Tips Memilih Jurusan Kuliah: Teknik Informatika

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang bisa kamu perhitungkan prospeknya

Setelah membaca postingan pertama tentang Tips Memilih Jurusan Kuliah, kamu sudah bisa mulai cari tahu minat dan bakatmu dari sekarang ya. Nah, supaya pilihanmu lebih mantap lagi, kita akan bahas prospek kerja dari beberapa jurusan, dimulai dari jurusan yang paling populer di Fakultas Ilmu Komputer, yaitu Teknik Informatika.

Teknik Informatika

Dari namanya aja, Teknik Informatika pasti bakal banyak berhubungan dengan coding. Wah, apa sih coding  itu?

Coding adalah serangkaian proses menulis dan menguji kode dengan bahasa pemrograman tertentu untuk membangun suatu program komputer seperti aplikasi, website, software, dan program lainnya.

Tambah pusing nih, apa itu bahasa pemrograman?

Rangkaian kata-kata berupa instruksi yang dapat dimengerti komputer untuk dapat menjalankan program sesuai dengan alur yang diinginkan.

Gampangnya gini, misalnya kalian menginstall aplikasi belajar Pahamify untuk pertama kalinya. Walau baru pertama kali, kalian akan merasa sangat mudah mengikuti instruksi penggunaannya. Kenapa? Karena ada alur intuitive user interface yang diciptakan untuk mempermudah kamu menggunakan aplikasi tersebut. Alur itu diciptakan dengan coding. Supaya bisa dijalankan oleh komputer, maka coding tersebut harus ditulis dengan bahasa tertentu yang disebut dengan bahasa pemrograman.

Keren kan home aplikasi Pahamify?

Ya kaya kamu aja kalau mau kerja bareng orang Inggris kan harus bisa menulis dengan bahasa Inggris! Orang Inggris ibarat komputernya, bahasa Inggris ya bahasa pemrograman.

Nah, terus setelah lulus dari jurusan ini nanti kerjanya jadi apa ya?

Banyak sekali! Hampir semua perusahaan butuh lulusan dari jurusan ini. Nama pekerjaannya beragam mulai dari developer, engineer, data scientist, analyst dan banyak lagi. Ingin kerja di Badan Intelijen Negara untuk mengamankan data-data negara? Kamu bisa mendalami ilmu kriptografi. Ingin kerja di tim Mesin Pencari Google? Kamu wajib mendalami Semantic Web. Ingin bikin robot? Harus menguasai Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence. Ingin bikin game yang seru? Bisa banget, tapi harus menguasai berbagai disiplin ilmu dari Teknik Informatika!

Wahhh seru banget kan!

Kalau kamu merasa sangat tertarik dengan pekerjaan-pekerjaan tersebut, berarti Teknik Informatika memang cocok buat kamu!

Tapi apa aja yang harus kamu persiapkan dari sekarang supaya bisa sukses di Jurusan Teknik Informatika?

Karena prospek kerja lulusan teknik Informatika ini sangat bagus, jurusan ini banyak sekali peminatnya. Kamu harus punya logika yang kuat untuk bisa sukses saat kamu menjalani kuliah.

Kalau nilai mata pelajaran yang butuh logika kamu tinggi seperti matematika dan IPA, bisa jadi kamu memang ditakdirkan untuk masuk Jurusan yang berhubungan dengan teknologi ini.

Kalau kamu pengen banget masuk Teknik Informatika, tapi nilai kamu di mata pelajaran tersebut masih rendah, jangan khawatir!

Langsung aja download bimbel online terkeren sejagad, Pahamify!

Ada ratusan video pembelajaran di Pahamify yang seru banget dengan contoh penerapannya di dunia nyata! Ditambah dengan gamification dan avatar yang bisa kamu kreasikan sendiri, bikin kamu tambah semangat belajar!

Jadi ga perlu galau lagi. Buruan download Pahamify, mumpung Gratis!

Dengan Pahamify, belajar jadi seru!

Nah, guys sekarang sudah tahu ya prospek kerja kamu yang mau ambil teknik Informatika. Di postingan selanjutnya, kita akan bahas prospek jurusan populer lainnya ya. Jadi pantengin terus blog Pahamify!

Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store 


Komentar

2 Comments on “Tips Memilih Jurusan Kuliah: Teknik Informatika

iyakan
June 13, 2019 at 4:58 pm

bahas jurusan di bidang kesehatan dong selain dokter

Reply
pahamify
June 14, 2019 at 2:05 am

Terima kasih atas masukannya! Pantengin terus Blog Pahamify ya!

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog