Semenjak pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu, proses belajar tatap muka di sekolah dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Metode pembelajaran daring ini menuntut kamu menatap layar HP atau laptop terus-menerus setiap harinya. Bukan tidak mungkin, kesehatan mata menjadi terganggu karena hal tersebut. Mata jadi sering kelelahan atau kering selama belajar online di rumah.

Nah, Pahamifren, kali ini Mipi akan memberikan tips sederhana tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama belajar online. Rawat kesehatan mata kamu dengan menerapkan cara-cara tersebut, ya!

Dampak Menatap Layar Terlalu Lama

Sebelum membahas cara merawat mata, kamu mesti tahu dulu dampak menatap layar terlalu lama bagi kesehatan mata. Beberapa efeknya, yaitu:

Penglihatan Kabur

Menatap objek pada jarak sama untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan sistem fokus mata menjadi kejang atau “terkunci” sementara. Kondisi ini biasanya disebut kejang akomodasi yang membuat penglihatan kabur. Jika dibiarkan, dampak jangka panjangnya bisa membuat mata minus atau rabun jauh.

Mata Kering

Tanpa disadari, saat menatap layar terlalu lama, mata kamu jadi jarang berkedip. Hal ini bisa memicu mata tidak sehat, seperti kering dan iritasi. Mata terasa gatal dan penglihatan lebih buram dari biasanya. Ditambah lagi, penggunaan laptop atau HP biasanya diletakkan di area visual yang lebih tinggi daripada buku. Akibatnya, kelopak mata atas cenderung terbuka lebih lebar sehingga mempercepat penguapan lapisan air mata.

Mata Lelah

Terlalu lama menatap layar laptop atau HP bisa membuat mata kamu lelah. Gejalanya dapat berupa rasa sakit di sekitar pelipis dan area mata. Saat mengikuti metode pembelajaran daring, mata kamu perlu berkonsentrasi lama pada layar laptop atau HP untuk memahami materi yang diajarkan Bapak/Ibu guru. Hal itulah yang memicu kelelahan pada mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata selama Pembelajaran Jarak Jauh di rumah

Cara Menjaga Kesehatan Mata selama Belajar Online

Supaya kesehatan mata tetap terjaga dan terhindar dari dampak-dampak di atas, ada sejumlah cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu ikuti. Apa saja itu? Simak yuk!

Pahami dan  5 Pengaruh Teknologi Terhadap Kebiasaan Belajar Yang Bisa Kamu Rasakan

Pastikan Cahaya di Ruangan Cukup

Pencahayaan lampu di ruangan sangat penting agar kamu bisa melihat secara jelas. Hanya saja, saat belajar online di rumah, kamu perlu mengatur tingkat pencahayaan tersebut. Hindari pencahayaan yang terlalu terang karena membuat silau. Jangan pula membiarkan pencahayaan terlalu redup karena membuat penglihatan buram. Atur pencahayaan yang cukup sesuai kondisi mata kamu saat ini.

Selain dapat merawat kesehatan mata, ternyata pencahayaan ruangan juga berpengaruh terhadap produktivitas belajar, lho. Belajar dalam ruangan terang cenderung dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan semangat belajar ketimbang dalam ruangan remang-remang.

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya yaitu mengonsumsi makanan bergizi. Makanan seperti sayuran hijau, ikan segar, serta buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan meningkatkan kinerja mata. Mengonsumsi wortel secara rutin juga membantu menjaga kesehatan mata kamu. Hal ini karena wortel sarat akan beta karoten, suatu antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula pada mata.

Sering Mengedipkan Mata

Selama pembelajaran daring, sebaiknya kamu rutin mengedipkan mata. Normalnya, manusia berkedip sebanyak 15-20 kali dalam satu menit. Namun, frekuensi mengedipkan mata tersebut bisa menurun saat kamu membaca buku, menonton televisi, bahkan menatap layar laptop atau HP terlalu lama. Kalau kamu membiasakan berkedip sebanyak 15-20 kali saat belajar online, kamu akan terhindar dari mata kering dan kelelahan, Pahamifren!

Atur Pencahayaan dan Jarak Layar Laptop/Hp

Untuk menurunkan risiko mata tidak sehat karena belajar online, pastikan mengatur pencahayaan layar. Usahakan pencahayaan tidak terlalu terang atau gelap agar mata tidak cepat lelah dan kamu lebih mudah melihat materi pelajaran di layar tersebut. Jika perlu, gunakan filter blue light pada layar untuk melindungi mata dari paparan sinar biru laptop maupun HP.

Pahami dan  Bahasa Indonesia Kelas 10: Teks Negosiasi dan Strukturnya

Selain itu, kamu perlu memberi jarak setidaknya 60-65 cm antara layar dengan wajah. Pastikan posisi layar tepat di depan mata sehingga kamu tidak perlu menunduk maupun mendongak. Jadi, tubuh kamu tetap dalam kondisi nyaman dan kinerja mata tetap prima selama belajar online di rumah.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Lewat Metode 20-20-20

Metode 20-20-20 ini terbukti ampuh merawat kesehatan mata. Khususnya bagi kamu yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop, HP, dan komputer. Metode ini berarti, setiap 20 menit sekali saat belajar online, usahakan melihat objek lain sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter, selama 20 detik. Cara ini bermanfaat mengurangi ketegangan mata karena menatap layar terlalu lama.

Itu dia beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu ikuti selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yuk, mulai membiasakan diri menjalankan kelima cara tersebut! Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati, Pahamifren?

Nah, bagi kamu yang mau proses belajar online semakin seru dan bikin paham, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify di sini. Sebagai aplikasi belajar online terbaik, Pahamify menyediakan video belajar berkonsep gamifikasi, rangkuman, bank soal SMA, try out online persiapan ujian, dan berbagai fitur keren lainnya lengkap tersedia untukmu.

Buruan berlangganan sekarang! Cek penawaran spesial dari Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

3 Comments on “Jaga Mata Tetap Sehat selama Belajar Online, Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan

Siambiskece
May 17, 2021 at 9:33 am

Mantapp bakal saya coba kak!!!

Reply
Fitri Dewanty
May 18, 2021 at 12:28 am

Semoga bermanfaat 🙂

Reply
Nadya cahyaningrum
June 5, 2021 at 6:01 am

artikel ini sangat membantu apalagi dimasa pandemi seperti ini. setiap hari berada didepan layar handpone/laptop sangat berpengaruh bagi kesehatan mata. artikel ini bermanfaat tidak hanya bagi pelajar tapi juga bagi orang dewasa pengguna ponsel.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version