Merasa Gagal Dalam Belajar? Cari Tahu Penyebabnya!

Merasa gagal dalam belajar? Mungkin kamu bisa cari tahu di sini

Di dunia ini ada banyak sekali pengetahuan yang tersebar. Sebagai makhluk hidup, mempelajari pengetahuan yang kita temukan sangat bermanfaat dalam kelangsungan hidup yang kita jalani. Selain di dalam kelas, tentunya kita bisa mendapatkan pelajaran-pelajaran baru yang kita temukan di lingkungan sekitar. Namun, seberapa pentingkah kita untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang ada?

Memiliki pengetahuan yang luas itu penting. Apakah akan sangat menarik ketika kamu dapat menjelaskan sebuah teknologi yang kita gunakan itu bisa bekerja, bagaimana keadaan ekonomi sebuah negara bisa melemah dan bagaimana sebuah data bisa dikirim melalui internet? Apakah akan menarik ketika kamu bisa menjelaskan sesuatu di bidang yang berbeda-beda? Semua itu bisa terjadi apabila minat, motivasi dan kepercayaan diri tentang apa yang dipelajari memiliki porsi yang seimbang. 

Pada kenyataannya; minat, motivasi dan kepercayaan diri seringkali tidak sejalan sehingga seringkali merasa gagal dalam belajar. Menurut sebuah survei yang bertajuk PISA 2015 Results Student Well-Being Volume III,  Minat dan motivasi para pelajar Indonesia dalam mempelajari sains memiliki skor yang tinggi, yaitu 93.75 dari 100. Ketika ditanya mengenai kesenangan tentang belajar sains pun skornya 88.2. Sedangkan apabila melihat kepercayaan diri seorang pelajar untuk mengaplikasikan sains di kehidupan sehari-hari skornya sangat rendah, 11 dari 100.

Nah, kira-kira apa yang membuat sebuah proses belajar tidak efektif atau malah gagal?

Menurut Dr. Stephen Carroll dari Santa Clara University, hal tersebut bisa disebabkan oleh 3 hal.

  1. Pembelajaran Pasif, seringkali terjadi dimana guru hanya menyampaikan sebuah mata pelajaran namun tidak dicek apakah muridnya sudah paham atau belum.
  2. Kebiasaan belajar yang tidak aktif, hanya menunggu untuk diajari 
  3. Hasil yang selalu kurang bagus membuat kita tidak percaya diri.

Kira-kira bagaimana cara mengatasi hal ini? Dalam video Learning How to Learn with Hutata (S01E02) ini, Rousyan Fikri berbagi solusi yang bisa membuat kamu lebih percaya diri lagi dalam belajar dan berhubungan dengan metalearning yang dibahas pada episode 1.


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog