Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, menjelang masa-masa seleksi masuk PTN 2021 seperti saat ini, pernah enggak sih kamu merasa takut gagal? Belum lagi, kalau kamu termasuk peserta yang tidak lolos di SNMPTN 2021. Mipi yakin saat ini menjadi waktu-waktu yang sulit buat kamu lewati. Perasaan was-was, takut, gelisah, atau bahkan tidak percaya diri menghadapi tes UTBK 2021 dan seleksi masuk PTN lainnya mungkin membuat kamu ingin menyerah.

Namun, daripada menyerah dan menyesal nantinya, lebih baik kamu menemukan cara mengatasi rasa takut pada diri sendiri. Ketika rasa takut lebih kuat menguasai dirimu, dampaknya bisa menghancurkan target yang kamu buat, lho. Misalnya, saat kamu harus menghadapi UTBK 2021 yang akan datang. Tapi karena terlalu takut akan kegagalan, kamu justru tidak bisa mencurahkan 100% fokus dan energi kamu untuk persiapan UTBK. Kalau sudah seperti ini, performa kamu tentu tidak maksimal saat UTBK nanti. Sayang banget kan?

Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa takut gagal itu sendiri? Untuk membantumu, Mipi telah merangkum 3 trik mental untuk mengatasi rasa takut gagal berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 21 September 2020. Mau tahu apa saja trik mental tersebut? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai!

Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal

Dalam cuitan Twitternya, Kak Fikri mengingatkan kalau sukses dan kegagalan itu sifatnya tidak permanen. Ibaratnya, hidup itu seperti gelombang yang terkadang naik-turun. Semakin kita dewasa, titik terendah dan tertinggi dari hidup kita akan semakin berkembang. Di saat itulah rasa takut akan kegagalan kerap menghantui.

Kamu butuh beberapa trik mental agar lebih siap menyikapi kegagalan, sekaligus mengetahui cara mengatasi rasa takut gagal itu sendiri. Kak Fikri menyebutkan ada 3 trik mental yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Berani Menghadapi Ketidakpastian

Perasaan takut gagal biasanya muncul ketika kamu tidak berani mengambil risiko. Hingga akhirnya, kamu menghindari hal-hal baru dan memilih diam di zona nyaman. Daripada hidup kamu tetap seperti itu saja, lebih baik kamu menyambut segala kemungkinan yang ada. Caranya, dengan menjadi berani menghadapi ketidakpastian dalam hidup.

Lewat trik mental yang satu ini, kamu seolah-olah menantang diri sendiri untuk tidak terjebak di zona nyaman. Motivasi mempelajari hal-hal baru untuk meraih target yang telah kamu buat pun semakin meningkat. Kak Fikri sendiri biasanya menggunakan cara mengatasi rasa takut gagal ini saat ia harus melakukan hal-hal yang dirasa susah atau menakutkan.

Kalau kamu merasa tes UTBK 2021 cukup susah dan menakutkan, coba deh terapkan trik mental ini, Pahamifren. Bayangkan kamu yang menginginkan dan menikmati tes UTBK yang susah itu. Dengan begitu, kamu pasti lebih berani menghadapi setiap kemungkinan yang ada. Rasa takut gagal dalam dirimu akan menghilang terganti oleh pikiran positif yang selalu optimis untuk meraih impian.

Kurangi Mencari Validasi dari Orang Lain

Sebagai manusia, sudah sewajarnya kita pasti ingin mendapatkan validasi atau pengakuan dari orang lain. Akan tetapi, mencari validasi yang berlebih dari orang lain juga bisa membuat kita merasa insecure dan takut akan kegagalan, lho. Kebutuhan akan pengakuan eksternal yang berlebih ini dapat membuatmu takut dihakimi oleh orang lain.

Contohnya, kamu sudah mau ambisius buat belajar UTBK, tapi karena dapat komentar dari teman, kamu jadi takut dicemooh. Atau, kamu sebenarnya sudah tahu strategi belajar UTBK yang harus kamu lakukan seperti apa, tapi karena ketakutan akan penilaian orang lain, kamu jadi ragu.

Maka dari itu, validasi itu seharusnya kamu kembalikan pada diri sendiri. Jangan memberikan otoritas kepada orang lain untuk membuat kamu menjadi insecure. Lewat trik mental ini, kamu bisa menemukan cara mengatasi rasa takut gagal dan menjadi lebih berani dalam mengambil langkah untuk mewujudkan cita-cita. Enggak cuma itu, trik ini juga dapat membuatmu lebih menghargai diri sendiri pada setiap proses yang telah kamu lakukan.

cara mengatasi rasa takut gagal menjelang UTBK SBMPTN

Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Trik mental yang terakhir dari Kak Fikri yaitu menerima kekurangan diri sendiri. Saat kamu menerima kelemahanmu, kamu dapat memakai kelemahan tersebut sebagai senjata untuk mengatasi rasa takut gagal. Kamu akan berusaha lebih keras mengubah kekurangan menjadi kelebihan sehingga orang lain tidak bisa menggunakannya untuk mengolok-olok dirimu. Dengan mengenali kekurangan dalam diri sendiri, kamu juga bisa menggali potensi-potensi lain yang kamu miliki.

Sebagai contoh, pada saat mengerjakan soal SBMPTN kamu merasa kurang di soal hitungan. Karena sudah menyadari kekuranganmu, kamu akan lebih teliti pada soal-soal hitungan dan berusaha lebih giat lagi menguasai materinya. Trik mental seperti ini dapat membuatmu lebih percaya diri dan bijak dalam menyikapi rasa takut gagal.

Nah, itulah beberapa trik mental yang bisa kamu ikuti sebagai cara mengatasi rasa takut akan kegagalan. Mudah-mudahan, ulasan kali ini bisa membantumu lebih giat berjuang untuk persiapan UTBK dan tidak lagi tenggelam dalam rasa takut yang kamu alami.

Biar kamu semakin berani menghadapi UTBK SBMPTN 2021, kamu tentu butuh persiapan yang matang. Segera kuasai materi UTBK 2021 dengan mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK berkonsep HOTS ter-update yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik.

TryOut Pahamify juga dilengkapi dengan fitur Smart Analysis yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui materi UTBK mana yang masih perlu kamu perdalam lagi. Fitur ini cocok banget buat evaluasi belajar dan meningkatkan nilai UTBK, lho.

Yuk, lebih siap taklukkan UTBK dan raih kampus impian bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify di sini dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll