Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Hai, Pahamifren! Seperti kita ketahui, suasana alam dan dinamika cuaca yang terkadang panas, mendung dan hujan di sekitar kita adalah salah satu tanda kekuasaan dan kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa yang menguasai dan menciptakan alam semesta secara rapi. Gunung-gunung sebagai tiang pancangnya, beserta bumi dan langit dan yang ada diantara keduanya, termasuk pergantian siang dan malam. Perputaran bumi dalam periode tertentu sesuai dengan garis edarnya juga salah satu dari banyak bukti kekuasaan Tuhan yang Maha Kuasa sebagai pencipta alam semesta beserta isinya. Manusia sebagai makhluk Tuhan dan sebagai penghuni bumi yang diberikan akal dan pikiran diharuskan untuk selalu berpikir menjaga keseimbangan ekosistem dan tidak merusak melainkan selalu mengadakan perbaikan.

Contoh terjadinya perubahan cuaca seringkali diawali dengan tanda-tanda akan turunnya hujan, seperti langit mendung, suara petir dan cahayanya yang terkadang ditandai dengan suara gemuruh petir.

Nah, di dunia ini ada salah satu daerah yang sering banget ada petirnya, sekalipun tidak ada hujan. Dimanakah itu ? Ya, di Venezuela. Fenomena ini biasa disebut Petir Abadi Catatumbo, yang kemunculannya hampir setiap saat selama 260 malam dalam setahun, 10 jam per hari, dan sampai 280 kali per jam. Dinamakan Catatumbo karena adalah nama sungai yang bermuara di danau Maracaibo. Petir abadi ini adalah fenomena alam yang menakjubkan di dunia bahkan menjadi satu satunya di dunia. Fenomena alam petir ini bisa tampak hingga jarak ratusan kilometer.

Pasti kamu pernah mempelajari tentang proses terjadinya hujan dan proses terjadinya petir secara ilmiah dan logis. Nah, Petir Abadi Catatumbo ini bukanlah kejadian mistis dan magis tetapi dapat dijelaskan secara ilmiah dan logis yang dikarenakan banyaknya rawa-rawa yang luas dan besar mengandung bahan-bahan organik yang membusuk, dari hasil proses pembusukan tersebut maka, terbentuklah “awan gas” besar yang terionisasi (kebanyakan gas metana khas gas rawa). Setelah melewati beberapa fase, awan gas ini terbawa naik ke atmosfer, dan saat bertabrakan dengan angin kencang yang berasal dari pegunungan, awan tersebut terangkat naik lebih tinggi hingga mencapai sekitar sepuluh kilometer, selanjutnya proses yang terjadi mirip dengan gejala munculnya petir saat mendung. Begitu banyaknya awan gas yang terionisasi, maka pada titik tertentu secara kumulatif timbul perbedaan potensial yang amat tinggi, dan terjadilah fenomena alam yang sering dijumpai tersebut yaitu Petir Abadi Catatumbo.    

Begitulah kiranya proses gambaran terjadinya Petir Abadi Catatumbo. Melalui informasi ini kita jadi tahu, ya, Pahamifren. Bahwa petir itu tidak selalu menyeramkan dan menakutkan, tetapi bisa menjadikan sebuah fenomena yang indah dan menawan bahkan para pelaut di daerah tersebut menjadikan alat navigasi alami agar tidak tersesat di lautan karena Catatumbo Lightning ini bisa terlihat dari ratusan mil jauhnya. Oleh karena itu banyak masyarakat Catatumbo Lightning juga sering disebut Lighthouse of Maracaibo yang artinya Mercusuar Maracaibo.

Nah, gimana nih aktifitas sekolah kamu di masa pembelajaran jarak jauh saat ini? Sampai saat ini, kamu emang masih belum bisa ngerasain indahnya berangkat sekolah di pagi hari, ketemu guru dan teman-teman secara langsung hingga melakukan aktivitas belajar di dalam ruangan kelas. Namun, hal tersebut ga boleh jadi alesan bagi kamu untuk ga semangat belajar.  Apalagi di zaman sekarang ada banyak media online yang bisa bantu kegiatan belajar kamu di rumah seperti Pahamify, yang dijamin bakal bikin kamu lebih paham sama apa yang dipelajarin di sekolah. Di bulan ini, Pahamify masih punya diskon promo berlangganan paket belajar hingga 80%. Yuk, download aplikasinya, sekarang juga!

Penulis : Alya Rizkia Zahra


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog