari. Lewat cara ini, kamu enggak perlu merasa kekurangan waktu belajar lagi.

Mulai Hari dengan Mengerjakan Hal Terpenting

Cara yang terakhir ini sesuai dengan prinsip memanfaatkan waktu dengan baik yang Kak Fikri bilang, yaitu do what matters. Pada cara ini, Kak Fikri menekankan pentingnya melakukan hal-hal yang penting atau mendesak terlebih dahulu. Contohnya, kalau kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2021, yang pelaksanaannya tinggal 1 bulan lagi. Itu berarti, belajar persiapan UTBK adalah hal penting atau mendesak kamu lakukan. Jadi, kerjakan aktivitas itu terlebih dahulu, Pahamifren!

Siapa yang masih suka menunda waktu belajar? Bagaimana cara mengatasinya?

Bukan hanya mengerjakan hal terpenting terlebih dahulu, kamu juga perlu memprioritaskan waktu kamu untuk hal tersebut. Kalau kamu biasanya banyak menghabiskan waktu bermain atau nongkrong bersama teman, berarti kamu perlu menguranginya dan mulai memperbanyak waktu belajar.

Alternatifnya, kamu bisa menentukan waktu belajar sendiri dan waktu belajar sambil nongkrong bersama teman. Cara seperti ini bisa mengoptimalkan waktu belajar kamu sekaligus waktu bermain kamu, lho. Tapi ingat, kamu harus mencari teman yang punya tujuan yang sama denganmu, biar proses belajar bersama teman pun bisa maksimal.

Memilih 1 Hal Terpenting untuk Dilakukan Hari Ini

Selain 3 cara di atas, Kak Fikri juga menyampaikan kalau untuk mengatur waktu dengan baik, kamu perlu memilih satu hal terpenting untuk dilakukan hari ini. Buat kamu yang sedang berjuang menghadapi UTBK SBMPTN, pasti hal terpentingnya belajar materi UTBK dan latihan soal dong. Sayangnya, masih banyak di antara kamu yang berpikir hal terpenting, seperti belajar itu terkesan serius. Akhirnya, kamu jadi berpikir, manusia kan butuhnya senang-senang, bukan serius terus?

cara membagi waktu belajar untuk persiapan utbk sbmptn yang efektif, satu di antaranya dengan memprioritaskan hal terpenting terlebih dahulu

Yups! Manusia butuh senang-senang untuk memperoleh kebahagiaan. Tapi, kalau Kak Fikri bilang, manusia itu punya 3 cara meraih kebahagiaan, yaitu pleasure, passion, dan purpose. Kebanyakan orang cuma fokus pada kebahagiaan yang berasal dari pleasure (kesenangan), padahal passion dan purpose justru sangat penting, lho.

Mempunyai passion dan tujuan hidup dapat membuat kamu lebih berpikir positif karena dapat memfokuskan energi atau mental pada tujuan yang ingin kamu raih. Adanya tujuan hidup bisa membuat kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya lebih terarah. Mengaitkannya dengan waktu belajar, adanya tujuan hidup dan passion yang jelas juga dapat membuat pembagian waktu belajar kamu lebih efektif, karena kamu sudah memiliki target belajar yang jelas untuk mencapai impian kamu.

Nah, itu dia beberapa cara membagi waktu belajar yang efektif ala Kak Fikri. Cara-cara di atas juga bisa kamu terapkan untuk manajemen waktu pada hal lainnya, lho. Mudah-mudahan, ulasan kali ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kekurangan waktu belajar yang kamu rasakan, ya.

Biar kamu bisa menerapkan waktu belajar efektif secara maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify. Semua fitur yang ada di aplikasi Pahamify dirancang khusus dengan konsep gamifikasi sehingga proses belajar dijamin seru dan enggak membosankan.

Khusus buat kamu yang ngambis masuk PTN favorit lewat jalur UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang bisa kamu coba sebagai persiapan untuk #TaklukkanUTBK.

Sudah enggak usah buang-buang waktu lagi, buruan download aplikasi Pahamify di link ini sekarang dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version