Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Halo, Pahamifren! Kalian pasti lagi deg-degan nunggu hasil pengumuman SBMPTN, ya? Semoga perjuangan kalian selama ini membuahkan hasil yang baik, ya. Tapi seandainya kalian tidak berhasil lolos SBMPTN, kalian jangan sampai patah semangat untuk tetap bisa kuliah dan mengejar cita-cita kalian. Sekalipun kalian tidak berhasil masuk universitas negeri impian kalian, masih banyak, kok, universitas swasta berkualitas yang gak kalah keren dari universitas-universitas negeri unggulan. Berikut adalah beberapa universitas swasta berkualitas yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu pilih jadi tempat kamu melanjutkan pendidikan kamu nanti:

Universitas Telkom

Universitas yang berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 ini merupakan gabungan dari empat perguruan tinggi swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STSI Telkom). Universitas Telkom memiliki 27 program studi yang dikelola di bawah 7 fakultas, yang didukung dengan berbagai sarana dan prasarana seperti sejumlah laboratorium, bengkel, studio, pusat bahasa, perpustakaan, dan sarana pembelajaran elektronik (e-Learning). 

Sejak Universitas Telkom berdiri, tercatat ada 135 orang mahasiswanya yang berhasil memenangkan berbagai kompetisi eksternal kampus di berbagai bidang, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Jadi, buat kamu yang kepingin kuliah di Bandung dan tertarik pada salah satu program studi yang ada di Universitas Telkom, kamu jangan ragu-ragu, deh, buat milih universitas swasta yang satu ini!

Universitas Islam Indonesia

Universitas yang terletak di Yogyakarta ini merupakan perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia, loh, Pahamifren. Universitas Islam Indonesia (UII) ini lahir dari sidang umum Masjoemi (Majelis Sjoero Moeslimin Indonesia) pada tahun 1945, yang dihadiri oleh beberapa tokoh politik terkemuka, seperti Dr. Mohammad Hatta, Mr. Mohamad Roem, Mohammad Natsir, dan KH. Wahid Hasjim. Salah satu keputusan dari pertemuan tersebut adalah didirikannya Sekolah Tinggi Islam (STI) oleh para tokoh terkemuka tersebut. STI pun akhirnya didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 dan berkembang menjadi universitas (UII) sejak tanggal 3 November 1947. 

UII berkali-kali mengukir prestasi sebagai universitas swasta terbaik, di antaranya: pada Januari 2012, dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU), UII berhasil menempati peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Swasta di tingkat nasional. Pada tahun 2009, Ditjen Dikti memilih UII sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia. Pada tahun 2013, UII juga berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai “A”, tertinggi di antara PTS seluruh Indonesia.

UII menyediakan 4 program diploma dan 25 program sarjana di bawah pengelolaan 9 fakultas. Nah, buat kamu yang ingin kuliah di Yogyakarta dan berminat mengambil program studi Ilmu Agama Islam, yang menjadi program studi favorit di UII, kamu bisa memilih universitas swasta yang satu ini.

Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta  

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau yang biasa disingkat Unika Atma Jaya ini didirikan pada tanggal 1 Juni 1960 oleh Yayasan Atma Jaya. Unika Atma Jaya juga dipandang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan bergengsi di Indonesia. Unika Atma Jaya memiliki sederet prestasi sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia, di antaranya: pada tahun 2008, Unika Atma Jaya pernah menduduki rangking ke-3 dari seluruh universitas swasta di Indonesia berdasarkan survei dari Majalah Globe Asia. Pada tahun 2010, berdasarkan survei Pusat Data dan Analisis Tempo (PDAT), Unika Atma Jaya menduduki urutan ke-4 universitas swasta terbaik menurut persepsi calon mahasiswa dan orang tua. Pada tahun 2011, berdasarkan survei PDAT, Unika Atma Jaya masuk dalam 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut persepsi para pengguna lulusan/kalangan dunia kerja.

Universitas yang memiliki tiga kampus di Semanggi, Pluit, dan BSD ini memiliki 21 program studi Sarjana di bawah 8 fakultas. Kalau kamu mau masuk salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, kamu bisa banget mempertimbangkan Unika Atma Jaya ini, Pahamifren. Apalagi Unika Atma Jaya sekarang sudah menjalin kerja sama dengan sekitar 100 perguruan tinggi dari luar negeri dan status akreditasinya sudah “A”. Makanya gak heran kalau beberapa fakultas dan program studi Unika Atma Jaya sudah menerima program pertukaran pelajar dari dan ke perguruan tinggi luar negeri.

Universitas Bina Nusantara

Universitas yang awalnya merupakan sebuah institusi pelatihan komputer ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kamu, ya, Pahamifren. Bukan hanya karena mahasiswanya banyak yang berasal dari kalangan selebritas dan publik figur, tapi Universitas Bina Nusantara alias Binus ini memang terkenal juga akan kualitasnya. Salah satu kelebihan dari universitas ini adalah penawaran perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda. Jadi, kamu bisa memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda kalau kamu kuliah di Binus, Pahamifren! Program sarjana yang dimiliki Binus ada 3 fakultas dan 4 sekolah. Nah, kalau kamu pengen punya dua gelar sarjana, kamu bisa mempertimbangkan Binus sebagai universitas swasta terbaik pilihan kamu.

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM yang berdiri pada tahun 1964 ini merupakan salah satu universitas swasta berkualitas yang sudah terakreditasi “A”. UMM seringkali disebut sebagai kampus putih karena universitas ini didominasi oleh dinding berwarna putih. UMM merupakan salah satu universitas swasta yang tumbuh dengan cepat, sehingga PP Muhammadiyah memberi amanat pada UMM sebagai perguruan tinggi pembina seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di wilayah Indonesia Timur. UMM memiliki 3 program diploma dan 35 program studi sarjana di bawah pengelolaan 10 fakultas. Jadi, kalau kamu mau kuliah di Malang, kamu bisa banget mempertimbangkan UMM ini jadi universitas swasta berkualitas pilihanmu.

Gimana, Pahamifren? Sekarang kamu udah gak bingung lagi memilih universitas swasta berkualitas untuk melanjutkan pendidikan kalian ke jenjang kuliah, kan? Selain lima universitas swasta yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa universitas swasta berkualitas yang bisa kamu pertimbangkan, seperti Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Gunadarma, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Katolik Soegijapranata, dan lain sebagainya. 

Sekalipun nantinya kamu kuliah di universitas swasta, yakinlah kalau kualitas universitas tempat kamu berkuliah nanti tidak kalah berkualitasnya dengan universitas-universitas negeri unggulan karena sistem pendidikannya juga tidak jauh berbeda. Lagipula keberhasilan kamu di masa depan nanti tetap bergantung pada usaha kamu selama kamu menjalani masa kuliah kamu nanti. Kalau kamu selalu semangat belajar dan selalu mau belajar banyak hal baru, pasti akan banyak prestasi yang bisa kamu ukir.

Nah, kalau kamu masih bingung dengan potensi diri kamu dan masih bingung mau mengambil program studi apa untuk kuliah nanti, kamu bisa mengakses fitur Minat dan Bakat di aplikasi Pahamify. Selain itu paket belajar Pahamify juga selalu siap menemani kamu latihan menghadapi tes masuk universitas swasta pilihan kamu. Dengan paket belajar ini, kamu bisa menikmati berbagai fitur, seperti video belajar, rangkuman, flashcard, bank soal, dan video tips belajar yang dijamin bakalan bikin belajar kamu makin asyik dan seru! Ayo buruan unduh aplikasi Pahamify sekarang!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog