Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, sudah tahu belum? Pada tahun 2021, Universitas Gadjah Mada atau UGM telah membuka program studi baru, yakni Teknik Infrastruktur Lingkungan. Buat kamu yang ingin kuliah di UGM, namun masih bingung kuliah jurusan apa, jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan bisa menjadi pilihannya. Mau mengenal lebih jauh jurusan baru di UGM ini? Apa saja mata kuliahnya? Bagaimana prospek kerja lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Mengenal Jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM

Jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM berada di bawah naungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. Tujuan pembukaan jurusan baru di UGM ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di berbagai keilmuan yang berhubungan dengan infrastruktur lingkungan. Selain itu, guna memenuhi target Sustainable Development Goals, yaitu menjamin akses air bersih dan sanitasi layak bagi masyarakat.

Adanya isu-isu lingkungan di Indonesia seperti permasalahan banjir, pencemaran sungai, pemanasan global, dan permasalahan sampah makin memperkuat pendirian jurusan ini, Pahamifren. Perlu kamu tahu, jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM saat ini baru tersedia untuk program sarjana.

Berbeda dengan program sarjana di jurusan Teknik Lingkungan pada umumnya, Teknik Infrastruktur Lingkungan lebih berorientasi memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur di bidang air minum, air limbah, drainase perkotaan, dan persampahan.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Proporsi mata kuliah di jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM lebih berfokus pada teori daripada praktik. Persentasenya 74,7% untuk perkuliahan teori dan 18,4% praktikum. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari saat kuliah di jurusan ini:

Kimia Lingkungan

Kimia lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari akibat bahan kimia terhadap lingkungan. Pada mata kuliah ini, kamu akan belajar pengertian, tujuan, dan ruang lingkup kimia lingkungan. Enggak cuma itu, pembahasan mengenai permasalahan lingkungan global, pengukuran bahan pencemar, kimia air, kimia atmosfer, kimia tanah, serta siklus biogeokimia juga dapat kamu pahami melalui mata kuliah ini.

Hidrologi Perkotaan

Hidrologi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari pergerakan, distribusi, serta kualitas air di bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Pada mata kuliah ini, kamu akan mempelajari pengetahuan dasar hidrologi, seperti air bumi, siklus air, air tanah, kapasitas reservoir air tanah, dan sebagainya.

Karena fokus mata kuliah ini adalah hidrologi perkotaan, kamu pun dapat memahami permasalahan hidrologi perkotaan, seperti banjir atau penurunan resapan dan muka air tanah. Strategi pengelolaan banjir, perencanaan drainase perkotaan, sekaligus pengelolaan air dalam persil (tapak bangunan) dapat kamu pelajari secara detail melalui mata kuliah ini.

Perancangan Sistem dan Infrastruktur Penyedia Air Minum

Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan mendesain sistem penyediaan air minum, seperti jaringan perpipaan dan instalasi pengolahan air. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi hidraulika jaringan pipa air minum, dasar-dasar perencanaan sistem penyediaan air minum (SPAM), unit aerasi pengolahan air minum, serta unit filtrasi dan desinfeksi.

Selain penyedia air minum, jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM juga menyediakan mata kuliah perancangan sistem dan infrastruktur khusus pengolahan air limbah, drainase, serta persampahan. Mata kuliah tersebut wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM.

Sistem Manajemen Lingkungan

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana cara merancang dan mengevaluasi suatu sistem manajemen lingkungan. Umumnya, kamu akan belajar mengenai produk bersih dan life cycle assessment sebagai strategi pengelolaan lingkungan. Teknik manajemen, perencanaan waktu, dan alokasi sumber daya yang berkaitan dengan teknik lingkungan bisa kamu peroleh melalui mata kuliah ini.

Praktikum Pengolahan Air dan Air Limbah

Sesuai namanya, mata kuliah ini fokus pada kegiatan praktikum pengolahan air dan limbah. Kamu akan menerapkan kajian pengolahan air dan air limbah yang telah kamu pelajari. Materi praktikumnya bisa seputar adsorpsi limbah cair, pengolahan limbah secara aerob, analisis parameter air industri, penjernihan air, penghilangan besi terlarut dalam air, dan sebagainya.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan

Secara umum, lulusan jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan akan berkiprah dalam pembangunan infrastruktur penyediaan air minum, pengelolaan sanitasi lingkungan, drainase, serta pengendalian pencemaran udara maupun permasalahan lingkungan.

Pahamifren enggak perlu khawatir sulit mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah Teknik Infrastruktur Lingkungan. Kebutuhan lulusan bidang infrastruktur lingkungan masih sangat tinggi. Selain itu, ada banyak banget prospek kerja yang bisa kamu pilih. Beberapa prospek kerja lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan, di antaranya:

Pegawai di Institusi Pemerintah

Lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan dapat bekerja sebagai pegawai di lembaga pemerintah yang berkaitan dengan lingkungan. Contohnya, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah/Nasional, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan masih banyak lagi.

Pegawai BUMN

Bekerja di BUMN masih menjadi idaman banyak orang karena gajinya cukup menggiurkan. Kabar baiknya, lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan memiliki peluang besar untuk masuk BUMN. Masih banyak BUMN yang membutuhkan tenaga ahli di bidang infrastruktur lingkungan. Contohnya, PT. Waskita Karya, PT. Hutama Karya, PT. Adhi Karya, PT. Pembangunan Perumahan, PT. Brantas Abipraya, dan masih banyak lagi.

Konsultan Perencanaan Infrastruktur

Selain menjadi pegawai, kamu juga bisa menjadi konsultan perencanaan infrastruktur lingkungan setelah lulus nanti. Sebagai konsultan, kamu bertanggung jawab membuat strategi antara teknologi dan bisnis untuk mencapai suatu target tertentu. Konsultan juga bertugas sebagai jembatan tim lapangan dalam mengimplementasikan strategi atau kebutuhan bisnis klien. Selain jago mendesain infrastruktur, konsultan infrastruktur lingkungan juga harus mahir dalam sistem manajemen lingkungan dan memiliki kemampuan analisis yang baik.

Peneliti

Kalau kamu tertarik dengan isu-isu lingkungan, kamu bisa menjadi peneliti untuk mengkaji lebih lanjut isu tersebut. Tugas utama peneliti yaitu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu maupun teknologi guna mencari solusi dari berbagai permasalahan. Kamu dapat bekerja di lembaga penelitian seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dosen

Lulusan Teknik Infrastruktur Lingkungan juga bisa berprofesi sebagai dosen. Dengan menjadi dosen, ilmu yang diperoleh selama kuliah bisa kamu bagikan kepada orang lain. Kamu juga bisa mengkaji dan mengembangkan ilmu di bidang infrastruktur lingkungan secara optimal. Kalau kamu berencana memilih profesi ini, kamu disarankan mengambil pendidikan S2 terlebih dahulu, ya.

Nah, itu dia ulasan mengenai jurusan Teknik Infrastruktur Lingkungan UGM. Jurusan baru ini bisa kamu pilih ketika mendaftar UM UGM 2021, lho. Buat kamu yang mau ikut CBT UM UGM 2021, jangan lupa mencoba Try Out UM UGM dari Pahamify biar lebih siap hadapi ujian.

Try Out UM UGM Pahamify dilengkapi dengan video dan teks pembahasan, rasionalisasi jurusan, pemeringkatan, serta fitur Smart Analysis untuk mengetahui materi mana yang sudah atau belum kamu kuasai. Menarik kan? Download aplikasi Pahamify di sini dan ikuti try outnya sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll