Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 masih dibuka hingga tanggal 1 April 2021 mendatang. Sayangnya, selama proses pendaftaran, banyak peserta yang mengeluhkan kehabisan kursi pada pusat UTBK yang dipilih. Adakah di antara Pahamifren yang mengalami hal serupa? Jika demikian, kira-kira bagaimana mengatasinya, ya?

Tentunya, kamu nggak mau persiapan UTBK kamu terbuang sia-sia hanya karena gagal saat mendaftar, kan? Nah, untuk membantumu, Mipi telah merangkum penjelasan dan solusi yang ditawarkan oleh pihak LTMPT agar kamu tetap bisa mendaftar UTBK SBMPTN 2021. Yuk, langsung simak penjelasannya di artikel ini!

Penjelasan LTMPT terkait Pusat UTBK yang Hampir Penuh

Menyikapi persoalan lokasi UTBK yang hampir penuh, pihak LTMPT meminta peserta UTBK 2021 untuk bersabar. Pihak LTMPT menyampaikan bahwa penawaran atau pengaturan kelas dilakukan oleh pusat UTBK masing-masing. Hanya saja, baru beberapa pusat UTBK yang memberikan data kelas tersebut sehingga pengaturan kelas ini belum ditetapkan sepenuhnya.

Jika data kelas sudah tersedia semua, sistem akan mengatur penawaran secara berurutan sehingga tidak ada kelas yang kosong atau penuh. Akan tetapi, jika memang lokasi UTBK sudah tidak mempunyai ruang atau kapasitas untuk menampung peserta lagi, maka dengan terpaksa pihak LTMPT tidak bisa menawarkan atau menambah kursi lagi pada tempat UTBK terkait. Namun, pihak LTMPT akan berusaha menginformasikan pilihan lokasi UTBK yang lainnya.

Solusi yang Ditawarkan LTMPT

Seperti yang kamu ketahui, LTMPT telah menyiapkan sekitar 74 pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada awalnya, LTMPT menyarankan agar peserta memilih tempat tes UTBK SBMPTN yang paling terdekat dari domisili. Hanya saja, karena adanya persoalan kapasitas di lokasi UTBK yang penuh, LTMPT akhirnya menawarkan dua solusi, yaitu kapasitas kursi ditambah dan peserta disarankan untuk mendaftar di pusat UTBK lainnya.

Pahami dan  Pahamifren Wajib Tahu, Ini 3 Aspek Penting untuk Persiapan UTBK 2021

Kapasitas Kursi Ditambah

Hingga saat ini, pihak LTMPT berupaya dapat menambah kapasitas kursi di beberapa lokasi UTBK. Jika kapasitas kursi berhasil ditambah, peserta yang sebelumnya gagal memilih tempat UTBK bisa mencoba lagi, hingga pendaftaran UTBK 2021 dinyatakan sukses. Pendaftaran UTBK yang dinyatakan sukses tentunya saat peserta sudah mendapatkan lokasi ujian yang jelas.

Terkait lokasi dan ruang ujian di pusat UTBK yang kamu pilih, bisa dilihat di Kartu Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Selain itu, kamu juga dapat melihat tanggal, hari, dan sesi ujian pada kartu tersebut. Jadi, kalau sudah berhasil daftar, jangan lupa catat tanggal dan waktu ujiannya dengan baik, ya.

Pusat UTBK 2021 tersebar di seluruh Indonesia. Peserta bisa memilih 74 pusat UTBK yang telah disediakan oleh LTMPT.

Bisa Mendaftar di Daerah Lain

Buat kamu yang kehabisan kuota kursi ujian di pusat UTBK terdekat dari domisili, kamu diperbolehkan untuk memilih lokasi tes UTBK di daerah lain. Contohnya, domisili kamu di Depok, tapi lokasi tes di UI sudah penuh, jadi kamu lebih baik memilih di lokasi lain seperti pusat UTBK IPB atau ITB, yang kapasitasnya masih tersedia.

Namun, saat kamu memilih lokasi UTBK yang cukup jauh dari tempat tinggalmu, berarti kamu butuh persiapan yang lebih ekstra. Kamu harus berangkat lebih awal agar tidak terjebak macet dan terlambat memasuki ruang ujian. Alangkah baiknya, kalau kamu menginap di penginapan atau rumah teman yang berlokasi dekat dengan tempat UTBK yang kamu pilih pada sehari sebelum tes UTBK berlangsung. Jangan lupa, persiapkan berkas-berkas ujian sejak awal, biar kamu nggak keteteran saat hari H UTBK.

Cara Memilih Pusat UTBK

Sudah tahu solusi untuk mendapatkan lokasi UTBK, kini saatnya kamu tahu cara memilih pusat UTBK yang benar selama proses pendaftaran. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada saat memilih pusat UTBK, kamu akan mendapatkan box peringatan berisi pesan bahwa peserta harus memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili.
  2. Tekan tombol “Ya, saya mengerti” agar dapat memilih pusat UTBK.
  3. Setelah itu, kamu akan melihat data diri yang terdiri atas nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, asal sekolah, nomor KIP Kuliah jika ada, dan kelompok ujian peserta.
  4. Pada bagian bawah halaman “Memilih Pusat UTBK”, kamu dapat memilih lokasi melalui drop-down yang tersedia.
  5. Pilih yang sesuai dengan domisili atau paling dekat dengan domisili kamu. Apabila lokasi tes yang diinginkan masih belum sesuai, klik “Ganti Pusat UTBK”.
  6. Jika pilihan sudah sesuai, kamu tinggal klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  7. Kamu akan mendapatkan tampilan informasi akhir untuk memastikan bahwa data yang telah diisikan sudah benar. Perlu diingat, data yang sudah diisi tidak dapat diubah lagi untuk alasan apa pun.
  8. Klik “Ya, saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen”, jika sudah yakin dengan data yang diisi.
  9. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran UTBK sebesar Rp200.000 (kelompok ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300.000 (kelompok ujian Campuran).

Nah, itulah beberapa informasi penting seputar pusat UTBK yang wajib kamu ketahui. Mudah-mudahan, informasi ini bisa memperlancar proses daftar UTBK 2021, ya.

Pahami dan  Kenali Sistem Penilaian IRT UTBK 2021 dan Trik Mengerjakan Soalnya

Buat kamu yang sedang mempersiapkan UTBK 2021, jangan lupa perbanyak latihan soal di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK berkonsep HOTS, baik TPS dan TKA yang bisa kamu kerjakan, lengkap dengan pembahasan menarik. TryOut Pahamify juga dilengkapi fitur Smart Analysis sehingga kamu bisa mengetahui materi mana yang perlu kamu tingkatkan lagi agar bisa mendapatkan skor UTBK tertinggi.

Tunggu apalagi, yuk cobain TryOut Pahamify sekarang biar kamu lebih siap #TaklukkanUTBK. Download aplikasi Pahamify di sini dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version