Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Bagi pelajar SMA, menentukan pilihan jurusan kuliah menjadi persoalan yang susah-susah gampang. Selain harus sesuai minat dan bakat, kamu juga perlu mempertimbangkan peluang karir dari jurusan yang kamu ambil. Apakah jurusan tersebut termasuk jurusan yang banyak peluang kerjanya? Kira-kira, jurusan impianmu menjadi jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja hingga 5 tahun ke depan atau tidak.

Seperti yang kamu tahu, kamu akan memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah. Jadi, menentukan jurusan kuliah akan memengaruhi karir dan kehidupan yang akan kamu jalani kelak. Nah, buat kamu yang masih bingung kuliah jurusan apa, daftar jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja berikut ini bisa kamu jadikan referensi. Apa saja itu?

Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Kebutuhan tenaga kerja di bidang bisnis, media kreatif, teknologi, kesehatan, sains, dan teknik masih banyak dicari dalam beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu, jurusan-jurusan kuliah yang terkait dengan keenam bidang tersebut masih akan memiliki prospek kerja yang menjanjikan, bahkan hingga 5 sampai 10 tahun ke depan. Berikut adalah beberapa jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja yang patut kamu pertimbangkan.

Akuntansi

Kepopuleran jurusan yang satu ini memang enggak perlu diragukan lagi, Pahamifren. Hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, jurusan Akuntansi menjadi jurusan yang paling diminati terutama bagi pelajar yang suka mengatur keuangan atau hitung-hitungan. Jurusan Akuntansi juga terkenal sebagai jurusan yang mudah mendapat pekerjaan. Hal ini karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan.

Lulusan jurusan Akuntansi bisa berkarir di perusahaan swasta, lembaga pemerintah, atau bahkan menjadi profesional di sebuah kantor akuntan publik. Selama berkuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, matematika bisnis, statistika, sistem administrasi, dan pemeriksaan akuntan. Ilmu-ilmu tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, khususnya untuk mengelola keuangan perusahaan.

Selain jurusan Akuntansi, jurusan lainnya yang masih berkaitan dengan ekonomi dan bisnis, seperti jurusan Manajemen, Ilmu Bisnis, Administrasi juga memiliki peluang kerja yang luas. Bahkan, jurusan Aktuaria yang mempelajari ilmu mengenai risiko keuangan di masa depan juga berpotensi menjadi jurusan paling dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan. Sayangnya, jurusan Aktuaria yang menggabungkan matematika peluang, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer ini belum cukup populer di kalangan pelajar.

Daftar jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja hingga 5 sampai 10 tahun mendatang. Ada apa saja?

Ilmu Komunikasi

Kebutuhan industri media dalam beberapa tahun ke depan terus berkembang pesat. Itulah sebabnya jurusan Ilmu Komunikasi juga semakin diminati pelajar. Program studi ini dianggap paling tepat bagi pelajar yang ingin bekerja dalam berbagai aspek media setelah lulus nanti. Jurusan Ilmu Komunikasi secara khusus mempelajari perkembangan teori komunikasi, media dari masa ke masa, dan pengaplikasiannya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi juga belajar tentang pers, media massa, film, hubungan masyarakat, periklanan, manajemen komunikasi, dan berbagai materi media kreatif lainnya. Selain di media massa, lulusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja di berbagai sektor, baik negeri maupun swasta. Dalam beberapa tahun ke depan, Ilmu Komunikasi tetap memiliki keistimewaan tersendiri karena proses komunikasi secara benar selalu dibutuhkan oleh siapa pun dan kapan pun.

Pilihan jurusan lainnya berkaitan dengan Ilmu Komunikasi yang tentunya enggak kalah populer yaitu jurusan Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk. Seiring berkembangnya teknologi dan ekonomi kreatif, lulusan kedua jurusan ini banyak dicari perusahaan untuk menuangkan kreativitas dan inovasinya.

Ilmu Hukum

Jurusan ini secara khusus akan mengarahkan kamu menjadi seorang ahli hukum. Di program studi Ilmu Hukum, kamu akan mendalami ilmu terkait pidana, perdata, ekonomi, tata usaha negara, internasional, adat, dan lain-lain. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sendiri atau melalui kantor-kantor pengacara besar di Indonesia.

Kenapa harus memilih jurusan Ilmu Hukum? Karena hampir setiap perusahaan besar membutuhkan seorang legal officer. Sebagai legal officer, kamu bertanggung jawab mengelola segala urusan perusahaan yang berhubungan dengan hukum. Jangan khawatir sulit mencari pekerjaan jika masuk jurusan Ilmu Hukum karena banyak lapangan kerja di masa mendatang yang bisa kamu coba.

Teknik Informatika

Lulusan yang ahli di bidang IT memiliki peran penting pada perkembangan teknologi saat ini. Itulah sebabnya jurusan Teknik Informatika tidak pernah sepi peminat. Lapangan pekerjaan untuk lulusan Teknik Informatika hingga beberapa tahun ke depan seolah tidak ada matinya. Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja sebagai web developer, programmer, web designer, data scientist, atau bahkan konsultan IT.

Selain terkenal mudah mendapatkan pekerjaan, Teknik Informatika juga terkenal sebagai jurusan yang menjanjikan dan bergaji tinggi, lho. Sebagai contoh, kisaran gaji seorang junior programmer sekitar Rp60 juta per tahunnya. System analyst bisa memperoleh gaji sekitar Rp72 juta per tahunnya. Menarik banget kan?

Beberapa jurusan di bidang sains dan teknologi lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Kedua jurusan ini juga punya peluang pekerjaan yang hampir sama dengan Teknik Informatika. Jadi, kalau kamu ragu memilih Teknik Informatika karena peminatnya terlalu tinggi, kamu bisa memilih Ilmu Komputer dan Sistem Informasi sebagai alternatif, Pahamifren.

Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Sampai saat ini jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan dan prospek kerjanya yang luas. Para lulusannya dapat berkarir di berbagai sektor migas nasional dan internasional, seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total, dan sebagainya.

Lulusan jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan juga bisa bekerja di berbagai bidang pemerintahan, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), atau Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Meski prospek kerjanya luas, tenaga ahli di bidang ini masih sangat terbatas. Itulah sebabnya banyak perusahaan besar yang merekrut tenaga ahli di bidang perminyakan dan pertambangan dengan tawaran gaji yang sangat tinggi. Beberapa jurusan yang masih terkait perminyakan dan pertambangan yang juga banyak dicari lulusannya oleh perusahaan besar adalah jurusan Teknik Geologi, Teknik Metalurgi, dan Geofisika. Inilah kesempatan kamu untuk berkarir di bidang ini dalam beberapa tahun ke depan, Pahamifren.

Kedokteran

Jurusan Kedokteran masih menjadi salah satu jurusan terfavorit di Indonesia. Hal ini karena pekerjaan di bidang ini seolah tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma kedokteran umum, namun juga kedokteran gigi, keperawatan, dan tenaga kesehatan lainnya menjadi profesi yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Menjadi seorang dokter setelah lulus kuliah akan memberikan kamu kesempatan untuk membantu orang lain dengan tindakan moral yang nyata.

Selain itu, profesi ini juga bisa membuatmu mendapatkan penghasilan yang tinggi. Gaji seorang dokter yang berkarir di sebuah rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya. Hanya saja, perlu kamu ingat bahwa keketatan persaingan masuk ke jurusan ini sangatlah tinggi. Berhasil masuk jurusan Kedokteran bisa menjadi kebanggaan tersendiri buat kamu dan keluargamu, lho.

Jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja. Kenali jurusan kedokteran lebih jauh di artikel ini.

Psikologi

Hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang ini, terutama perusahaan berskala besar. Biasanya, lulusan jurusan Psikologi dibutuhkan dalam divisi HR (Human Resource). Ruang lingkup pekerjaannya meliputi perekrutan karyawan baru, pengelolaan penggajian, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kewajiban dan hak karyawan.

Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Psikologi juga bisa menjadi psikolog dan membuka layanan konsultasi pribadi terkait mental atau perilaku seseorang. Hanya saja, untuk menjadi psikolog, lulusan sarjana Psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 terlebih dahulu.

Perlu kamu tahu, ada beberapa bidang utama yang bisa kamu pelajari saat memilih jurusan Psikologi, yaitu Psikologi Industri, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Pengembangan. Setiap bidang tersebut punya spesialisasi yang berbeda-beda. Ada baiknya kamu memilih yang paling cocok dengan kebutuhan karir kamu kelak, ya.

Nah, itu dia 7 jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja hingga beberapa tahun ke depan. Adakah jurusan yang menjadi pilihanmu, Pahamifren?

Sebenarnya, semua jurusan kuliah memiliki prospek kerjanya masing-masing. Ada yang prospek kerjanya luas, namun ada juga yang prospek kerjanya spesifik pada spesialisasi tertentu. Jadi, jangan khawatir tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti, ya. Kamu hanya perlu mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin pada jurusan yang kamu pilih agar bisa bersaing dalam dunia kerja.

Kalau kamu masih bingung cara memilih jurusan kuliah yang tepat, kamu bisa menggunakan fitur Minat dan Bakat, sekaligus fitur Konseling dari Pahamify untuk menemukan solusinya.

Khusus untuk kamu yang ingin mendapatkan akses berbagai materi belajar dan fitur persiapan kuliah lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify di sini. Ada fitur Try Out Online PAS, UTBK, maupun SIMAK UI berisi latihan soal ter-update dan pembahasannya yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan persiapan kuliah.

Cek juga promo menarik dari Pahamify di laman https://pahamify.com/promo/ ini, ya.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Intip 7 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ada Pilihanmu?

Vikni indriyani
June 5, 2021 at 3:30 am

Artikelnya menambah rasa percaya diri saya dan bersemangat dalam mempersiapkan karir di masa depan. kebetulan sekali saya kuliah di jurusan Akuntansi, minta doannya ya min agar saya bs lulus tepat waktu dan berkarir dengan lancar hehehe . Sekses terus untuk adminnya ya

Reply
Bagus Tris Widiariyanto
June 5, 2021 at 3:31 am

Terimakasih atas Recommeded jurasan yang mempunyai prospek bagus di masa yang akan mendatang kedepannya saya akan ambil salah satu pilihan jurusan diatas

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll