Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Halo, Pahamifren! Siapa di antara kamu yang berencana mengambil kelompok ujian Saintek/IPA di pendaftaran SIMAK UI 2021? Pada ulasan kali ini, Mipi akan berbagi contoh soal SIMAK UI Kemampuan IPA Biologi lengkap beserta pembahasannya. Latihan soal ini bisa menunjang kamu lebih aktif belajar persiapan SIMAK UI sehingga saat ujian nanti kamu sudah terbiasa dan tidak panik lagi. Buat pejuang ambis SIMAK UI Saintek, yuk coba kerjakan soalnya sekarang!

Materi Contoh Soal SIMAK UI Biologi

Supaya pengerjaan contoh soal SIMAK UI Kemampuan IPA Biologi makin efektif, kamu harus tahu materi yang biasa keluar dalam ujian. Sebenarnya, materi ujian SIMAK UI tidak memiliki acuan pasti. Dalam artian, topik yang diujikan pada setiap kode soal dan ujian per tahunnya bisa berbeda-beda. Namun, ada beberapa materi yang sering keluar dalam Ujian Mandiri UI tahun-tahun sebelumnya.

Adapun cakupan materi tersebut, antara lain sel, jaringan, dan organ, struktur organ dan fungsi tubuh manusia, metabolisme sel, dan materi genetik. Konsep materi klasifikasi makhluk hidup, bioteknologi, dan teori evolusi juga beberapa kali diujikan. Pastikan kamu mulai mempelajari materi-materi tersebut agar penguasaan materi SIMAK UI makin optimal.

Ingat, hal yang diperlukan untuk menjawab soal Ujian Mandiri yaitu pemahaman konsep, bukan sekadar hafalan. Selain itu, soal Biologi juga tidak memerlukan banyak rumus dan hitungan seperti soal Kemampuan IPA lainnya. Maka dari itu, tips mengerjakan SIMAK UI Biologi yang terpenting adalah paham konsep materinya dan bisa mengaitkan hubungan satu konsep materi dengan konsep lainnya. Kalau sudah paham konsepnya, kamu pasti lebih siap menghadapi soal SIMAK UI 2021 mendatang.

Latihan Soal SIMAK UI Kemampuan IPA Biologi dan Pembahasan

Sampai sini, kamu sudah tahu sedikit gambaran soal SIMAK UI dan cara mengerjakannya kan? Setelah mempelajari konsep materi yang dibahas sebelumnya, kamu bisa menggunakan contoh soal SIMAK UI berikut ini sebagai simulasi SIMAK UI 2021.

Contoh soal SIMAK UI Kemampuan IPA Biologi dan pembahasannya ini merupakan soal yang pernah keluar di SIMAK UI tahun-tahun sebelumnya. Tentunya, soal ini tidak akan keluar sama persis saat SIMAK UI 2021 nanti, ya. Namun, kamu bisa menjadikan latihan soal ini untuk mengukur sejauh apa pemahaman kamu dalam memahami konsep Biologi. Berikut daftar soal yang bisa kamu kerjakan:

Soal 1

Dalam suatu ekspedisi telah ditemukan tumbuhan dengan ciri‐ciri sebagai berikut: tidak berkayu, berdaun menyirip, tidak berbunga, batang roset, daun muda menggulung. Jika Anda diminta untuk menduga, tumbuhan kelompok apakah yang Anda temukan tersebut?

A. Angiospermae

B. Monocotyledonae

C. Pteridophyta

D. Bryophyta

E. Gymnospermae

Pembahasan:

Daun muda menggulung merupakan ciri-ciri yang mudah ditemui pada tumbuhan paku. Jadi, ciri-ciri di atas merupakan ciri khas Pteridophyta.

Jawaban yang benar adalah C.

Respirasi Aerob dan Anaerob

Soal 2

Lapisan sel mati yang terdiri atas beberapa lapisan jaringan epidermis pada akar udara tanaman anggrek dan berfungsi sebagai jaringan penyimpanan air adalah…

A. kutikula

B. trikom

C. spina

D. velamen

E. sel litosit

Pembahasan:

  • Kutikula adalah lapisan bukan sel yang berada di atas lapisan epidermis, dapat berupa permukaan yang halus, kasar, bergelombang, atau beralur.
  • Trikomata (rambut‐rambut) membantu proses penyerapan air dan mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan.
  • Spina (duri) merupakan metamorfosis bagian-bagian pokok tumbuhan (daun, batang, dan akar).
  • Velamen merupakan lapisan sel mati di bagian dalam jaringan epidermis pada akar gantung (akar udara) tumbuhan anggrek. Fungsi velamen sebagai alat penyimpan air.
  • Sel litosit adalah sel yang dindingnya mengalami penebalan secara sentripetal.

Jawaban yang benar adalah D.

Soal 3

Glikolisis adalah rangkaian reaksi pengubahan molekul glukosa menjadi asam piruvat dengan menghasilkan NADH dan ATP. Pernyataan yang termasuk sifat‐sifat glikolisis adalah…

1) Glikolisis dapat berlangsung secara aerob maupun anaerob.

2) Dalam glikolisis terdapat kegiatan enzimatis.

3) ADP dan ATP berperan dalam pemindahan fosfat dari molekul satu ke molekul lain.

4) Pelepasan air menghasilkan 2 molekul fosfoenol piruvat yang masing‐masing memiliki ikatan fosfat berenergi tinggi.

Pilihlah:

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

B. Jika (1) dan (3) yang benar

C. Jika (2) dan (4) yang benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semuanya benar

Pembahasan:

  1. Pernyataan salah, karena pemecahan glukosa atau glikolisis terjadi secara anaerob dengan bantuan enzim.
  2. Pernyataan benar, dalam glikolisis terdapat kegiatan enzimatis dan Adenosine Trifosfat (ATP), serta Adenosine Difosfat (ADP).
  3. Pernyataan benar, ADP dan ATP berperan dalam pemindahan fosfat dari molekul satu ke molekul lainnya.
  4. Pernyataan benar, dengan pertolongan enzim enolase dan ion Mg++, maka asam‐2‐fosfogliserat melepaskan H2O dan menjadi asam‐2‐fosfoenolpiruvat.

Jadi, pernyataan 2,3 dan 4 yang benar.

Jawaban yang paling sesuai dengan perintah soal adalah C (2 dan 4).

Soal 4

Proto-onkogen dapat berubah menjadi onkogen yang menyebabkan kanker.

SEBAB

Dalam keadaan normal, proto-onkogen membantu meregulasi pembelahan sel.

Pilihlah:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan:

  • Pernyataan benar. Kanker merupakan gangguan yang terjadi pada sel-sel normal yang membelah tak terkendali. Dari segi genetik, satu di antara penyebab kanker yaitu adanya mutasi proto-onkogen menjadi onkogen sehingga sel membelah terus-menerus.
  • Alasan benar. Proto-onkogen dalam keadaan normal berfungsi dalam pembelahan sel.
  • Keduanya tidak berhubungan. Penyebab mutasi proto-onkogen menjadi onkogen yang bisa menyebabkan kanker terjadi karena sinar UV, senyawa karsinogenik, atau bahkan umur.

Jawaban yang benar adalah B.

Soal 5

Pada klasifikasi Paramecium yang dilakukan secara molekular, para ahli menggunakan parameter genetik yang dimilikinya. Informasi genetik dalam Paramecium terkandung dalam…

A. mikronukleus

B. makronukleus

C. mitokondria

D. plastida

E. mikronukleus dan makronukleus

Pembahasan:

Paramecium termasuk kingdom protista yang menyerupai hewan (protozoa) dan telah memiliki selubung inti sel (eukariotik). Protista ini memiliki dua inti sel yaitu mikronukleus dan makronukleus. Keduanya berfungsi untuk menyimpan materi genetik.

Jawaban yang benar adalah E.

Itu dia beberapa contoh soal SIMAK UI dan pembahasannya yang bisa kamu jadikan referensi. Adakah materi yang masih perlu kamu kuasai lagi? Agar bisa menguasai materi SIMAK UI keseluruhan secara cepat dan tepat, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify di link ini.

Kabar baiknya, Pahamify menyediakan Paket SKS SIMAK UI 2021 yang bisa kamu gunakan untuk kebut persiapan belajar intensif menghadapi SIMAK UI 2021 mendatang. Dilengkapi try out SIMAK UI, kelas online, bank soal dan rangkuman materi SIMAK, serta fitur Study Plan eksklusif, Paket SKS SIMAK UI 2021 bisa membuat proses belajar online di rumah makin optimal.

Buruan berlangganan paketnya sekarang! Gunakan semua fitur kerennya untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll