Pahamifren, pelaksanaan SIMAK UI 2021 tinggal menghitung hari. Bagaimana persiapan belajar kamu sejauh ini? Pasti sudah mulai menguasai konsep materinya dong. Biar pengerjaan soal SIMAK UI 2021 nantinya berjalan lancar, siapkan amunisi terbaik melalui latihan soal. Bagi kamu yang mengambil kelompok ujian Soshum/IPS, Mipi akan membagikan 5 contoh soal SIMAK UI Sosiologi dan pembahasannya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai dan coba kerjakan soalnya!

Materi Soal SIMAK UI Sosiologi

Sebelum mengerjakan contoh soal SIMAK UI Sosiologi, kamu perlu tahu terlebih dahulu materi yang biasa diujikan dalam SIMAK UI tahun-tahun sebelumnya.  Materi ini bisa menjadi kisi-kisi SIMAK UI yang memudahkanmu belajar. Adapun cakupan materi SIMAK UI Soshum Sosiologi yang paling sering keluar meliputi harmoni sosial dan multikulturalisme, interaksi sosial, kelompok sosial, nilai dan norma sosial, permasalahan sosial, serta globalisasi dan perubahan komunitas lokal.

Biasanya, materi Sosiologi tersebut saling berkaitan, Pahamifren. Jadi, tips mengerjakan soal SIMAK UI Sosiologi yaitu harus paham konsepnya dan mengetahui hubungan antarkonsep. Contohnya, kamu harus tahu hubungan interaksi sosial dan permasalahan sosial, seperti interaksi sosial yang salah menjadi salah satu faktor permasalahan sosial di masyarakat.

Latihan Soal SIMAK UI Sosiologi dan Pembahasan

Sampai sini, kamu sudah mempunyai gambaran materi SIMAK UI Sosiologi kan? Untuk mengukur sejauh apa pemahaman kamu, coba kerjakan contoh soal SIMAK UI Sosiologi berikut ini. Tenang saja, contoh soalnya sudah dilengkapi dengan pembahasan. Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai referensi belajar dan bahan diskusi bersama teman-temanmu. Yuk, kerjakan soalnya sekarang!

Soal 1

Masyarakat perkotaan cenderung majemuk dibandingkan dengan masyarakat pedesaan. Hal tersebut menyebabkan masyarakat harus mengedepankan toleransi agar tidak menimbulkan pertentangan. Berikut yang menyebabkan kondisi kemajemukan masyarakat perkotaan adalah ….

Pahami dan  Latihan Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan IPS: Ekonomi

A. kuatnya prasangka terhadap kelompok lain

B. sikap tertutup masyarakat terhadap budaya lain

C. arus urbanisasi masyarakat dari berbagai daerah

D. keterlambatan perkembangan teknologi

E. proses perpindahan masyarakat kota ke desa

Pembahasan:

Masyarakat majemuk adalah masyarakat dengan berbagai latar belakang suku, etnis, ras, agama, dan budaya. Latar belakang terbentuknya masyarakat majemuk, antara lain bentuk wilayah, ketampakan alam, letak geografis, dan perbedaan iklim. Penyebab masyarakat perkotaan cenderung majemuk daripada pedesaan karena adanya urbanisasi dari berbagai daerah.
Jawaban yang benar adalah C.

Soal 2

Dampak positif globalisasi di bidang sosial budaya dapat diidentifikasi berdasarkan beberapa contoh berikut, kecuali ….

A. penjunjungan HAM

B. sikap intoleransi

C. solidaritas tinggi antarbangsa

D. peningkatan kualitas diri

E. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Pembahasan:

Sikap intoleransi merupakan perilaku negatif karena tidak menghargai perbedaan. Sikap ini dapat mengganggu ketentraman dan integrasi pada masyarakat. Contoh sikap intoleran adalah rasisme.
Jawaban yang benar adalah B.

Soal 3

Penyimpangan sosial yang dilakukan individu dapat diakibatkan beberapa hal, di antaranya adalah ….

  1. Sosialisasi yang tidak sempurna.
  2. Hasil proses sosialisasi subkebudayaan yang menyimpang.
  3. Hasil proses belajar yang menyimpang.
  4. Dikucilkan atau dijauhi kelompoknya.

Pilihlah:

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

B. Jika (1) dan (3) yang benar

C. Jika (2) dan (4) yang benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semuanya benar

Pembahasan:

Beberapa penyebab penyimpangan sosial yang dilakukan oleh individu, antara lain sosialisasi yang tidak sempurna, hasil proses sosialisasi subkebudayaan yang menyimpang, serta hasil proses belajar yang menyimpang. Sementara dikucilkan atau dijauhi kelompoknya merupakan bentuk sanksi pengendalian sosial akibat penyimpangan yang dilakukan individu. Jadi, opsi nomor 4 kurang tepat.
Jawaban yang benar adalah A.

Soal 4

Stratifikasi sosial merupakan pengelompokan anggota masyarakat berdasarkan status sosial yang dimiliki di dalam kehidupan.

Pahami dan  Latihan Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan Dasar: Bahasa Indonesia

SEBAB

Secara subjektif, status sosial merupakan suatu tatanan hak dan kewajiban yang secara hierarkis terdapat dalam suatu struktur formal sebuah organisasi.

Pilihlah:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan:

Pernyataan benar. Stratifikasi adalah perbedaan status secara vertikal berkaitan dengan status sosial yang dimiliki individu dalam kehidupannya. Alasan benar. Status sosial adalah kedudukan yang disandang oleh individu. Setiap individu memiliki status berbeda-beda, ada yang tinggi, ada juga yang lebih rendah. Keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
Jawaban yang benar adalah A.

Soal 5

Agen sosialisasi primer yang penting dalam sosialisasi seorang anak adalah keluarga.

SEBAB

Sosialisasi merupakan proses mempelajari nilai dan norma sosial oleh individu untuk dapat hidup dengan baik di lingkungan masyarakat.

Pilihlah:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan:

Pernyataan benar. Pihak yang paling berperan dalam sosialisasi seorang anak adalah keluarga. Sebab, keluarga menjadi pihak pertama yang dijumpai anak. Dalam keluarga pula ditanamkan nilai dan norma sosial mendasar pembentukan kepribadian anak. Alasan benar. Sosialisasi adalah proses penanaman atau pengenalan nilai dan norma sosial agar bisa hidup serta bergaul dengan baik di lingkungan masyarakat. Kedua pernyataan tidak menunjukkan sebab akibat.
Jawaban yang benar adalah B.

Itulah beberapa contoh soal SIMAK UI Sosiologi dan pembahasannya. Bagi kamu yang ingin berlatih soal lebih banyak lagi, unduh aplikasi belajar online Pahamify di link ini.

Pahami dan  Latihan Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan IPS: Sejarah

Agar persiapan belajar intensif SIMAK UI 2021 makin optimal, kamu bisa berlangganan Paket SIMAK UI dari Pahamify. Ada try out SIMAK UI, bank soal, rangkuman materi, study plan, grup belajar, hingga bimbel SIMAK UI eksklusif melalui kelas online via Zoom. Kamu juga bisa mengikuti try out SIMAK UI secara ketengan, lho.

Yuk, rasakan pengalaman belajar seru dan gunakan semua fitur keren Pahamify untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version