Pahamifren, pernah nggak sih kamu merasa frustasi saat nilai try out UTBK naik-turun? Banyak di antara kamu yang akhirnya merasa progresnya tidak sesuai yang diharapkan. Akibatnya, kamu semakin minder dan overthinking pada UTBK SBMPTN mendatang deh. Kalau dihadapkan dengan situasi seperti ini, cara mengatasinya bagaimana, ya?

Menurut Kak Fikri, dalam cuitan Twitternya, frustasi karena hasil try out yang naik-turun itu berasal dari diri sendiri. Hal terpenting untuk mengatasinya yaitu menata mindset kamu. Memang lebih mudah belajar materi daripada mengubah pola pikir supaya tetap semangat dan berpikir positif. Tapi, kamu tetap bisa mengubah pola pikir kamu, kok.

Cara Mengatasi Kekhawatiran akibat Nilai Try Out UTBK Naik-Turun

Dalam cuitannya, Kak Fikri bilang untuk fokus saja pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan. Buat hal yang di luar kendali kamu, lepasin saja, biar nggak menambah beban pikiran atau memunculkan ketakutan yang berlebih. Kak Fikri menyebutkan tiga hal atau cara yang bisa kamu kendalikan, antara lain sikap (attitude), proses (process), dan usaha (effort). Yuk, kita bedah satu persatu tiga aspek tersebut!

Mengendalikan Sikap

Cara untuk mengatasi kekhawatiran akibat  nilai try out UTBK yang naik-turun yaitu pentingnya mengubah mindset dan fokus mengendalikan sikap. Hal ini tentu tergantung pada pilihan yang kamu ambil. Misalnya, saat nilai try out kamu turun, pilihannya kamu semakin semangat buat memperbaiki nilai atau justru frustasi dan ingin menyerah.

Mendahulukan soal yang mudah menjadi strategi dalam menjawab latihan soal tryout UTBK.

Apa pun pilihannya, kamu harus bisa mengendalikan sikap kamu secara positif. Boleh frustasi saat nilai try out turun, tapi setelahnya mau ngapain? Mau tetap frustasi atau bangkit? Nah, kamu harus memikirkan secara positif keputusan yang kamu ambil nantinya, karena hal itu bisa berdampak pada hasil UTBK SBMPTN 2021 mendatang.

Pahami dan  Ini Dia, Persebaran Materi UTBK yang Sering Keluar, Dari TPS hingga TKA

Idealnya, untuk menyikapi situasi nilai try out yang naik-turun, kamu tidak boleh langsung menyerah. Fokuslah pada usaha dan prosesnya, karena dua hal ini bisa mengembangkan growth mindset kamu. Apabila kamu sudah memiliki growth mindset yang membuat kamu semakin tertantang belajar apa pun rintangannya, kamu bisa memiliki tekad dan keyakinan yang kuat untuk mencapai target yang kamu incar.

Fokus Pada Proses

Kalau kata Kak Fikri, manusia itu selalu mengharapkan targetnya berjalan mulus, prosesnya naik terus secara konstan hingga mencapai target. Padahal, kenyataannya pasti ada naik turunnya. Hal ini sama seperti pengendalian sinyal, ada fase sinyalnya jelek, ada fase sinyalnya bagus banget. Tapi, jangan khawatir! Progres naik-turun itu pasti membuahkan hasil kestabilan, kalau metode prosesnya benar.

Kak Fikri menggambarkan situasi nilai try out yang berubah-ubah ini seperti dadu yang dilempar. Kalau kamu coba melempar dadu sekali saja, hasilnya pasti cuma sesuai atau tidak sesuai dengan target kamu. Tapi, kalau kamu mencoba melemparnya berkali-kali, progres awalnya pasti berubah-ubah, hingga akhirnya kamu akan berprogres secara stabil sampai mencapai target.

Sudah latihan soal dan ikut try out online, tapi nilai UTBK untuk masuk PTN masih belum bagus? Ketahui penyebabnya segera.

Perlu kamu ketahui, ada banyak faktor yang bisa membuat nilai try out UTBK naik-turun, seperti tingkat kesulitan soal, mood, motivasi belajar, dan lain-lain. Ketika faktor-faktor ini kamu alami, sebaiknya fokus saja pada metode belajar yang kamu gunakan. Evaluasi apakah metode belajar kamu sudah efektif? Akan lebih mudah mencapai target apabila kamu menemukan proses belajar yang efektif. Kuncinya, kamu hanya perlu bersabar pada tiap prosesnya.

Terkait proses belajar ini, Kak Fikri menyarankan untuk tidak belajar berdasarkan waktu. Meskipun kamu belajar 10 jam, kalau nggak efektif buat apa? Kamu perlu belajar karena ingin menguasai materinya. Buatlah target belajar apa saja yang harus kamu kuasai, kalau nggak bisa menguasainya, berarti target kamu nggak ke kejar. Solusinya, evaluasi lagi metode dan proses belajar kamu, Pahamifren.

Pahami dan  Boleh Dicoba, 7 Tips Mudah Menjawab Soal Tryout UTBK

Usaha

Cara terakhir mengatasi frustasi akibat hasil try out yang kurang memuaskan yaitu dengan meningkatkan usaha kamu. Menurut Kak Fikri, ada dua jenis orang dalam menyikapi usaha ini. Ada yang berpikir kalau usaha belajar yang dilakukan kecil berarti dia pintar, kalau banyak usahanya berarti bodoh. Ada juga yang menganggap usaha dalam belajar ini adalah bagian dari menjadi cerdas atau pintar.

Biasanya, orang yang berpikir usaha dalam belajar yang dilakukan kecil berarti dia pintar, akan menganggap kecerdasan bersifat tetap. Hanya ada bodoh atau pintar saja. Kalau kamu memiliki cara pandang seperti ini, kamu akan mengejar validasi saat UTBK SBMPTN nanti, hanya ingin dapat pengakuan kalau kamu pintar. Anggapan seperti ini tentu tidak membuat strategi belajar kamu efektif ya, Pahamifren,

Sebaliknya, orang yang menganggap usaha adalah bagian dari menjadi cerdas, akan menganggap persiapan UTBK ini sebagai proses petualangan untuk mencerdaskan otak. Contohnya, kalau sekarang kamu merasa bodoh karena nilai try out yang turun, anggaplah situasi ini sebagai pengalaman. Teruslah mencoba sampai kamu menguasainya di luar kepala. Dengan begitu, kamu akan menjadi cerdas karena usaha kerasmu.

Khawatir dapat nilai UTBK kecil? Kamu bisa ikuti tips lolos SBMPTN UTBK 2021 meski nilai UTBK-mu kecil lho.

Di akhir cuitannya, Kak Fikri mengingatkan untuk jangan khawatir kalau nilai try out kamu turun, karena itu bukan hal yang perlu divalidasi dan bukan berarti juga kamu bodoh. Tapi, hal ini merupakan sebuah proses kamu menjadi orang yang lebih menguasai materi dan siap menghadapi ujian. Tidak takut lagi dengan tantangan yang ada. Terlepas dari hasil UTBK SBMPTN nanti seperti apa, persiapan UTBK yang Pahamifren lakukan akan membuat nilai Pahamifren menjadi lebih baik.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kekhawatiran saat hasil try out UTBK naik-turun. Gimana, Pahamifren? Sudah siap untuk menata mindset kamu secara positif?

Pahami dan  Apakah Belajar Tanpa Mencatat Materi Termasuk Belajar Efektif? Berikut Penjelasannya

Buat kamu yang ingin memantapkan persiapan UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba, dilengkapi dengan video pembahasan yang menarik. Kamu juga bisa mengikuti Kelas Online UTBK Gratis dan tantangan 1 Hari 1 Soal biar lebih siap untuk #TaklukkanUTBK.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version