Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pelaksanaan SIMAK UI 2021 tinggal beberapa hari lagi. Kamu harus sudah punya persiapan matang agar bisa kuliah di UI lewat jalur SIMAK ini. Khusus buat kamu yang mengambil kelompok ujian Soshum, Mipi mau membagikan latihan soal SIMAK UI Geografi, biar persiapan kamu makin maksimal. Enggak cuma contoh soal, ada pembahasan lengkap yang bisa kamu pelajari. Jadi, baca artikel ini sampai selesai.

Materi Soal SIMAK UI Geografi

Sebelum masuk ke contoh soal SIMAK UI dan pembahasannya, kamu perlu tahu materi SIMAK UI Soshum Geografi yang kerap diujikan. Adapun persebaran materi Geografi yang banyak muncul dari tahun 2015 sampai 2019 mencakup litosfer, atmosfer, hidrosfer, interaksi desa-kota, wilayah dan perwilayahan, flora dan fauna, interpretasi peta dan citra, penginderaan jauh, serta konsep dasar geografi.

Beberapa materi lainnya, seperti perairan darat, mitigasi bencana, masalah kependudukan, pertumbuhan wilayah, sistem informasi geografis, unsur cuaca, dan perubahan iklim juga beberapa kali muncul pada rentang tahun tersebut.

Secara umum, materi yang diujikan dalam SIMAK UI banyak menekankan analisis keterkaitan satu konsep dengan konsep lainnya. Contohnya, konsep pemerataan pembangunan berhubungan dengan dampak perkembangan kota. Oleh karena itu, tips mengerjakan soal SIMAK UI Geografi yang terpenting adalah memahami konsepnya. Jika perlu, belajarlah materinya secara urut agar tahu detail dan hubungan setiap materi. Cara ini akan sangat membantu kamu dalam mengerjakan kumpulan soal SIMAK UI yang membutuhkan kemampuan analisis.

Latihan Soal SIMAK UI Geografi dan Pembahasan

Berdasarkan kisi-kisi materi yang telah dibahas sebelumnya, kamu dapat menggunakan contoh soal SIMAK UI Geografi berikut ini sebagai latihan. Tentunya, kumpulan soal tersebut tidak akan keluar sama persis pada SIMAK UI 2021 nanti, ya. Namun, kamu bisa menjadikan latihan soal SIMAK UI ini untuk lebih memahami jenis konsep pada soal dan cara penyelesaiannya. Yuk, kerjakan sekarang!

Soal 1

Peta yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas penempatan proyek kegiatan padat karya adalah ….

A. peta persebaran pusat ekonomi

B. peta persebaran dan kepadatan penduduk

C. peta persebaran permukiman

D. peta persebaran lokasi industri

E. peta jaringan transportasi

Pembahasan:

Kegiatan padat karya merupakan proyek yang melibatkan banyak tenaga kerja manusia dibandingkan mesin. Proyek ini biasanya ditujukan untuk kelompok masyarakat miskin dengan tingkat pendidikan rendah agar dapat bekerja.

Untuk menentukan kegiatan proyek padat karya tepat sasaran digunakan dua peta penting, yaitu persebaran dan kepadatan penduduk. Peta persebaran berfungsi melihat lokasi permukiman masyarakat miskin. Sementara peta kepadatan penduduk melihat tingkat kepadatan penduduk wilayah tersebut. Biasanya, kepadatan wilayah penduduk yang tinggi berbanding lurus dengan tingkat kemiskinan.

Jawaban yang benar adalah B.

Soal 2

Konsep yang mengkaji jenis kegiatan penduduk di dataran tinggi dan rendah adalah ….

A. ketergantungan

B. keterjangkauan

C. keterkaitan area

D. diferensiasi area

E. aglomerasi

Pembahasan:

Konsep dasar geografi yang digunakan untuk mempelajari 2 wilayah berbeda disebut diferensiasi area. Diferensiasi area mengkaji perbedaan karakteristik 2 wilayah. Contohnya, kota identik dengan gedung tinggi, sedangkan desa identik dengan persawahan. Atau, dataran rendah cocok untuk pertanian lahan basah, sementara dataran tinggi untuk perkebunan.

Jawaban yang benar adalah D.

Soal 3

Perubahan iklim menimbulkan dampak negatif bagi petani di Indonesia berupa ….

A. ketidakpastian masa panen

B. penurunan adaptasi tanaman

C. kekacauan awal masa tanam

D. gangguan pertumbuhan tanaman

E. kekacauan pola tanam

Pembahasan:

Pemanasan global dan perubahan iklim memiliki dampak berbeda-beda di setiap tempat. Di daerah kutub, perubahan iklim mengakibatkan es mencair. Sedangkan di wilayah tropis seperti Indonesia dampaknya berupa pergantian musim yang tidak menentu.

Pergantian musim yang tidak menentu bisa membuat ketidakpastian masa panen. Hal tersebut tentu berdampak negatif bagi petani karena berkaitan dengan penghasilan mereka.

Jawaban yang benar adalah A.

Soal 4

Garis Wallace yang melalui Selat Makassar dan Selat Lombok membatasi persebaran fauna Asiatis dengan fauna Australis.

SEBAB

Migrasi fauna yang berada pada dua sisi yang berbeda dari garis Wallace tidak dapat melampaui pembatas alam berupa palung laut.

Pilihlah:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan:

Garis Wallace membatasi wilayah persebaran fauna Asiatis dengan Peralihan. Wilayah persebaran fauna Asiatis dan Peralihan dibatasi oleh garis Wallace yang memiliki pembatas berupa palung laut. Jadi, pernyataan salah tapi alasan benar.

Jawaban yang benar adalah D.

Soal 5

Kegiatan mitigasi bencana yang dilakukan sebelum berlangsungnya kejadian bencana adalah ….

1) Tanggap darurat.

2) Penilaian kerentanan.

3) Penilaian kerusakan.

4) Rencana aksi.

Pilihlah:

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

B. Jika (1) dan (3) yang benar

C. Jika (2) dan (4) yang benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semuanya benar

Pembahasan:

  • Tanggap darurat adalah upaya yang dilakukan setelah bencana terjadi.
  • Penilaian kerentanan dilakukan untuk menentukan apakah bahaya yang terjadi menimbulkan bencana atau tidak.
  • Penilaian kerusakan dilakukan setelah terjadinya bencana.
  • Rencana aksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghadapi bencana.

Jawaban yang benar adalah C.

Itulah beberapa contoh soal SIMAK UI Geografi dan pembahasannya. Bagaimana, sudah lancar mengerjakan semua soalnya? Kalau kamu mau latihan soal lebih banyak lagi, kamu bisa unduh aplikasi belajar online Pahamify di link download.

Pahamify telah menyediakan Paket SKS SIMAK UI 2021 untuk kebut persiapan belajar intensif menghadapi SIMAK UI 2021 mendatang. Ada try out SIMAK UI, bank soal, rangkuman materi, grup belajar eksklusif, serta bimbel SIMAK UI melalui kelas online premium via Zoom.

Buruan dapatkan paketnya sekarang! Gunakan semua fitur keren Pahamify untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll