Kucing memang salah satu hewan peliharaan paling favorit di dunia selain anjing, ikan, dan burung.

Sejarah interaksi kucing dan manusia pun tercatat sudah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu sejak manusia pertama kali mendomestikasi kucing untuk membantu mengendalikan hama tikus, terutama di wilayah pertanian.

Ilustrasi Kucing (Image by: MabelAmber via Pixabay)

Kucing liar (Felis silvestris) menurut artikel yang dipublikasikan di Jurnal Nature Ecology and Evolution tahun 2017 mengatakan kucing peliharaan berasa dari wilayah Timur Dekat (wilayah Timur Tengah) seperti Mesir hingga akhirnya menyebar ke wilayah lain seperti Eropa dan Benua Amerika.

Kucing juga kerap kali dibawa saat berlayar. Tujuannya adalah agar mereka bisa membasmi tikus-tikus yang ada di atas kapal.

Telah menjadi bagian dari kebudayaan manusia selama ribuan tahun menggiring munculnya berbagai mitos soal kucing. Tidak jarang mitos yang menyeramkan soal kucing muncul, seperti kucing adalah kesayangan para penyihir, kucing hitam membawa sial, dan kucing bisa melihat kedatangan setan.

Mumi Kucing dari Mesir (Image by: Museum Louvre)

Mitos lain yang tidak kalah populer soal kucing adalah kucing memiliki sembilan nyawa, sehingga apapun yang terjadi pada mereka, seperti waktu kucing jatuh dari ketinggian, kucing tidak langsung mati, selama nyawanya masih bersisa.

Benar enggak sih, kucing punya sembilan nyawa? Sayangnya hal tersebut tidak benar.

Menurut Dr. Brian Beale, seorang ahli bedah ortopedi hewan kepada Pet Central, kucing tidak punya sembilan nyawa. Hanya saja, kucing memang memiliki kemampuan-kemampuan unik yang membuat mereka mampu menyelamatkan diri dalam keadaan bahaya.

Ilustrasi Kucing Melompat (Image by: rihaij via Pixabay)

Contohnya, kucing memiliki tulang belakang yang sangat fleksibel, sehingga saat jatuh dari ketinggian, kucing dapat memutar tubuhnya dan mendarat dengan kakinya.

Beale mengatakan, 90 persen kucing yang jatuh dari ketinggian bisa selamat berkat tubuh mereka yang sangat lentur tersebut.

Tapi ingat, yah kucing tidak benar-benar punya sembilan nyawa, jadi jangan kalian sakiti kucing di sekitar kalian.


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog