Ikuti Try Out Online UTBK Pada 05 - 07 Juni 2020

Tes Potensi Skolastik merupakan satu-satunya yang diujikan pada UTBK 2020. Keputusan ini berkaitan dengan kondisi dunia yang sedang berada dalam wabah global Covid-19.

Menurut LTMPT, TPS adalah salah satu jenis tes yang mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Salah satu kemampuan yang diujikan adalah kemampuan memahami bacaan dan menulis. Setiap soal pada jenis ujian ini terdapat informasi berupa teks atau paragraf, dimana biasanya kamu perlu memahami inti paragraf, kesimpulan dan pesan tersiratnya.

Nah di artikel ini, kita akan kenalan dengan contoh soal yang bersifat kemampuan memahami bacaan dan menulis beserta pembahasannya. Langsung aja yuk kita lihat soalnya kaya gimana!


Bacalah artikel di bawah ini dengan saksama!

Kata pijat (massage) sejak ”Zaman Kuno” hingga saat ini telah dipakai dalam berbagai bahasa di dunia. Pertama kali pijat ditemukan oleh manusia di muka bumi ini sebagai salah satu kegiatan sederhana yaitu mengelus-ngelus dengan lembut bagian yang dirasa sakit, misalnya dahi dan bagian tubuh lainnya yang terasa panas. Hal ini dilakukan sebagai [….] sikap atau gerakan spontan untuk dapat menghasilkan efek yang lebih baik.

Meskipun sampai saat ini belum ada data yang pasti untuk menerangkan siapa manusia pertama kali yang menemukan massage, namun dari keterangan di atas telah terbukti bahwa massage telah berkembang di seluruh dunia, antara lain: di Cina, India, dan Mesir, hingga hal tersebut menjadikan suatu kebudayaan yang tinggi bagi setiap negara. Pijat (massage) dipergunakan oleh manusia tidak hanya untuk memelihara kesehatan tubuh saja, melainkan sebagai salah satu cara untuk mengobati suatu penyakit. Seperti halnya di Cina (3000 tahun SM), massage digunakan dengan tujuan utama untuk mengaktifkan sirkulasi darah dan hormon di dalam tubuh sebagai penenang, perangsang saraf, dan sebagai pengobatan penyakit tertentu. Sedangkan di India kuno massage telah dikenal dan dipraktekkan pada seluruh masyarakat. Hal ini terbukti dengan ditemukannya sebuah buku peninggalan bangsa India yaitu ‘17 Veda’ (1800 SM) dari salah satu bab yang berjudul ‘Ayur’, terdapat ulasan panjang lebar menceritakan tentang kesehatan, massage dan senam penyembuhan penyakit.

Negara-negara Eropa, seperti Swedia, Prancis, Inggris, Belanda, Jerman, dan Rusia merupakan negara pertama kali yang mengembangkan pijat (massage). Swedia menggunakan pijat untuk memelihara olahragawan dan pesenam yang sakit atau mengalami cedera. Hal ini bagi mereka sangat berguna untuk melawan kelelahan, serta mengembalikan kesalahan bentuk atau gangguan fungsi patologis manusia. Negara-negara Eropa menggunakan massage untuk perawatan orang sakit dan cedera, pesenam dan olahragawan, serta untuk mengembalikan kebugaran dan melawan kelelahan yang dikarenakan oleh latihan fisik.

(Dikutip dengan pengubahan. Sumber: Afri, Arba Sandi (2012) PERSEPSI PEMAIN PERKUMPULAN SEPAK BOLA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PS. UNY) TERHADAP MANFAAT SPORT MASSAGE SEBELUM BERTANDING. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.)

Jawablah beberapa soal di bawah ini

1. Topik utama teks di atas adalah…

a. Pengertian pijat/massage
b. Manfaat pijat/massage
c. Teknik pijat/massage
d. Sejarah pijat/massage
e. Tujuan pijat/massage

2. Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di paragraf pertama adalah…

a. bermula
b. mulanya
c. permulaan
d. bermulanya
e. semula

3. Pertimbangkan apakah kata bercetak tebal pada paragraf pertama perlu diperbaiki atau tidak.

a. Tidak perlu diperbaiki
b. zaman kuno
c. “zaman kuno”
d. Zaman kuno
e. Zaman Kuno

Pembahasan

1. Dalam menentukan topik utama pada sebuah teks, kita harus membaca dan memahami teks tersebut secara keseluruhan. Topik utama dapat dicari dengan melihat gagasan apa yang selalu muncul pada setiap paragraf.

Pada bacaan di atas, pada setiap paragraf terdapat bahasan mengenai sejarah pijat dari zaman kuno hingga kini.

Jadi, topik utama bacaan di atas adalah sejarah perkembangan pijat (D)

2. Jika dilihat dari konteks kalimatnya, kata yang paling tepat untuk melengkapi bagian tersebut adalah “permulaan”. Kata permulaan berasal dari kata “mula” yang diberi imbuhan per-an sehingga bermakna ‘awal’

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

3. Penulisan kata bercetak tebal pada paragraf di atas tidak perlu menggunakan huruf kapital dan tanda kutip. Huruf kapital hanya digunakan untuk menuliskan sesuatu yang mengandung unsur nama/istilah atau menuliskan judul. Sementara tanda kutip (“…”) digunakan untuk menulis sebuah kutipan atau kalimat langsung.

Jadi, jawaban yang benar adalah B

Pelajari soal TPS tentang Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis lebih lengkap lagi dengan mengikuti Tryout Online UTBK Pahamify. Download aplikasinya dan aftarin diri kamu sekarang juga! Dan taklukan segala bentuk soal TPS yang akan muncul di UTBK 2020. Kamu juga bisa ikutan kelas online supaya tetap bisa #BelajarSeruDiRumah bareng Pahamify, tiap jam 14.00-16.00. Tentunya hanya di aplikasi belajar Pahamify!


Komentar

4 Comments on “Contoh Soal & Pembahasan TPS UTBK: Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis

Rizki.ans
May 17, 2020 at 4:04 pm

ihh kern banget blognya sukaa

Reply
Aditya Perdana Putra
May 18, 2020 at 4:07 am

Halo Rizki. Terima kasih. Semoga bisa bikin kamu tambah semangat belajar, ya.

Reply
Dian salsabila Romy
June 2, 2020 at 12:11 pm

Soal dan bahasannya bermanfaat banget :)) terima kasihhhhh, share soal2 lainnya yahh

Reply
Aditya Perdana Putra
June 4, 2020 at 3:28 am

Halo Dian Salsabila! Baik, kita tampun sarannya. Terima kasih

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog