Hayo ngaku, siapa yang masih sering enggak teliti saat belajar dan mengerjakan soal? Akibatnya, kamu jadi sering menyesal karena salah jawab deh. Jangan sampai hal itu terjadi berlarut-larut ya, Pahamifren. Bisa-bisa, hasil belajarmu tidak membuahkan hasil yang baik karena keteledoran seperti ini. Nah, kamu bisa mengasah ketajaman otak kamu dengan mengikuti cara meningkatkan konsentrasi berikut ini.

Cara Meningkatkan Ketelitian dan Ketajaman Otak

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar teliti dalam mengerjakan soal. Hanya saja, Mipi bakal membahas 5 hal yang paling utama, antara lain:

Menjadikan Aktivitas Meneliti Ulang sebagai Kebiasaan

Berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, cara tes ketelitian yang satu ini sering banget ia lakukan. Memasukkan kegiatan meneliti ulang sebagai proses wajib dalam melakukan setiap hal bisa membuat ketajaman otak kamu meningkat pesat. Mengutip dari buku How to Solve It, Kak Fikri memasukkan proses meneliti ulang sebagai bagian dari problem solving untuk menyikapi suatu hal, termasuk belajar dan mengerjakan soal.

Intinya, kalau kamu menjadikan aktivitas meneliti ulang sebagai kebiasaan, kamu akan merasa tugas kamu belum selesai apabila belum cek kembali. Contohnya, saat mengerjakan tugas Matematika, kamu enggak hanya fokus pada soal yang terjawab semua, tapi juga fokus pada pengecekan kembali hasil jawaban tersebut dan bagaimana prosesnya. Sebenarnya, ketika mindset meneliti ulang sudah tertanam dari diri kamu, fokus dan ketajaman otak kamu akan meningkat dengan sendirinya kok.

Hindari Sikap Tergesa-gesa

Terkadang, banyak kesalahan dalam belajar dan mengerjakan soal terjadi karena kamu terburu-buru ingin menyelesaikan semuanya secara cepat. Akibatnya, banyak informasi penting yang terlewat dan tidak terserap secara maksimal. Sikap tergesa-gesa seperti ini hanya akan mengurangi fokus dan ketajaman otak kamu, Pahamifren. Cara belajar yang kamu lakukan pun tidak akan berjalan efektif.

Pahami dan  Bahasa Indonesia Kelas 12: Membaca Novel Sejarah

Alangkah baiknya kamu mulai mengalokasikan waktu secara bijak pada saat belajar dan mengerjakan tugas. Jangan fokus pada seberapa cepat kamu dapat menyelesaikannya, namun fokuslah pada keakuratan dalam prosesnya. Dengan begitu, kamu menjadi lebih teliti dan jarang melakukan kesalahan saat menjawab soal.

Cara Meningkatkan Ketelitian Lewat Latihan Soal

Cara meningkatkan ketelitian juga dapat dilakukan melalui latihan soal yang sulit. Mengerjakan soal yang sulit akan membuatmu semakin tertantang untuk bisa menyelesaikannya. Bukan tidak mungkin, kamu akan meluangkan waktu untuk fokus pada tahapan penyelesaian soal sampai menemukan jawaban yang benar. Perlu kamu ketahui, latihan soal sulit membutuhkan daya ketelitian dalam berpikir yang cukup besar. Semakin kamu ketagihan mengerjakan soal yang sulit, ketajaman dan ketelitian otak kamu pun makin terasah.

Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Belajar

Ketelitian, fokus, dan konsentrasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam belajar. Saat kamu fokus dan konsentrasi dalam belajar, daya ketelitian otak kamu akan terasah secara otomatis. Sayangnya, banyak di antara kamu yang belum bisa fokus dan konsentrasi dalam belajar. Baik itu karena bosan dengan materinya, belum menemukan teknik belajar yang tepat, atau karena ingin menguasai banyak materi sekaligus. Faktor-faktor seperti inilah yang membuat kerja otak berantakan.

Untuk melatih fokus dan konsentrasi belajar kamu, cobalah mengatur prioritas dan target belajar. Ketahui mana materi atau tugas yang harus diselesaikan dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Selain itu, carilah waktu belajar efektif yang bisa mempertajam daya ketelitian otak, seperti pagi hari. Tubuh kamu justru lebih bisa bersemangat dan konsentrasi di jam-jam sekitar 6 sampai 9 pagi. Kalau kamu membutuhkan cara agar bisa fokus belajar hingga berjam-jam, kamu bisa cek di link artikel ini, ya.

Pahami dan  Ini Dia 5 Politeknik Terbaik di Indonesia Beserta Jurusannya Yang Bisa Kamu Pilih

Olahraga Rutin

Teliti adalah bagian dari proses kerja otak dalam mengolah suatu informasi. Otak kamu dapat bekerja tajam dan akurat apabila dalam keadaan segar dan prima. Nah, untuk menjaga otak yang tetap prima, olahraga menjadi aktivitas yang sangat dianjurkan, Pahamifren.

Lewat olahraga, aliran darah menuju otak menjadi lancar. Sirkulasi energi maupun oksigen ke otak pun semakin optimal. Olahraga rutin setidaknya sekali dalam seminggu bisa membantu daya ketelitian dan keakuratan otak kamu berkembang pesat. Beberapa olahraga yang bagus untuk meningkatkan ketelitian yaitu bersepeda, catur, lari, aerobik, senam otak, panahan, dan meditasi.

Bagaimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan cara-cara meningkatkan ketelitian di atas? Yang terpenting untuk menjaga daya ketelitian otak adalah membuat proses meneliti sebagai kebiasaan dalam belajar. Tapi ingat, kamu juga harus menemukan cara belajar yang efektif agar proses meneliti tersebut dapat berjalan optimal.

Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify untuk belajar yang efektif dengan cara mengasyikkan. Dilengkapi video materi dan latihan soal berkonsep gamifikasi, dijamin kamu bakal lebih mudah memahami materinya.

Khusus buat kamu yang sedang mempersiapkan Ujian Mandiri PTN, Pahamify juga sudah menyiapkan Paket SIMAK UI. Ada TryOut Premium yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan persiapan belajar kamu.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang juga di sini! Gunakan semua fiturnya untuk #TaklukkanSIMAK UI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version