Sudah belajar dengan tekun dan rajin tapi kok hasilnya belum maksimal, yah?

Kalau kamu pernah mengalami hal seperti ini, sudah belajar seharian, banyak baca buku, mencatat materi di kelas, tapi hasilnya nilai di rapor kamu belum maksimal, ini bukan karena kamu bodoh, tapi karena cara belajarmu yang belum pas.

Ilustrasi Sulit Belajar (image by: JESHOOTS-com  via Pixabay)

Setiap orang memiliki memang memiliki cara masing-masing untuk belajar. Bukan hanya cara, kondisi di sekitar kamu saat belajar pun bisa mempengaruhi seberapa efektif belajar kamu. Karena itu, menurut penelitian dari Rita dan Kenneth Dunn, ada lima stimulus yang perlu diperhatikan saat belajar

Apa saja kelima stimulan tersebut? Yuk kita bahas!

  • Lingkungan
    Menurut Dunn and Dunn Model yang diciptakan oleh Rita dan Kenneth Dunn, tempat kamu belajar alias stimulus lingkungan bisa mempengaruhi seberapa efektif kamu belajar.

    Beberapa faktor yang termasuk dalam stimulus ini adalah suhu, apakah suhu yang paling pas untuk kita belajar adalah panas, dingin, atau hangat. Begitu juga cahaya di sekitar kita, suara, apakah tempatnya ramai atau sepi dan sebagainya.
  • Emosional
    Stimulus emosional meliputi motivasi, apakah motivasimu untuk belajar cukup kuat. Selain motivasi, rasa tanggung jawab juga masuk dalam faktor stimulus emosional, seberapa besar tanggung jawab kamu untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolahmu.
Ilustrasi orang belajar (Image by: Free-Photos via Pixabay)
  • Sosiologis
    Apakah kamu lebih suka belajar sendiri? Bersama satu atau dua orang teman dalam kelompok kecil, atau justru kamu lebih senang belajar ramai-ramai seperti saat di dalam kelas? Hal tersebut juga ternyata penting untuk diperhatikan saat kamu mau belajar
  • Fisiologis
    Kapan waktu paling baik untuk kamu belajar? Apakah pagi, siang, atau malam? Serta apakah kamu perlu ditemani oleh cemilan atau minuman saat belajar? Cara belajar apa yang paling cocok untuk belajarmu? Apakah sambil membaca, menulis, sambil mendengarkan, atau lebih suka sambil menonton video materi pelajaranmu?
  • Psikologis
    Bagaimana cara kamu memproses informasi dan menganalisis informasi? Lalu apakah kamu termasuk orang yang impulsif, alias bisa mengerjakan tugas meski tanpa mempelajari materinya terlebih dahulu atau kamu termasuk orang yang reflektif, harus mempelajari materinya dulu baru bisa mengerjakan tugas.

Nah, karena ternyata banyak faktor yang bisa mempengaruhi belajarmu, maka ada baiknya kamu membuat Jurnal Belajar.

Fungsi dari jurnal ini adalah untuk mencatat suasana di sekitarmu saat belajar hingga akhirnya kamu bisa menemukan seperti apa suasana yang paling tepat untuk belajar.

Setiap kali kamu belajar, kamu bisa mencatat beberapa hal ini dalam Jurnal Belajar:

  • Tempat belajar
  • Waktu
  • Suhu
  • Suasana hati
  • Apakah kamu belajar sambil mendengarkan musik? Apa lagunya?
  • Cara belajarmu seperti apa?
  • Belajar dengan siapa? Berapa orang?

Kamu juga bisa menambahkan catatan lain seperti berapa lama tidur pada hari sebelumnya, berapa lama olahraga yang dilakukan hari ini, makanan apa yang sudah dimakan, daftar hal baru yang dipelajari hari ini, pelajaran apa saja yang perlu diulang, dan sebagainya.

Setelah itu, buatlah catatan, apakah cara belajarmu saat itu optimal? Atau malah ada yang perlu diperbaiki? Apa saja yang perlu diperbaiki?

Mengenai Jurnal Belajar ini pernah dibahas di video Hutata, loh. Kamu sudah nonton? Kalau belum nonton dan masih penasaran dengan Jurnal Belajar, yuk tonton videonya Hutata!


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog